Ruang Tamu Bohemian, Desain Interior yang Hangat dan Bikin Betah

Ruang Tamu Bohemian, Desain Interior yang Hangat dan Bikin Betah
Ruang Tamu Bohemian. Foto Istimewa

Ruang tamu bohemian memang belum terlalu banyak diketahui orang secara detail. Apa dan bagaimana gaya desain yang satu ini diaplikasikan sehingga rumah bisa terlihat menarik.

Gaya bohemian atau yang dikenal sebagai boho style ini sebenarnya adalah gaya kaum Hippie. Gaya ini lahir pada penghujung 1960-an.

Baca Juga: Ruang Tamu Lesehan dengan Pendekatan Oriental

Kaum Hippie ini lahir akibat perang Vietnam yang berlangsung cukup lama. Hal menarik dari kaum Hippie adalah penampilan khas mereka dengan pakaian longgarnya.

Ini menunjukkan kedekatan mereka dengan alam. Gaya ini berkembang menjadi style serta dekorasi rumah yang menarik.

Inspirasi Ruang Tamu Bohemian yang Nyaman

Konsep bohemian ini kaya sekali dengan penggunaan warna, tekstur, serta pelapis. Dengan demikian, ketiga aksen dasar tersebut bisa memberikan rasa santai serta riang.

Ini tepat sekali bila diterapkan pada ruang tamu di rumah anda. Sebab, karakteristik utama dari gaya bohemian ini adalah tidak mengikuti skema warna atau menggabungkan semua warna yang ada.

Pemilihan warna cenderung memilih yang lembut dengan tone bersahaja. Dengan begitu, ruang tamu yang mengusung konsep bohemian ini akan lebih hangat dan menenangkan.

Desain ruang tamu bohemian tampak tidak teratur. Kaya dengan warna dan motif menarik. Inilah yang menjadi gaya favorit kebanyakan orang.

Khususnya bagi mereka yang suka gaya unik dan tidak kaku. Anda bisa mengeksplorasi penggunaan warna serta motif pada ruang tamu di rumah.

Dinding Ruang Tamu

Gaya bohemian memang dikenal sebagai gaya yang saling menabrak. Namun tidak berarti anda bebas untuk melakukan tabrak aneka warna.

Baca Juga: Interior Ruang Tamu Gaya Industrial yang Artistik dan Atraktif

Bila anda akan menerapkan banyak motif serta aksen, maka akan lebih baik bila anda menghindari penggunaan wallpaper atau banyak warna di bagian dinding.

Anda bisa memilih cat putih sebagai warna dasar di bagian dinding. Sementara itu, untuk pemanis ruang tamu bohemian, anda bisa aplikasikan warna cat lain di salah satu bagian dinding. Seperti kuning yang sedikit pudar atau biru tosca.

Pemilihan Furniture

Agar penampilan ruang tamu anda mendapatkan gaya bohemian yang khas, solusinya anda bisa menggunakan furniture yang tampak tua atau furniture vintage.

Pemilihan furniture lama yang dimaksud bukan furniture yang usianya tua. Akan tetapi, furniture yang baru dengan model vintage.

Bila anda ingin menggunakan kembali furniture yang lama dengan gaya vintage, sebenarnya itu juga tidak jadi masalah bagi anda. Selama perabotan itu masih mempunyai kondisi yang cukup baik.

Warna dan Motif Sofa

Disamping furniture berupa kursi, sofa juga jadi furniture yang bisa diterapkan pada dekorasi ruang tamu anda. Anda bisa menyeting warna dan motif sofa ini dengan gaya bohemian.

Umumnya sofa yang dijual di pasaran ini memiliki warna polos. Anda bisa mengkreasikannya dengan paduan warna-warni yang unik.

Ini bertujuan untuk mendapatkan tampilan sofa yang berbeda di ruang tamu bohemian. Anda bisa melengkapinya dengan tambahan kain yang bermotif tribal, motif ikat, atau anyaman bergaya Timur Tengah.

Tetapi, bila anda ingin sofa atau kursi tetap tampil polos, maka anda bisa menambahkan bantalan sofa dan sarung bantal yang bermotif. Gunakan pula taplak meja dengan motif unik.

Bereksperimen dengan Corak

Salah satu kunci agar anda sukses menghadirkan estetika ruang tamu dengan konsep bohemian style sangat mudah. Kuncinya ada pada permainan corak.

Anda tak perlu takut memadukan corak yang berbeda. Tetapi anda harus ingat, jangan sampai terlalu berlebihan. Anda dapat menggabungkan corak geometris bergaris dengan corak abstrak pada ruang tamu.

Pemilihan Aksesoris yang Tepat

Sentuhan akhir pada ruang tamu bohemian bisa diberikan tambahan berupa aksesori. Saat ini sudah banyak pilihan aksesoris yang bisa dibawa ke dalam ruang tamu anda.

Apalagi bila anda menerapkan gaya bohemian. Anda bisa memilih karpet dan kain motif yang beraneka warna untuk menonjolkan kesan terbaik.

Meski demikian, gaya ini identik dengan furniture berbentuk unik dan tidak biasa. Seperti pemberian lampu gantung dengan bentuk trapesium, hiasan meja besi, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, anda jangan sampai mengubah semua furniture ruangan menjadi gaya bohemian. Sisakan sedikit gaya modern yang minimalis.

Inspirasi ruang tamu bohemian seperti ini bisa menjadikan hunian anda semakin hangat dan nyaman. Anda dan keluarga semakin betah berkumpul bersama. (R10/HR-Online)