Sinopsis Film The 33, Perjuangan Bertahan Hidup di Bawah Tanah

Sinopsis Film The 33, Perjuangan Bertahan Hidup di Bawah Tanah
Sinopsis Film The 33. Foto Istimewa

Sinopsis film The 33 menceritakan tentang sebuah kisah nyata mengenai nasib para penambang yang terjebak selama 69 hari di bawah tanah.

Film ini disutradarai oleh Patricia Riggen serta penulis naskah Robert Katz, Edward McGurn, dan Mike Medavoy. Film The 33 telah rilis pada 6 Agustus 215 di Chile dan 13 November 2015 di Unite States.

Film yang diproduksi oleh Warner Bros ini telah bekerja sama dengan Alcon Entertaiment dan juga Phoenix Picture akan memberikan sebuah sajian yang begitu nyata. Dijamin membuat para penonton ikut serta merasakan suasana ketegangannya.

Sinopsis Film The 33

Sinopsis film The 33 merupakan sebuah film yang diangkat dari sebuah kisah nyata yang berasal dari 33 penambang di Chili.

Berawal pada tahun 2010 tepatnya pada bulan Agustus, ke-33 penambang tersebut bertaruh nyawa di dalam tanah dengan kedalaman 2.300 meter selama 69 hari.

Baca Juga: Sinopsis Film Deepwater Horizon, Kisah Nyata Bencana Ledakan Besar

Kejadian naas tersebut disebabkan karena runtuhnya tempat penambangan tempat mereka bekerja, yaitu sebuah tambang emas San Jose Kolaps. Selama terjebak di dalam permukaan tanah, mereka tidak saling membunuh atau memangsa sesama mereka.

Mereka bertahan hidup dengan mengandalkan sedikit makanan dan berfantasi. Film The 33 ini dibuat sedemikian rupa agar para penonton mampu merasakan bahwa mereka tengah mengalami rasa putus asa yang sangat mendalam.

Karakteristik Penambang

Seorang pria yang memiliki karismatik bernama Mario Sepulda akhirnya mengambil alih posisi sebagai seorang pemimpin. Pilihan ini diambil ketika sang ketua tim dari 33 orang penambang Don Lucho yang tidak bisa mengatasi anggota mereka.

Para penambang yang terjebak tersebut memiliki berbagai karakteristik tersendiri. Seperti terdapat seorang pria yang berwujud paruh baya dengan dua istri, pria yang memiliki gaya seperti Elvis akan tetapi sangat temperamen, seorang pemuda yang memiliki masalah dengan sang kakak kandung, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Sinopsis Escape Plan 2: Hades, Aksi Penyelamatan Tim dari Penjara

Cek-cok yang terjadi antara istri dan juga wanita simpanan dari seorang lelaki paruh baya sempat meramaikan situasi sebelum mereka melakukan penambangan.

Gelak tawa pun mengiringi keberangkatan mereka menuju ke tandus padang pasir lokasi pertambangan itu berada. Sinopsis film The 33 pun berlanjut.

Runtuhnya Pertambangan

Pada hari tersebut, para penambang harus bekerja di kedalaman 518 meter untuk menemukan emas dan juga tembaga. Sinopsis film The 33 semakin menegangkan ketika situasi berubah menjadi sangat kacau.

Batu-batu besar mulai runtuh. Semua jalan yang digunakan untuk keluar tiba-tiba terhalang oleh batu-batu besar tersebut.

Satu-satunya yang menjadi harapan bagi para penambang tersebut adalah tangga panjang yang akan menjulur ke permukaan tanah. Akan tetapi, naas tangga tersebut tidak pernah diselesaikan pembuatannya oleh sang penambang.

Situasi yang Semakin Kacau

Sinopsis film The 33 terus berlanjut kepada para penambang yang terus berusaha untuk menyelamatkan diri dari maut di bawah permukaan tanah tersebut.

Akan tetapi, mereka melihat peralatan keselamatan yang dibiarkan tidak terurus, kotak P3K yang kosong tak ada obat, dan alat komunikasi yang rusak.

Mereka juga menemukan sebuah radio yang harusnya dapat digunakan sebagai sebuah alat komunikasi, namun faktanya sudah sangat lama tidak terpakai bahkan kabel radio tersebut telah terburai.

Hal ini jelas menjadi sebuah potret bahwa ketidakpedulian dengan keselamatan buruh dapat menjadi bencana yang sangat besar.

Bekerja dalam sebuah lingkungan yang berbahaya, namun hanya menggunakan perlengkapan yang sangat sederhana dan harus bertaruh nyawa apabila tanah longsor terjadi.

Pembuatan Jalur Arteri

Akhirnya jalur arteri dibuat untuk dapat membantu para korban yang terjebak agar mereka mendapatkan bantuan berupa makanan.

Namun, kelaparan ini berubah menjadi sebuah bencana dan juga permasalahan. Sebab ke-33 korban pekerja ini bisa keluar sebelum ada bantuan yang masif dan berukuran dua kali lebih besar jika dibandingkan dengan gedung Empire State.

Sinopsis film The 33 mencapai konflik ketika mulai terjadi sebuah konsistensi tone yang menjadi over complicated.

Keunggulan Film

Jika dilihat dari sinopsis film The 33 yang baik, tak kalah juga dengan akting para aktris yang memerankannya. Salah satunya adalah Juliette Binoche yang mampu menyentuh hati ketika ia mati-matian bertahan di depan pagar area penambangan saat pihak keamanan mencoba mengusir dirinya.

Humor-humor segar juga diselipkan di sepanjang jalan cerita agar tampak natural sehingga menjadikan film tidak membuat penonton bosan. (R10/HR-Online)

Loading...