Strategi Konten Marketing yang Menarik untuk Meningkatkan Penjualan

Strategi Konten Marketing yang Menarik untuk Meningkatkan Penjualan
Ilustrasi Strategi Konten Marketing. Foto: Ist/Net

Menemukan strategi konten marketing yang menarik bukanlah tugas yang mudah untuk mendongkrak penjualan produk. Namun sekali artikel Anda cepat terkenal, maka tinggal menghitung potensi keuntungan yang akan diraup.

Di era marketing digital saat ini, tak sedikit pelaku bisnis yang membangun website atau toko online untuk mendongkrak penjualan produknya. Seperti halnya para blogger atau media online, jumlah trafik atau pembaca menjadi ukuran sukses sebuah situs.

Namun dalam membangun situs bisnis, konsep berpikir para pelaku bisnis tentunya agak berbeda dengan blogger atau pengelola situs umumnya. Termasuk pandangan dalam mempercepat jumlah kunjungan ke situsnya.

Dalam strategi konten marketing untuk situs bisnis ibarat melepaskan sebuah peluru. Sekali ditembakkan harus mengenai sasaran yang tepat. Ini merupakan target minimalnya.

Baca juga: Contoh Promosi Produk dan Strategi Membuat Iklan Online yang Menjual

Namun pelaku bisnis yang cerdas akan berpikir lebih ambisius. Mereka akan berusaha agar sebuah peluru bisa juga mengenai 10 atau 100 target sekaligus. Dengan kata lain, sebuah konten ditargetkan akan langsung menjadi viral.

Cara Ampuh Membuat Konten Marketing Agar Cepat Viral

Berbeda dengan umumnya blog biasa, membangun strategi konten marketing untuk penjualan tidak bisa menggunakan cara yang biasa. Nah, berikut ini beberapa langkah cerdas bagaimana agar konten bisnis yang menarik dan menjadi populer.

Memanfaatkan Fasilitas Opensiteexplorer

OpenSiteExplorer merupakan layanan gratis yang disediakan oleh Moz.com. Fasilitas ini menyajikan informasi tentang konten dari berbagai situs yang dicari. Data ini cukup akurat dan Anda tinggal memilih situs yang paling menarik.

Caranya kunjungi laman moz.com/researchtools/ose kemudian tinggal mengetikkan situs populer yang ingin dicermati. Cermati data yang ditampilkan untuk dijadikan referensi Anda untuk strategi konten marketing yang menarik.

Memanfaatkan Google Trends

Fasilitas lain yang juga bisa dimanfaatkan adalah Google Trends. Layanan gratis yang disediakan Google ini cukup efektif untuk menemukan artikel atau konten yang sedang menjadi populer dan tren.

Menggunakan Situs BuzzSumo

Alternatif dalam menemukan referensi untuk strategi konten marketing yang menarik adalah dengan memanfaatkan website BuzzSumo. Melalui situs ini Anda bisa mencari bahan konten yang sedang populer sesuai produk Anda.

Baca juga: Lowongan Kerja Online Tanpa Modal yang Terbukti Menghasilkan

Untuk caranya tinggal mengunjungi BuzzSumo.com dan masukkan kata kunci yang sedang populer. Anda juga bisa langsung memasukkan nama situs. Pilih waktu 6 bulan atau lebih singkat dan akan ditampilkan situs yang populer.

Menemukan Situs dengan Konten Popular

Mencari situs yang sedang populer atau viral untuk membangun strategi konten marketing tidaklah sulit. Sebab banyak website yang mencantumkan artikel semacam ini di sidebar blog mereka. Anda tinggal mencari situsnya terlebih dahulu untuk menemukannya.

Namun agar artikel populer yang ada sesuai dengan produk jualan Anda sebaiknya sesuaikan pencarian Anda dengan niche atau topik usaha Anda. Setelah itu Anda tinggal membuat konten sejenis dan mengampanyekannya.

Membagikan Konten Marketing Agar Cepat Viral

Dari berbagai referensi di atas tentunya Anda sudah mendapatkan banyak referensi yang bisa dijadikan bahan untuk strategi konten marketing yang menarik. Bahkan dengan teknik tertentu Anda bisa membuatnya lebih baik lagi.

Baca juga: Peluang Usaha Sampingan di Rumah yang Menghasilkan untuk Penulis

Langkah selanjutnya yang tak kalah pentingnya adalah membagikan konten atau artikel yang telah Anda buat. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk menjangkau sebanyak mungkin orang yang ditargetkan.

Diantaranya Anda bisa menyebarkan link konten marketing Anda saat membuat update status di Facebook atau di Twitter. Untuk Facebook, Anda perlu bergabung dengan banyak grup yang ada sesuai jenis produk Anda.

Itulah beberapa langkah penting dan mendapatkan referensi yang tepat untuk membangun strategi konten marketing yang menarik. Jika artikel Anda menjadi viral, maka potensi untuk mendapatkan keuntungan tentunya akan semakin besar. (R11/HR-Online)

Loading...