Senin, Juni 27, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariSungai Ciputrahaji Tercemar Limbah, Pemkab Ciamis Diminta Bertindak

Sungai Ciputrahaji Tercemar Limbah, Pemkab Ciamis Diminta Bertindak

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Warga Blok Kedungbaju, Dusun Sindanglaya, Desa Sindangsari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, mengeluhkan Sungai Ciputrahaji yang kini tercemar limbah.

Bahkan, beberapa hari terakhir air sungai yang mengalir membelah Kecamatan Banjarsari dan Pamarican ini ditemukan banyak ikan yang mati.

Trisno, salah satu warga, mengatakan, air sungai yang tercemar tersebut warnanya berubah dan mengeluarkan bau tak sedap.

“Pencemaran air ini diduga akibat limbah dari pabrik tahu. Padahal, sungai ini menjadi sumber kehidupan, baik untuk pertanian, perikanan serta lainnya,” kata Trisno kepada HR Online, Kamis (13/8/2020).

Baca juga: Warga Banjarsari Ciamis Harapkan Normalisasi Saluran Sungai Ciputrahaji

Dengan keadaan seperti itu, ia khawatir kesehatan juga terganggu akibat ini, apalagi sering digunakan untuk mencuci pakaian maupun mandi menjelang musim kemarau ini.

Trisno mengharapkan agar pemerintah turun tangan melalui dinas terkait agar persoalan tersebut segera diatasi dengan mencari sumber limbah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, tidak hanya di Kedungbaju yang terdampak, namun di wilayah Sindanglaya, Pahauran, Sukajadi dan Sukamukti juga terkena. (Suherman/R6/HR-Online)

- Advertisment -