Spion Variasi Motor Menambah Kendaraan Semakin Terlihat Sporty

Spion Variasi Motor Menambah Kendaraan Semakin Terlihat Sporty
Ilustrasi spion variasi motor. Fot:o istimewa

Spion motor variasi banyak terlihat pada kendaraan yang satu ini untuk memberikan tampilan menarik. Setiap kendaraan memiliki spion yang berfungsi untuk melihat situasi dan kondisi keadaan belakang kendaraan anda.

Namun, saat ini sudah banyak pemilik sepeda motor yang menggunakan spion variasi untuk membuat kendaraannya terlihat lebih keren. Spion standar bawaan pabrik terlalu besar dan merepotkan.

Apalagi dalam keadaan macet, pastinya spion dengan ukuran standar membuat kerepotan saat bergerak. Terkadang spion motor sering menyentuh spion kendaraan lain saat berada pada jalan yang macet.

Baca Juga : Cara Merawat Motor Injeksi Agar Performa Mesin Bekerja Maksimal

Hal ini kerap membuat pengendara lain merasa jengkel. Alasan inilah mengapa spion standar tergantikan kedudukannya dengan spion variasi.

Tidak semua orang suka terhadap spion variasi. Selain harganya yang cukup tinggi, kualitasnya pun belum tentu bagus. Masih sering ditemui jika penggunaan spion variasi ini mudah rusak atau pecah.

Tips Memilih Spion Motor Variasi

Spion pada sepeda motor bukan semata-mata sebagai hiasan atau pelengkap. Namun fungsi spion cukup penting bagi pengendara, yaitu untuk menunjang keselamatan bagi pengendara.

Jika spion tidak ada pada sepeda motor, justru anda akan mendapatkan denda dari pihak yang berwajib. Setiap pabrik sepeda motor sudah memiliki desain spion masing-masing.

Spion membuat pengendara lebih aman karena bisa melihat kondisi bagian belakang kendaraan anda. Namun, tidak jarang masih banyak orang yang ingin mengganti spion standar karena berbagai alasan.

Baca Juga : Motor Injeksi Susah Hidup, Segera Cari Tahu Apa Penyebabnya 

Salah satunya karena tidak sesuai dengan selera pemilik motor. Sebenarnya mengganti spion standar dengan variasi boleh saja asalkan tidak mengurangi fungsi utamanya.

Berikut ini ada beberapa tips memilih spion variasi untuk motor anda. Sebaiknya pilih dengan mengutamakan fungsi dari spion itu sendiri.

Pilih Tipe Cermin Cembung

Pemilihan kaca spion perlu perhatian khusus. Sebab, masih banyak orang yang memilih spion motor tanpa memperhatikan jenis kacanya.

Sebaiknya pilih jenis cermin cembung agar spion bisa berfungsi dengan baik. Cermin cembung mampu menghasilkan bayangan tegak, tidak terbalik, dan memberikan tampilan belakang yang cukup luas.

Itulah alasan mengapa spion motor sebaiknya memilih jenis cermin cembung. Jika cermin berfungsi dengan baik, maka resiko keselamatan akan lebih meningkat.

Desain

Pemilihan spion motor variasi juga perlu memperhatikan dari sisi desainnya. Saat ini, desain spion semakin beragam sehingga pemilihannya pun cukup mudah.

Sehingga bagi anda yang kurang suka dengan spion bawaan pabrik, bisa memilih sesuai selera. Sebaiknya sesuaikan dengan jenis kendaraan yang anda gunakan.

Baca Juga : Jenis Warna Cat Motor, Pilih yang Awet dan Tidak Mudah Pudar

Misalnya saja untuk motor bergaya antik, bisa memilih spion jenis retro. Jika menginginkan spion variasi yang lebih fleksibel, bisa gunakan spion lipat.

Sedangkan bagi yang sering berkendara pada daerah rawan kemacetan, bisa memilih jenis spion variasi tomok. Memilih desain spion variasi yang tepat membuat fungsinya semakin maksimal.

Perhatikan Panjang Tangkai dan Material Spion

Tips memilih spion variasi berikutnya yaitu untuk selalu memperhatikan panjang tangkai dan material spion. Pemasangan spion dengan tangkai yang panjang berfungsi untuk memaksimalkan fungsi spion itu sendiri.

Biasanya jika motor menyenggol kendaraan lain yang biasanya pertama kali terkena yaitu bagian spionnya. Sebaiknya perhatikan material tangkai spion. Gunakan tangkai berbahan besi yang panjang dengan desain kuat.

Alasan Menggunakan Spion Variasi Motor

Setelah anda mengetahui tips memilih spion motor, cari tahu juga alasannya. Ada beberapa alasan mengapa sebagian besar orang memilih menggunakan spion variasi.

Beberapa alasan mengapa spion standar sering terganti dengan spion variasi setiap orang berbeda-beda. Desain yang simpel dengan cermin lebih lebar merupakan salah satu alasan mengapa memilih menggunakan spion variasi.

Baca Juga : Pelumas Rantai Motor Terbaik Berkualitas dengan Beragam Pilihan

Desain yang menarik akan menambah motor terlihat keren. Selain itu, spion variasi juga mampu memberikan pantulan cahaya yang menyilaukan. Ada banyak pilihan spion variasi yang bisa anda pilih. 

Mengganti spion motor variasi membuat tampilan kendaraan semakin sporty. Banyak alasan dimana spion variasi sering digunakan pada kendaraan saat ini.

Sebaiknya gunakan tips memilih spion yang tepat agar fungsinya bisa bekerja dengan maksimal. Pilih spion variasi sesuai kendaraan yang anda miliki. Spion motor variasi kini bisa anda dapatkan di beberapa toko otomotif. (R10/HR-Online)