Sentra Rengginang Banjar Rangkul Pelaku UKM di Purwaharja

Sentra Rengginang Banjar
Sentra Rengginang di Kelurahan Purwaharja RT 13/06, Kota Banjar. Foto: Aji/HR

Berita Banjar (Harapanrakyat.com),- Keberadaan Sentra Rengginang Banjar sangat dirasakan manfaatnya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Saat ini Sentra Rengginang ini telah merangkul puluhan pelaku UKM di Purwarja serta sering menggelar pelatihan.

Wawat Herawati, Pengurus Sentra Rengginang Purwaharja mengatakan, awal berdiri di tahun 2000 dengan nama UKM Anggrek. Sentra makanan ringan khas tersebut berada di Kelurahan Purwaharja RT 13/06, Kota Banjar. Saat didirikan UKM Anggrek ini beranggotakan 13 orang ibu-ibu yang berusia lanjut. Bahkan beberapa diantaranya meninggal dunia dan menyisakan 5 orang saja.

“Tapi sekarnag muncul generasi baru dan terbentuk 22 orang UKM rengginang. Dari jumlah itu sudah bisa menghimpung kurang lebih 50 rang pekerja,” ujar Wawat kepada HR Online, Selasa (4/8/2020).

Sentra Rengginang Banjar ini mampu memasarkan produknya ke daerah tetangga seperti Ciamis dan Tasikmalaya. Bahkan secara berkala rengginang banjar sering dikirim ke daerah Bekasi, Tangerang, Jakarta. Saat ini pemasarannya juga dilakukan secara online.

Wawat menuturkan untuk kapasitas produksi  setiap orang mampu mengeluarkan hingga 200 Kilogram per bulan. Bahkan bisa mencapai 1 ton perorang, untuk secara akumulasi rata-rata penjualan di tahun 2019 sekitar 2 ton.

UKM Anggrek ini baru menjadi sebuah sentra di tahun 2019.  Sebelumnya di tahun 2018 ada kajian tentang pertimbangan untuk dijadikan sentra di Purwaharja. Karena syaratnya minimal harus 20 orang pelaku usaha. Sedangkan saat ini baru hanya 13 orang.

“Setelah berdiskusi panjang pada tahun 2019 rengginang di purwaharja di ijinkan menjadi Sentra Rengginang Banjar. SK Wali kota  sudah diterbitkan bahwa rengginang menjadi produk unggulan Kota Banjar,” katanya.

Di awal tahun 2020, Dinas Industri Kota Banjar mengajukan permohonan bantuan ke Bank Indonesia. Hasilnya Sentra Rengginang mendapat bantuan berupa 5 oven pengering.

“Mudah mudahan dengan bantuan dari pemerintah, BI, HIPMI, dan dari berbagai pihak lainya, kita bisa memanfaatkannya dengan baik. Serta bisa menaikan produksi pelaku UKM rengginang di Kota Banjar,” katanya.

Sentra Rengginang Banjar Jadi Tempat Promosi Produk Unggulan Kota Banjar

Sentra rengginang ini menjadi salah satu sarana promosi dan mengenalkan produk khas di Kota Banjar. Wawat mengakui dampak pandemi Covid-19 saat ini banyak para pelaku UKM yang tidak bisa produksi. Sentra Rengginang ini diharapkan bisa memperdayakan masyarakat dan mengurangi angka pengangguran di Banjar.

“Semoga dengan adanya sentra rengginang ini kami bisa meningkatkan, mengangkat dan merangkul mereka yang sudah tidak bisa produksi untuk bisa produksi kembali,” jelasnya. (Aji/R9/HR Online)

Loading...