Rumah Kontemporer Tropis Bernilai Estetis Tinggi, Cocok di Indonesia

Rumah Kontemporer Tropis Bernilai Estetis Tinggi, Pas banget di Indonesia
Rumah Kontemporer Tropis. Foto Istimewa

Rumah kontemporer tropis memang cocok sekali bila diterapkan di negara Indonesia. Sebab, Indonesia sendiri merupakan negara dengan iklim tropis.

Iklim tropis adalah sebuah iklim yang mempunyai kecenderungan suhu yang panas dan sedikit lembab. Oleh karena itu, pemilihan desain rumah harus diperhatikan dengan baik.

Tujuannya supaya bisa tercipta suasana rumah yang nyaman. Rumah yang bisa membuat anda beradaptasi dengan iklim dan cuaca. Selain itu, harapannya, rumah yang anda huni juga bisa nyaman dengan tampilan bernilai estetis tinggi.

Inspirasi Rumah Kontemporer Tropis yang Menarik

Desain rumah seperti ini memang pas untuk diterapkan di negara yang mempunyai iklim tropis. Seperti halnya Indonesia, hunian bergaya tropis dan kontemporer tak pernah sepi peminat.

Penampilannya sangat menawan dan elegan. Hal ini membuat penggemarnya semakin banyak. Apalagi desain ini menawarkan kenyamanan tersendiri bagi penghuninya.

Bila anda menginginkan hunian yang bergaya kontemporer dan mengusung kesan tropis, maka anda bisa menggunakan berbagai inspirasi menarik berikut ini.

Baca Juga: Rumah Panggung Minimalis Inspirasi Hunian dengan Nuansa Tropis

Anda tentunya penasaran dengan berbagai rupa rumah ini. Maka dari itu, segera saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Modular House Dubldom di Rusia

Di sini ada satu jenis rumah kontemporer tropis yang cocok diterapkan di Indonesia. Inspirasinya diambil dari modular house dubldom yang ada di Rusia.

Bagian depan model rumah seperti ini akan menggunakan desain facade. Desain tersebut memadukan penggunaan kaca di setiap sisi rumah.

Tata letak yang dimiliki rumah ini berada di sepanjang facade bagian belakang. Anda bisa membuat rumah dengan konsep yang jauh dari perkotaan dan pemukiman lain.

Dengan begitu, anda bisa memunculkan nuansa asri yang kental dengan memanfaatkan material yang terjangkau. Sebut saja papan lumbung, logam, dan kaca yang dipasang secara harmonis dengan lingkungan sekitar rumah.

Memiliki Kesan Ruang Terbuka

Rumah yang dibangun dengan desain kontemporer harus memiliki kesan ruang terbuka. Ada banyak bagian rumah yang bisa menggunakan jenis pintu dorong kaca.

Baca Juga: Rumah Minimalis Tiang Batu Alam dengan Berbagai Jenis

Hal ini bertujuan agar bisa memberikan akses terbuka pada halaman atau ruangan lain. Ini merupakan ciri rumah kontemporer tropis yang tampak saat kita masuk dalam sebuah rumah.

Ide Ruangan yang Menyatu dengan Ruangan Lain

Anda tak perlu bingung bagaimana mendesain hunian bergaya kontemporer di tempat tropis seperti Indonesia. Anda bisa menerapkan ide ruangan yang memiliki kesan menyatu satu dengan yang lain.

Misalnya desain dapur yang menyatu dengan ruang keluarga dan ruang makan. Ternyata selain bisa menciptakan suasana yang lebih luas, ini juga bisa membuat ruangan anda tampak lebih modern.

Berikan Akses Cahaya yang Leluasa

Sebuah hunian yang dibangun dengan desain kontemporer memiliki ciri khas tersendiri. Salah satunya adalah adanya akses cahaya yang begitu luas.

Ini artinya, cahaya dapat dengan leluasa masuk ke dalam ruangan. Selain itu, anda juga harus memilih konsep cahaya yang pas untuk rumah kontemporer tropis anda.

Sebaiknya usahakan agar sebisa mungkin tata cahaya lampu di dalam rumah dapat menyatu dengan tata pencahayaan di ruang lain atau di bagian luar rumah anda.

Tidak Menghilangkan Unsur Natural

Saat ini gaya hunian tropis kontemporer memang sedang tren. Seiring berkembangnya zaman, desain arsitektur ini bisa memenuhi kebutuhan pemilik hunian.

Rumah dengan gaya seperti ini lebih sederhana akan tetapi fungsional. Gaya tropis berpadu dengan desain kontemporer pas sekali untuk hunian Indonesia.

Meski ada berbagai inspirasi yang diambil dari desain luar negeri. Akan tetapi, kesan natural khas Indonesia masih tetap terasa.

Rumah kontemporer tropis ini seringkali disebut sebagai rumah relaksasi. Sebab, kesehatan penghuni rumah juga sangat didukung dengan sirkulasi udara dan pencahayaan alami yang baik.

Dengan begitu, rasa nyaman dan tenang bisa didapatkan dari konsep rumah seperti ini. Penerapan ventilasi udara yang maksimal memungkinkan untuk pencahayaan dan penghawaan lebih baik.

Ini bisa menjadikan rumah terlihat lebih elegan, sehat dan nyaman. Tren seperti ini selalu bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk peminat hunian. Sehingga perpaduan antara kontemporer dan gaya tropis bisa saja menyatu dengan apik.

Ketika anda ingin memiliki hunian yang bergaya kontemporer, namun tidak kuno dan nyaman, maka rumah kontemporer tropis adalah pilihan inspirasi paling tepat. (R10/HR-Online)

Loading...