Tombol Power Rusak pada HP, Begini Cara Mengatasinya!

Tombol Power Rusak
Ilustrasi Tombol Power Rusak, Foto: Istimewa

Tombol power rusak, tentu saja membuat kita merasa kesulitan ketika hendak menggunakan HP (Handphone). Padahal, tombol power ini merupakan salah satu bagian paling penting pada HP.

Maka dari itulah, bila tombol power tersebut mengalami gangguan, HP tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Terdapat banyak faktor yang menyebabkan tombol power bermasalah.

Salah satunya karena jalur tombol power yang putus atau tidak terhubung. Bagaimana tombol power dapat berfungsi apabila jalur tombolnya terputus?

Putusnya jalur tombol power ini pun juga disebabkan oleh berbagai macam faktor. Misalnya saja karena terkena cairan seperti minyak atau air yang mana dapat menimbulkan kerak atau karat.

Cara Mengatasi Tombol Power Rusak pada HP

Kerusakan ini juga terjadi karena jalur power short korsleting atau terjadi arus pendek. Tombol power yang mengalami kerusakan semacam ini sangat mudah mengetahuinya.

Baca juga: Tombol Volume HP Tidak Berfungsi, Begini Cara Mengatasinya

Salah satunya terlihat tanda tombol power akan hidup sendiri dan nantinya mati sendiri tanpa adanya perintah. Terkadang tanpa kita sadari faktor kerusakan ini dapat terjadi kapan saja pada HP kita.

Maka dari itulah, kita harus siap dengan segala kerusakan yang akan terjadi. Tak perlu merasa khawatir dengan tombol power yang tidak berfungsi secara baik.

Pasalnya, terdapat berbagai macam cara untuk mengatasinya. Sebagai bentuk penanggulangannya, berikut ini kami rangkumkan untuk anda cara mengatasi tombol power yang bermasalah.

Cek Tombol Power

Cek tombol power rusak terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memperbaikinya merupakan keputusan yang paling tepat. Sebab, tanpa kita melakukan pengecekan tidak kita sadari terdapat benda kecil keras yang tertinggal.

Seperti halnya batu maupun kotoran yang lainnya menempel pada sela-sela tombol power. Sehingga fungsi dari tombol power menjadi terganggu.

Selain itu, juga karena HP yang tidak sengaja tergeser atau terbentur. Karena geseran dan benturan pada kerangka atau casing inilah, tombol power menjadi tidak berfungsi dengan baik.

Mengaktifkan Assistive Touch pada HP

Salah satu cara yang untuk mengatasi tombol power rusak yaitu dengan mengaktifkan Assistive Touch pada HP. Assostive Touch ini merupakan salah satu fitur pada HP.

Akan tetapi, fitur Assistive Touch ini tidak semua HP memilikinya. Sehingga untuk mengatasi tombol power yang bermasalah dengan cara ini tidak dapat melakukannya pada sembarangan HP.

Assistive Touch merupakan aplikasi bawaan yang tersedia pada HP. Memiliki fungsi untuk menggantikan peran seperti halnya back, home, dan menu utama.

Selain itu, juga dapat berfungsi untuk menempatkan tombol shortcut, misalnya saja screenshoot serta tombol shortcut lainnya. Biasanya fitur Assistive Touch ini terdapat pada HP merek Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, dan merek HP ternama lainnya.

Menggunakan Button Mapper

Menggunakan Button Mapper juga dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi tombol power rusak. Meskipun fungsi Button Mapper sama dengan setting di HP, akan tetapi aplikasi ini jauh lebih lengkap.

Selain itu, juga memiliki pengaturan yang mana anda dapat mengesetnya untuk menggunakan aplikasi lebih fleksibel. Aplikasi Button Mapper ini juga dapat kita gunakan untuk menambah dan merubah beberapa fungsi tombol pada HP.

Baca juga: Cara Menggunakan Aplikasi 10 Rumah Aman, Pemutus Sebaran Covid-19

Tentu saja untuk fungsi-fungsi tersendiri. Pada dasarnya, tombol bisa berfungsi untuk mengaktifkan perangkat, mengatur volume, dari sleep, dan tombol untuk aplikasi lainnya.

Pastikan anda mengetahui bagaimana caranya untuk mengembalikan setting tombol HP yang sudah berubah. Terutama untuk melakukan pengaturan pada tombol power yang bermasalah.

Apabila terjadi kesalahan ketika setting pada bagian aplikasi kanan atas, maka janganlah khawatir dan panik untuk menghadapinya. Pasalnya terdapat setting untuk reset kembali ke Default.

Menggunakan Aplikasi

Cara lainnya untuk mengatasi tombol power rusak yaitu dengan menggunakan App Button. Dalam Play Store sebenarnya sudah tersedia beberapa macam aplikasi untuk mengubah fungsi tombol pada HP.

Baca juga: Penyebab Ghost Touch yang Jarang Diketahui dan Cara Mengatasi

Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Button Mapper. Untuk mendapatkan fungsi penuh, anda dapat membelinya.

Selain itu, anda juga dapat melihat aplikasi gratis maupun berbayar, yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan. Hal tersebut karena aplikasi tertentu tidak dapat memberikan jaminan untuk memperbaiki tombol power rusak. Maka dari itulah, anda harus mempertimbangkan penggunaan aplikasi dengan baik. (R10/HR-Online)

Loading...