Sakit Nyeri Punggung Bawah, Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sakit Nyeri Punggung Bawah, Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya
Sakit Nyeri Punggung Bawah. Foto: Ist/Net

Sakit nyeri punggung bawah ditandai dengan gejala sakit yang timbul di sekitar area tulang punggung bawah dan sekitar pinggang. Penyebab nyeri punggung bawah pun disebabkan dari berbagai hal. Sementara cara mengatasi nyeri punggung bawah cukup dengan melakukan pola hidup sehat.

Dilihat secara struktur tubuh, tulang punggung bagian bawah terdiri dari otot, ligamen dan tulang punggung. Bagian tubuh ini dikenal kuat dan mempunyai posisi penting sebagai penopang tubuh supaya dapat berdiri tegak.

Rasa nyeri ini bisa merambat ke bagian tulang punggung bagian bawah yang tersambung dengan paha dan pantat, bahkan bisa sampai kaki.

Punggung bawah terasa nyeri dan sakit disebabkan adanya syaraf yang tertekan. Syaraf bagian ini berfungsi menerima rangsangan dan memudahkan pergerakan. Tulang punggung bagian bawah dilindungi bantalan syaraf yang berada di rongga bagian tulang belakang.

Baca juga: Gejala Penyakit Jantung Koroner, Penyebab dan Penyakit Pemicunya

Kondisi sakit semacam ini dapat dirasakan semua orang. Baik anak-anak atau orang dewasa, laki-laki dan perempuan. Namun kualitas dan intensitas rasa nyeri berlainan pada setiap orang. Ada yang kondisinya berat sampai ringan.

Gejala Sakit Punggung Bawah

Nyeri punggung bawah yang ringan tentunya tidak begitu mengganggu aktivitas sehari-hari. Tapi nyeri punggung yang sangat berat dapat mengganggu kegiatan seharian maupun pekerjaan.

Berikut ini gejala-gejala yang dirasakan saat sakit nyeri punggung bawah yang sebaiknya dikenali dengan baik.

  1. Rasa sakit pada punggung di bagian bawah dibarengi dengan otot berkedut.
  2. Selepas membawa barang berbobot berat memicu timbulnya rasa sakit pada bagian punggung yang sangat nyeri dan kronis.
  3. Sakit pada bagian punggung akan mulai terasa saat digunakan untuk berjalan atau duduk. Tapi kalau berbaring dan berdiri relatif tidak terasa.
  4. Sakit pada punggung mulai dirasakan menjalar pada organ badan yang lain, seperti sampai ke kaki.
  5. Sakit pada punggung bawah terasa laksana disetrum listrik atau ditusuk jarum.

Penyebab Nyeri Punggung Bawah

Dengan mengetahui gejala-gejala rasa sakit pada bagian punggung penting agar kita dapat mencegahnya. Apalagi untuk mengobati nyeri punggung bawah tidaklah mudah. Terlebih jika kondisinya sudah dalam keadaan kronis.

Biasanya dibutuhkan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu supaya sakit nyeri punggung bawah dapat diatasi dan hilang. Dari sejumlah kasus, kondisi ini umumnya akan hilang setelah penanganan lebih dari sebulan.

Baca juga: Gejala Gula Darah Tinggi, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Untuk meredakan dan mengatasi gangguan nyeri pada bagian punggung ini perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Nah, berikut ini beberapa faktor menjadi penyebab sakit nyeri punggung bawah yang sebaiknya Anda tahu.

Membawa Beban Berat

Membawa beban terlalu berat yang membuat otot punggung tertarik sehingga terasa nyeri.

Otot Terkilir

Jika Anda menggerakkan tubuh atau badan secara berlebihan juga bisa menyebabkan otot terkilir. Inilah yang memicu timbulnya rasa nyeri.

Mengalami Benturan

Penyebab nyeri punggung bawah juga terjadi akibat adanya benturan atau saat tubuh terjatuh dengan posisi yang salah.

Otot Kaku

Otot kaku pun bisa menjadi penyebab timbulnya rasa sakit nyeri punggung bawah. Kondisi ini biasanya karena jarang bergerak. Pada saat digerakkan ada otot sedikit tertarik atau tak lentur yang membuat cedera ringan.

Batu Ginjal

Batu ginjal bisa menyebabkan rasa nyeri pada bagian punggung bawah. Ini karena gangguan batu ginjal akan menjalar ke sisi punggung dengan rasa yang tajam sekali.

Gangguan Tulang Belakang

Seseorang bisa merasakan nyeri punggung bawah disebabkan adanya gangguan tulang belakang. Kondisi ini karena adanya penekanan, cedera, tumor, maupun peradangan.

Terjadinya Pengeroposan Tulang

Sakit pada punggung bagian bawah dapat juga disebabkan oleh osteoporosis atau tulang belakang yang mengalami keropos. Pengeroposan akan membuat tulang menjadi lemah untuk menopang tubuh.

Kerusakan di Tulang Belakang

Dengan umur semakin bertambah tua juga akan membuat jaringan pada sendi semakin melemah. Kondisi ini dapat menekan syaraf tulang sehingga timbul rasa sakit pada bagian punggung sampai bagian kaki.

Orang yang Rentan Sakit Punggung Bawah

Gangguan sakit nyeri punggung bawah bisa menimpa siapa saja. Berikut ini orang yang memiliki risiko tinggi dan rentan mengalami nyeri punggung bawah yang sebaiknya diketahui.

Telah Berumur di Atas 30 Tahun

Orang yang telah memasuki umur antara 30 sampai 50 tahun rentan terkena gangguan ini. Hal ini karena usia ini sering ditandai dengan penurunan kinerja tubuh.

Bobot Badan Berlebihan

Orang dengan obesitas atau berat badan berlebih juga berisiko terkena nyeri punggung ini. Badan yang berat akan menekan saraf punggung hingga menyempit dan menimbulkan rasa nyeri.

Jarang Berolahraga

Jarang olahraga akan membuat otot menjadi kaku dan badan semakin gemuk. Hal ini berdampak pada tulang punggung bawah yang mendapatkan beban berat dari tubuh atas. Akibatnya, memicu timbulnya nyeri punggung bawah.

Membawa Barang Berat

Membawa benda atau barang dengan bobot berlebih juga dapat mengakibatkan sakit nyeri punggung bawah. Hal ini karena tertariknya otot tulang belakang.

Ibu Tengah Mengandung

Ibu yang sedang hamil berisiko mengalami sakit dan nyeri punggung bawah akibat beban pada kandungan. Punggung bagian bawah lapisan otot dan syaraf sebagai penopang akan tertekan.

Kebiasaan Merokok

Sering merokok dapat membuat seseorang mudah sakit punggung bawah. Zat nikotin dan monoksida akan menghambat aliran darah, termasuk yang mengarah ke punggung bagian bawah

Terlalu Banyak Duduk

Para pekerja yang terbiasa bekerja di belakang meja dalam waktu lama juag berisiko terkena gangguan ini. Seperti programmer komputer atau administrasi kantor.

Cara Mengatasi Nyeri Punggung Bawah

Untuk mengatasi rasa sakit pada punggung bawah sebaiknya dilakukan sejak dini saat kondisi masih ringan. Berikut ini sejumlah cara mengatasi nyeri punggung bagian bawah beserta pencegahannya sebelum semakin parah.

Rajin Berolahraga

Rajin berolahraga bisa menghindari timbulnya rasa sakit pada bagian punggung. Selain akan melenturkan otot punggung dan perut, aktivitas ini juga berguna mencegah dari radang atau cedera. Baik dengan berenang, jalan kaki, atau yoga.

Menjaga Posisi Tubuh yang Baik

Sebaiknya hindari kebiasaan dengan posisi membungkuk karena membuat tekanan pada otot punggung. Sebaliknya, biasakan untuk berdiri dan duduk dengan tegap. Posisi demikian sangat bagus menghindari tekanan pada tulang belakang dan otot.

Mengurangi Berat Badan

Untuk mencegah atau mengatasi sakit nyeri punggung bawah bisa menggunakan cara alami dengan menurunkan berat badan. Dengan badan lebih ringan akan membuat tekanan pada punggung bawah sedikit berkurang.

Menjauhi Stres

Stres itu merupakan risiko orang hidup. Namun akan berbahaya jika mengalami stres berlebihan. Menghindari atau mengelola stres bisa mencegah timbulnya gangguan sakit pada punggung bagian bawah.

Jauhi Rokok

Menghentikan kebiasaan merokok bisa menjadi cara terbaik mencegah gangguan pada punggung bawah. Baik sebagai perokok aktif maupun perokok pasif.

Perhatikan Posisi Tidur yang Baik

Cara mencegah timbulnya gangguan punggung juga bisa dengan memperhatikan posisi tidurnya. Hindari tidur dengan melengkung atau menekukkan badan. Upayakan tidak adanya penekanan berat pada bagian punggung bawah saat tidur.

Demikian informasi tentang sakit nyeri punggung bawah beserta gejala, penyebab dan cara mengatasinya. Dengan menerapkan beberapa langkah di atas juga bisa mencegah timbulnya rasa nyeri punggung bawah. (R11/HR-Online)