SIM Card Tidak Terbaca, Simak Cara Mengatasinya!

SIM Card Tidak Terbaca
Ilustrasi SIM Card Tidak Terbaca, Foto: Istimewa

Ketika kita menggunakan HP dan mendapati SIM card tidak terbaca, tentu saja hal ini menimbulkan masalah. Pasalnya, kita tidak dapat menggunakan HP sebagaimanamestinya.

Seperti yang kita tahu bahwa HP memiliki fungsi sebagai jaringan seluler. Dengan hadirnya fungsi ini, HP bisa untuk mengakses internet, melakukan panggilan telepon, menerima SMS, serta aktivitas HP lainnya.

Akan tetapi, apa jadinya jika kartu SIM pada HP anda tidak dapat terbaca? Sudah anda tahu dampaknya akan cukup menyusahkan.

Sebab, fungsi jaringan selulernya juga akan ikut terganggu. Permasalahan pada kartu SIM semacam ini sangat mungkin terjadi. Bahkan, terdapat pengguna ponsel yang tidak hanya mengalami gangguan ini sekali saja.

SIM Card Tidak Terbaca, Inilah Cara Mengatasinya!

Pada dasarnya, kartu SIM yang tidak dapat terbaca ini tidak terjadi dengan sendirinya begitu saja. Ada berbagai hal yang dapat menjadi faktor pemicunya.

Satu di antaranya adalah usia penggunaan kartu SIM yang sudah sangat lama. Setiap barang tentu saja mempunyai masa pakai, begitu pula dengan kartu SIM.

Baca Juga : Lupa Pola HP Samsung, Beginilah Cara Mengatasinya

Biasanya SIM card akan mengalami degradasi pada material plastik serta kuningnya setelah mencapai masa lebih dari lima tahun. Bila tiba-tiba kartu SIM anda tidak terbaca, bisa jadi ini menjadi faktor pemicunya.

Namun tak perlu khawatir, kartu SIM tidak dapat terbaca tersebut mampu diatasi dengan cara yang mudah dan praktis. Berikut ini merupakan cara mengatasi kartu SIM yang tidak dapat terbaca.

Membersihkan SIM Card

Cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi SIM card tidak terbaca yaitu dengan membersihkannya. Sebagai langkah awal, buka dan lepaskan kartu SIM yang tidak terbaca tersebut dari slot kartu SIM HP anda.

Setelah itu, bersihkan dari debu-debu mikro yang sekiranya menempel dan mengganggu kinerja kartu SIM. Umumnya ini juga dapat dilakukan menggunakan bantuan penghapus serta menggosokkannya ke kuningan SIM card.

Kemudian anda dapat mengaktifkan kembali HP anda dan tunggulah sampai SIM card memberi respon terhubung ke seluler network. Anda pun dapat menggunakannya kembali seperti semula.

Atur Ulang Jaringan

Cara mengatasi SIM card tidak terbaca berikutnya adalah dengan mengatur ulang jaringan. Sebab, masalah yang datang bisa saja berasal dari operator seluler yang memang sedang eror atau bermasalah.

Sehingga saat menggunakan SIM card tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik. Untuk dapat mengatasi masalah ini, anda dapat dengan mengatur ulang jaringan pada HP.

Baca Juga : Temukan Perangkat Saya, Solusi Pintar HP Hilang dari Aplikasi Google

Apabila tidak dapat melakukan pengaturan secara otomatis, dapat dengan cara mengatur ulang secara manual. Caranya yaitu buka menu Settings, kemudian Network & Internet, selanjutnya Mobile Network, terakhir Acess Point Names. Pada tahap ini, anda hanya perlu mengatur secara manual APN sesuai jaringan serta operator seluler.

Membersihkan Cache

Terkadang, penyebab SIM card tidak terbaca bisa karena hal yang kecil yang kurang kita sadari. Salah satunya adalah file sampah yang menumpuk karena tidak dibersihkan selama beberapa waktu.

File sampah ini juga dapat mempengaruhi sistem. Maka dari itulah, tidak ada salahnya bila kita membersihkan file sampah pada HP kita. Untuk membersihkan file sampah ini, kita dapat melalui pengaturan aplikasi.

Atau juga bisa dengan cara yang lebih praktis lagi. Kita bisa membersihkannya dengan memanfaatkan aplikasi Cleaner. Aplikasi Cleaner ini dapat membersihkan file sampah dalam waktu yang cepat dan juga lebih singkat.

Factory Reset Android

SIM card tidak terbaca dapat teratasi dengan cara factory reset Android. Bila dari ketiga cara sebelumnya memang belum berhasil, anda dapat melakukan factory reset Android.

Factory reset Android ini memiliki fungsi untuk mengembalikan HP ke kondisi semula atau seperti baru. Akan tetapi, bila anda ingin melakukan trik atau cara yang satu ini, terdapat hal yang mesti anda tahu.

Setidaknya anda harus lebih hati-hati dan juga waspada. Sebab, seluruh pengaturan, termasuk akun serta aplikasi akan ikut terhapus juga saat anda melakukan factory reset Android ini.

Jangan lupa untuk melakukan proses back up terhadap data-data anda yang sekiranya sangat penting terlebih dahulu. Sehingga, cara mengatasi SIM card tidak terbaca satu ini dapat berjalan secara maksimal. (R10/HR-Online)

Baca juga : Cara Menguatkan Sinyal Wifi Agar Berselancar Melesat Tanpa Kendala