Sampah Rumah Tangga Tak Diangkut Petugas Dikeluhkan Warga Banjar

Sampah rumah tangga menjadi permasalahan bagi sejumlah warga di Dusun Cibeureum, RT.01, RW.01, Desa Balokang, Kecamatan Banjar, Kota Banjar. Foto: Muhlisin/HR.
Sampah rumah tangga menjadi permasalahan bagi sejumlah warga di Dusun Cibeureum, RT.01, RW.01, Desa Balokang, Kecamatan Banjar, Kota Banjar. Foto: Muhlisin/HR.

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Sampah rumah tangga menjadi permasalahan bagi sejumlah warga di Dusun Cibeureum, RT.01, RW.01, Desa Balokang, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat. 

Hal itu akibat tidak adanya petugas kebersihan dari dinas terkait yang masuk ke lingkungan tersebut untuk mengangkut sampah. Adapun petugas kebersihan dari lingkungan setempat, namun sudah hampir dua bulan ini tak lagi berjalan.

Menurut Anggi, salah seorang warga, bahwa sebelumnya memang ada petugas kebersihan dari warga setempat yang mengangkut sampah rumah tangga. Setiap rumah dipungut Rp 20 ribu per bulan dengan penarikan satu minggu sekali.

“Kemudian ada lagi tawaran petugas penarik sampah dari Karang Taruna, bayarnya 10 ribu rupiah per bulan dengan penarikan sama satu minggu sekali. Karena ditawari yang 10 ribu rupiah, maka saya pun akhirnya pilih yang lebih murah,” tuturnya, kepada HR Online, Jum’at (07/08/2020).

Tapi, penarikan sampah rumah tangga oleh petugas dari Karang Taruna tidak berjalan lancar. Bahkan, sudah menginjak dua bulan ini sampah belum juga diangkut. Meskipun pembayaran penarikan sampah sudah dipungut di awal.

Anggi juga mengatakan, awalnya memang lancar, tapi makin kesini malah jadi tidak diangkut. Akibatnya sampah menumpuk di depan rumah sampai menimbulkan bau.

“Mungkin bukan saya saja sebagai warga di sini yang bingung harus kemana buang sampah sebanyak ini. Kalau bisa mah ada petugas yang menggunakan motor roda dari dinas terkait yang masuk ke lingkungan-lingkungan seperti di sini. Jadi biar bener dalam pengangkutan sampahnya. Gak kan rugi kita bayar juga kalau bener mah,” harapnya.

Menumpuknya sampah rumah tangga akibat tidak berjalannya petugas penarik sampah bisa mengakibatkan lingkungan menjadi tidak sehat. Warga berharap adanya solusi dari pihak-pihak terkait mengenai hal tersebut. (Muhlisin/R3/HR-Online)

Loading...