Tengkleng, Olahan Daging yang Menggoyang Lidah

Tengkleng, Olahan Daging yang Menggoyang Lidah

Berita Kuliner, (harapanrakyat.com).- Tengkleng, Olahan Daging yang Menggoyang Lidah. Perayaan Hari Raya Idul Adha dilakukan sampai dengan tanggal 13 Dzulhijjah atau tepatnya di Hari Senin 3 Agustus 2020.

Artinya, sampai tanggal tersebut Anda masih bisa melakukan penyembelihan hewan kurban dan memasaknya dengan berbagai macam jenis masakan, salah satunya adalah Tengkleng.

Bahan-bahan untuk Membuat Tengkleng

Jika Anda berminat untuk membuat masakan Tengkleng, maka ada bahan-bahan yang mesti dipersiapkan. Diantaranya adalah daging iga kambing seberat 400 gram dan dipotong sepanjang 3 cm.

Setelah itu, siapkan juga babat kambing seberat 150 gram lalu dipotong-potong sepanjang 2 cm dengan bentuk kotak-kotak. Potongan tersebut kemudian Anda rebus sampai dirasa telah empuk.

Jangan lupa untuk mempersiapkan paru-paru kambing seberat 150 gram, juga dipotong-potong berbentuk kotak sepanjang kurang lebih 2 cm. Kemudian direbus sampai terasa empuk.

Sediakan juga daun salam sebanyak dua lembar beserta kayu manis yang panjangnya kurang lebih 3 cm. Anda juga membeli bunga pekak sebanyak dua biji. Sediakanlah dua buah lengkuas yang telah dimemarkan sebelum dicampurkan.

Anda juga perlu untuk menyediakan daun jeruk sebanyak 6 lembar dan dipisahkan dengan bagian tulangnya.

Sediakan juga serai sebanyak 3 batang lalu ambil bagian yang berwarna putih langsung memarkan serta air sebanyak 2.250 ml.

Kemudian, sediakan juga garam sebanyak dua sendok makan dan satu setengah untuk gula pasir. Bumbu Tengkleng lebih lezat bila terasa pedas dengan cabe rawit sebanyak 8.

Perlu juga untuk menyiapkan santan sebanyak 250 ml yang diambil dari seperempat buah kelapa. Siapkan juga minyak untuk menumis bahan-bahan tersebut.

Penting disiapkan bumbu halus, seperti 8 siung bawang merah dan 4 untuk yang putih. Kemiri sebanyak 4 biji lalu sangria.

Kemudian ambil satu sendok teh ketumbar bubuk, setengah jintan, jahe sepanjang 2 cm dan yang terakhir adalah kunyit bakar.

Cara Memasak Tengkleng

Jika sudah mempersiapkan segala macam bumbu Tengkleng, maka selanjutnya adalah bagaimana cara memasaknya.

Pertama-tama adalah, Anda harus memanaskan minyak untuk menumis bumbu-bumbu yang telah disediakan hingga bau wanginya tercium.

Setelah harum, Anda bisa memasukkan daging babat, iga dan paru-paru kambing. Setelah itu aduklah hingga warnanya berubah, lalu tambahkanlah air.

Selanjutnya, aturlah api agar tidak terlalu besar dan diaduk sampai terasa empuk dagingnya. Setelah itu Anda bisa menambahkan merica, gula pasir, garam dan cabai lalu aduklah sampai merata.

Jika dirasa sudah rata, maka langkah selanjutnya adalah masukan santan lalu aduk kembali sampai Tengkleng mendidih. Setelah itu Anda bisa menyantapnya bersama dengan anggota keluarga. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...