Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaBerita NasionalSinyal Telkomsel Hilang, Ternyata Ini Penyebabnya!

Sinyal Telkomsel Hilang, Ternyata Ini Penyebabnya!

Sinyal Telkomsel hilang hari ini di sejumlah daerah di Indonesia, khususnya di pulau Sumatera. Banyak yang mengeluhkan kondisi tersebut.

Pasalnya aktivitas menjadi terhambat akibat tidak adanya jaringan telepon. Lalu apa penyebab dari hilangnya sinyal Telkomsel?

Sinyal telkomsel mendadak mati lantaran terjadi sebuah musibah kebakaran di gedung Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom, di Kota Pekanbaru.

Kegiatan tersebut terjadi Selasa (11/8/2020) pukul 14.30 WIB. Akibat kebakaran gedung provider tersebut, sinyal Telkomsel hilang.

Bahkan sampai berita ini dibuat, sejumlah warga masih mengeluhkan tidak adanya jaringan telkomsel. Mereka mengeluhkan sulitnya melakukan panggilan telepon dan SMS, juga masuk ke internet.

Sejumlah netizen asal Medan, @noeesiregar mencurahkan keluhanya di Twitter. Ia mengaku heran, kebakaran terjadi di Pekanbaru, sedangkan di Medan juga ikut padam.

Selain sinyal Telkomsel hilang, akibat kebakaran tersebut, sejumlah layanan internet rumah produk Telkomsel seperti Indihome, juga mengalami gangguan, terutama yang di Pakanbaru.

Saat ini pihak TelkomGroup tengah melakukan mitigasi dan sedang dalam proses pemulihan layanan.

Arif Prabowo, Vice President Corporate Communication Telkom, menyampaikan permohonan maafnya kepada pelanggan atas ketidaknyamanan ini.

STO Telkom Pekanbaru Terbakar, Sinyal Telkomsel Hilang

Seperti diketahui, sinyal Telkomsel mengalami gangguan secara mendadak karena musibah kebakaran. Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom, di Kota Pekanbaru, terbakar Selasa (11/8/2020) siang sekitar pukul 14.30 WIB.

Akibat kebakaran tersebut, jaringan Telkomsel mendadak mati. Mengetahui kejadian kebakaran, petugas pemadam kebakaran setempat langsung melakukan pemadaman api.

Ada 6 unit mobil damkar yang diterjunkan untuk menjinakan api. Setelah beberapa lama, api berhasil dipadamkan. Meski sudah padam, para petugas tetap melakukan pendinginan di areal kebakaran karena ditakutkan ada kebakaran susulan. Sementara hingga kini sinyal telkomsel hilang.

Bangunan STO yang terbakar ini berada di belakang gedung utama Telkom Pekanbaru. Akibat terbakar, kaca jendela gedung bayak yang pecah dan dinding gedung ikut menghitam.

Dari foto yang beredar, nampak para pegawai melihat proses pemadaman api. Petugas Damkar Pekanbaru Tengku Afrizal Kadri mengatakan, api berhasil dijinakan.

Sayangnya, meski kebakaran sudah berhasil dipadamkan, warga masih mengeluhkan sinyal telkomsel hilang.

Salah satu warga Pekanbaru, Widi heran, jaringan di handphonenya tiba-tiba hilang. Ia pun bertanya-tanya kepada tetangganya.

“Ternyata, tetanggaku juga sama, tak bisa telpon, SMS dan pakai internet,” katanya.

Warga pun mengeluhkan sinyal telkomsel hilang dan berharap jaringan bisa kembali pulih.

Baca Juga: Jaringan Telkomsel Mati, Ternyata Ini Penyebabnya!

Benarkan Jaringan Telkomsel Mati

Hilangnya jaringan Telkomsel diwilayah Sumatera nyatanya dikeluhkan banyak pengguna. Pihak Telkomsel pun meminta maaf atas ketidaknyamanan ini.

Denny Abidin, Vice President Corporate Communications Telkomsel, mengatakan, hilangnya sinyal telkomsel karena musibah kebakaran yang terjadi di Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom Pekanbaru.

Hal tersebut membuat spelanggan tak bisa telpon, SMS dan menggunakan intenet. Kualitas akses data internet Telkomsel di beberapa daerah juga mengalami gangguan. Para pelanggan mengaku kesulitan mengakses internet.

Saat ini, Denny mengatakan, pihaknya sedang melakukan pemulihan secara keseluruhan. Jika sudah ada perkembangan, ia akan mengabarinya secara berkala.

Ia pun meminta maaf karena gangguan yang terjadi saat ini, sinyal telkomsel hilang karena musibah kebakaran.

“Saya ucapkan terimakasih karena masih percaya kepada Telkomsel dengan tetap menjadi pelanggan setia,” ujar Denny.

Hilangnya jaringan telkomsel ini banyak dikeluhkan warganet di twitter. Netizen mengeluh sulitnya melakukan panggilan telepon dan tak bisa isi pulsa. Keluhan ini dirasakan para pelanggan dari Aceh hingga Padang, Batam dan Pekanbaru.

Telkomsel Gangguan Hingga Ciamis Jawa Barat

Gangguan jaringan Telkomsel tak hanya dirasakan warga pulau Sumatera. Gangguan jaringan telkomsel juga dirasakan warga Ciamis, Jawa Barat.

Salah seorang pemilik toko celluler di Jalan Lingkar Selatan Ciamis, Erma mengakui jika Telkomsel mengalami gangguan. “Saat ini tak bisa isi pulsa, telpon dan SMS juga belum bisa dilakukan,” ujarnya.

Ia mengaku tak tahu apa penyebab Telkomsel gangguang. Yang jelas, gangguan tersebut membuat dirinya sedikit kesal. “Banyak yang mau isi pulsa gak bisa, kasian banyak pelanggan yang ngeluh, tapi ya gimana lagi,” ucapnya.

Ia pun berharap sinyal telkomsel hilang bisa kembali normal lagi seperti sediakala. Sehingga aktivtas masyarakat tidak terganggu. (R8/HR Online)