Spesifikasi KIA Sonet, Penantang Mobil Raize yang Meluncur Bulan Ini

Spesifikasi KIA Sonet, Penantang Raize yang Siap Meluncur Bulan Ini
Spesifikasi KIA Sonet. Foto Ist/Net

Spesifikasi KIA Sonet yang akan diluncurkan pada 7 Agustus nanti sudah beredar. Mobil KIA Sonet ini nantinya akan mengisi celah kosong di bawah Seltos.

Selain itu, KIA Sonet ini juga akan menjadi saingan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Bahkan mobil ini juga bakal menjadi saingan Nissan Magnite yang direncanakan akan segera meluncur.

Sebelumnya, melalui ajang Auto Expo 2020, KIA sudah mengumumkan hadirnya Sonet. Hal menarik adalah desain rendering yang baru telah muncul. Model baru ini dirasa lebih canggih dan tangguh bila dibandingkan versi pada pameran tersebut.

Spesifikasi KIA Sonet Terbaru

Prediksinya, KIA Sonet ini akan diperkenalkan pada 7 Agustus 2020. Dari berbagai bocoran gambar yang beredar, Sonet sudah mengusung ciri khas generasi yang modern.

Tampilan modern KIA ini diwujudkan dengan adanya Grill Tiger Nose agar bisa menambah kesan yang tangguh dari sebuah SUV.

Sonet punya roof rail yang terlihat identik dengan versi rendering. Selain itu, adanya tarikan garis kaca yang menukik ke atas. Dilengkapi pula dengan spakbor melar. Apalagi ditambah dengan cladding hitam yang sesuai ekspektasi.

Baca juga: Kia Seltos Gravity 2021 Tampil Beda dengan Versi Penyegaran

Kemudian pada bagian buritan, spesifikasi KIA Sonet ini terdapat lampu horizontal yang membentang serta cladding ekstra tebal yang tidak dilengserkan.

Bentuknya persis, bedanya tidak tampak atap two tone kontras yang memisahkan warna dari ujung pilar D. Jika dilihat dari bentuknya, konsep yang diusung oleh KIA Sonet ini cukup menarik. Mobil ini hadir dengan bentuk membulat dan cekung.

Sebagai SUV modern, konsep KIA Sonet dinilai cukup gagah. Mobil ini juga tangguh dalam melewati jalanan perkotaan maupun off road ringan. Hal ini karena KIA Sonet memiliki ground clearance yang sangat mumpuni.

Wajah Sonet dilengkapi fasia depan keren. Grill Tiger Nose dengan kelir berwarna hitam. Ditambah aksen warna merah di bagian bumper bawah.

Dapur Pacu

Jika kita berbicara mengenai jantung pacu yang dimiliki mobil ini, spesifikasi KIA Sonet memang sangat menarik. Mobil ini akan mempunyai kesamaan dengan Hyundai Venue.

Dengan begitu, mesin yang akan disajikan mobil ini adalah mesin 1.200cc. Lengkap dengan tanaga 83 ps dan torsi puncak 114 Nm. Bukan itu saja, ternyata ada pula mesin 1.000 cc turbo.

Mesin ini memiliki tenaga 120 ps yang mempunyai torsi 171 Nm. Bahkan kemungkinan di India, akan hadir mesin diesel 1.500 cc yang bertenaga 100 ps serta torsi 240 Nm.

Tenaga mesin tersebut akan dikawinkan dengan transmisi manual 6 percepatan. Lengkap dengan otomatik DCT 7 percepatan dan manual iMT (clutchless) 6 percepatan. Hadirnya mesin tangguh ini membuat spesifikasi KIA Sonet semakin menawan.

Desain Interior

Interior KIA Sonet ini dirancang bagi segmen anak muda. Mereka yang punya jiwa sosial, terkoneksi, dan mengerti akan teknologi.

Baca juga: Kia e-Niro 2020, Mobil Listrik Murah dengan Segala Kecanggihannya

Bagian kabinnya dilengkapi sistem navigasi serta infotainment. Memiliki layar dengan ukuran 10,25 inchi. Lengkap dengan fitur UVO Connect, transmisi manual cerdas iMT, dan sistem audio premium Bose.

Konsep yang diusung oleh KIA Sonet ini juga mengisyaratkan ruang interior yang terbaik di kelasnya. Ditambah dengan berbagai fitur kelas satu yang dibuat khusus bagi konsumen India.

KIA sudah mendominasi segmen SUV menengah di negara India. Ini terbukti lewat SUV andalannya yaitu KIA Seltos. Saat ini KIA berharap bisa mengulang kesuksesan pada segmen SUV kompak dengan konsep Sonet di paruh kedua ini.

Fitur Pendukung

Spesifikasi KIA Sonet ini semakin lengkap dengan adanya berbagai fitur pendukung. Diketahui KIA akan menggunakan sistem infotainment dengan layar 10,25 inchi.

Ditambah dengan fitur sunroof, wireless charger, sampai perangkat audio Bose. Kemungkinan akan ditambahkan juga perangkat ekstra seperti kamera parking 360 derajat.

Selain itu, bila kita berbicara mengenai harganya. Menurut info yang didapat dari Indianautosblog, KIA Sonet satu ini berada pada rentang 7-11,5 Lakh Rupee.

Harga mobil KIA Sobnet ini setara dengan Rp 136,8 hingga 224 juta di Indonesia. Saat ini kabarnya KIA Sonet sedang melakukan pengujian.

Lantas yang jadi pertanyaan adalah apakah kemunculan Sonet di pasar India juga akan disusul oleh pasar Indonesia? Kita tunggu saja spesifikasi KIA Sonet yang mumpuni ini tiba di pasar Indonesia. (R10/HR-Online)

Loading...