Sakit Pantat akibat Bersepeda? Begini Cara Mengatasinya!

Sakit pantat akibat bersepeda dan cara mengatasinya. Foto: Ilustrasi/Net.
Sakit pantat akibat bersepeda dan cara mengatasinya. Foto: Ilustrasi/Net.

Sakit pantat akibat bersepeda terjadi saat kita mengayuh sepeda dalam waktu yang lama. Namun, sakit pantat biasanya terasa oleh mereka yang sebelumnya tidak terbiasa bersepeda, tapi kemudian melakukannya.

Pada masa pandemi Covid-19 ini, banyak orang yang tiba-tiba menjadi suka menggunakan sepeda. Baik untuk aktivitas kerja maupun berolahraga.

Bersepeda merupakan olahraga yang paling aman dilakukan saat pandemi, sekaligus juga menyenangkan. Selain bisa menyehatkan badan, juga dapat menyegarkan pikiran.

Olahraga bersepeda cukup mudah, sehingga banyak orang yang menyukainya. Namun, bagi mereka yang tidak terbiasa melakukannya bisa membuat sakit pantat akibat bersepeda terlalu jauh atau lama.

Kondisi sakit pada bagian pantat akan terasa tidak nyaman ketika mengayuh sepeda. Hal ini terjadi karena tulang pada bagian pantat menahan berat badan maksimum tubuh.

Berat badan yang terfokus pada area kecil dapat mengakibatkan banyak tekanan pada bagian tulang tempat Anda duduk. Kondisi ini bisa turunkan aliran darah pada bagian tersebut, sehingga menyebabkan peradangan.

Baca Juga : Sepeda Termahal di Dunia, Nomor 1 Harganya Setara Lamborghini

Perubahan pada berat badan yang berlangsung secara konstan saat mengayuh pedal sepeda dapat menyebabkan gesekan, pantat terasa panas, dan terjadi lecet.

Selain itu, sebagain besar pesepeda mengalami eksim kulit yang muncul akibat keringat. Kondisi ini juga menjadi masalah umum bagi mereka. Meski terasa tidak nyaman, tapi untuk mengatasi masalah tersebut cukup mudah.  

Merangkum dari berbagai sumber, Minggu (30/08/2020), berikut ini beberapa cara untuk mengatasi sakit pada bagian pantat akibat bersepeda.

Cara Mengatasi Sakit Pantat akibat Bersepeda

Mulai Bersepeda Secara Perlahan

Jika Anda termasuk pemula yang belum terbiasa melakukan olahraga sepeda, coba awali olahraga tersebut secara perlahan-lahan. Mulai bersepeda menempuh jarak 2 kilometer dalam setiap harinya.

Kemudian, tingkatkan lagi menjadi 5 kilometer dan seterusnya jika Anda sudah satu minggu melakukan olahraga sepeda.

Membiasakan tubuh secara perlahan untuk memulai hal tersebut adalah salah satu cara yang tepat Anda lakukan. Karena hal ini dapat memberikan waktu yang pas bagi tubuh dalam beradaptasi menyesuaikan dengan prubahan, serta mengatasi tekanan.

Baca Juga : Sehat & Selamatkan Lingkungan dengan Ber-Fixie Ria

Gunakan Pakaian yang Nyaman

Cara mengatasi sakit pantat akibat bersepeda yang berikutnya yaitu Anda harus mengenakan pakaian atau baju yang tepat. Ini penting Anda lakukan dan berguna untuk segala hal.

Saat akan melakukan olahraga sepeda, coba Anda gunakan pakaian yang nyaman, artinya pakaian tersebut tidak begitu ketat.

Selain itu, cuci sampai benar-benar bersih untuk mencegah munculnya rasa tidak nyaman, khususnya pada area sekitar pantat.

Berkeringat menjadi hal umum saat Anda bersepeda. Tapi, kondisi tersebut juga dapat terjadi akibat Anda kurang bersih. Kondisi seperti ini tentunya berdampak buruk pada kulit.

Pilih Sadel yang Tepat

Ukuran sadel sepeda yang tepat akan memberikan rasa nyaman saat Anda menggunakannya. Karena itulah, penting memilih ukuran sadel yang tepat agar pantat tidak sakit, meskipun bersepeda dalam jangka waktu lama.

Selain itu, cara mengatasi sakit pantat akibat bersepeda yang bisa Anda lakukan adalah memastikan sadel yang terpasang tidak begitu tinggi. Sesuaikan pemasangan sadel sepeda dengan tinggi tubuh Anda.

Apabila Anda merasakan kurang nyaman, baik akibat ukuran maupun model sadel sepeda, maka Anda perlu mengatur tinggi sadel.

Baca Juga : Ribuan Warga Ikuti Sepeda Santai Keliling Mangunjaya Pangandaran

Ubah Posisi saat Bersepeda

Posisi bersepeda dapat menyebabkan timbulnya masalah pada bagian pantat. Kondisi ini akan terjadi, terutama saat posisi bersepeda yang Anda lakukan tetap.

Anda harus mengubah posisinya, karena hal ini bisa membantu Anda mencegah munculnya sakit pada bagian pantat. Perubahan ini akan membuat beban tubuh Anda tidak terus-terusan terpusat pada satu tumpuan saja.

Jika rasa tidak nyaman dan sakit pantat masih saja terjadi, maka untuk sementara waktu sebaiknya Anda berhenti dulu melakukan aktivitas olahraga sepeda.

Tapi kalau hal ini tetap saja terjadi, maka sebaiknya Anda konsultasikan masalah tersebut dengan dokter. Karena, sakit pantat akibat bersepeda tentunya sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...