Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita CiamisSatpol PP Ciamis Latih 24 Anggota Linmas di Cipaku

Satpol PP Ciamis Latih 24 Anggota Linmas di Cipaku

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dinas Satpol PP Kabupaten Ciamis menggelar pelatihan untuk 24 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat atau Sat Linmas di Cipaku. Pelatihan tersebut digelar di halaman Masjid Selacai, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Rabu (26/8/2020).

Kabid Linmas Satpol PP Kabupaten Ciamis, Ahmad Ruwani, mengatakan, pelatihan diikuti oleh Linmas dari 13 desa di Kecamatan Cipaku.

“Tujuan dari pelatihan ini agar setiap anggota Linmas mengetahui tugas pokok dan fungsinya. Terutama tugas dan fungsi dalam menjaga ketertiban dan keamanan,” ujarnya di sela-sela kegiatan.

Ahmad mengatakan, harapannya setelah mengikuti pelatihan tersebut, setiap anggota Linmas memiliki kafasitas dalam menjalankan tugasnya. Tugas yang dimaksud adalah menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya masing-masing.

“Pada pelatihan dan pembinaan Linmas kali ini, para anggota mendapatkan beberapa materi yang terkait dengan pengamanan, dan pertahanan. Serta pelatihan terkait ketertiban dan aspek-aspek dalam mengatasi masalah,” terangnya.

Menurutnya, seorang Linmas wajib memiliki jiwa dan semangat dalam melindungi wilayahnya agar selalu aman dan nyaman.

“Selain itu, seorang Linmas juga diharapkan bisa membantu Babinkamtibmas dan Babinsa dalam menciptakan ketentraman dan ketertiban di wilayahnya, karena aman dan nyaman merupakan kunci utama dalam bermasyarakat,” katanya.

Ahmad menambahkan, para peserta pelatihan Linmas di Cipaku tersebut juga mendapat ilmu pelatihan PBB dari Pelda Dadang. Pelatihan juga diberikan oleh anggota Polsek Cipaku.

Sementara itu, Yayan MS, Camat Cipaku, mengucapkan terima kasih kepada Satpol PP Kabupaten Ciamis. Karena telah telah memberikan pelatihan kepada 24 anggota Linmas di Kecamatan Cipaku.

“Dengan adanya pelatihan diharapkan akan lebih meningkatkan keamanan dan ketertiban bagi masyarakat,” katanya.

Yayan juga berharap, dengan adanya pelatihan ini diharapkan Satuan linmas di Kecamatan Cipaku semakin mantap dan menjadi lebih baik dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Hal tersebut sebagaimana tertuang dalam Permendagri Nomor 84 tahun 2014. (Edji/R7/HR-Online)