Toto Marwoto Dilantik Jadi Pjs Sekda Kabupaten Ciamis

Toto Marwoto
Pelantikan Dr H Toto Marwoto sebagai Pjs Sekda Kabupaten Ciamis. Foto: Humas Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dr H Toto Marwoto dilantik dan diambil sumpah sebagai Pejabat Sementara (Pjs) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis, Rabu (19/8/2020).

Toto yang tadinya menjabat sebagai Asda Ekonomi Pembangunan, Kesejahteraan Rakyat (Ekbang Kesra) ditunjuk Bupati Ciamis Herdiat Sunarya untuk menjabat sebagai Pjs Sekda Kabupaten Ciamis.

Posisi Sekda Kabupaten Ciamis memang tengah kosong, lantaran Sekda sebelumnya, Asep Sudarman ditunjuk sebagai Staf Ahli Bupati.

Dr H Toto Marwoto, mengatakan, penunjukan dirinya sebagai Pjs Sekda Kabupaten Ciamis ini merupakan sebuah siklus tatanan pemerintahan.

“Ketika ada kekosongan jabatan Sekretaris Daerah harus segera diisi. Amanat yang tadi sudah disampaikan oleh Pak Bupati Ciamis akan saya laksanakan secepatnya,” kata Toto usai pelantikan. 

Menurut Toto, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengamanatkan agar segera dilakukan formulasi open biding pemilihan Sekda dan Pejabat Pratama.

“Sesuai amanat Pak Bupati, maka tahapan-tahapan itu akan segera dilakukan prosesnya sesuai dengan amanat Undang-undang yang sudah ada,” terangnya.

Toto juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Ciamis yang sudah mempercayakan dirinya sebagai pejabat sementara Sekda Ciamis untuk beberapa bulan ke depan. 

“Insyaallah amanat ini akan dijaga sebaik-baiknya apa yang menjadi harapan Bupati Ciamis akan segera terlaksana,” katanya. 

Toto menambahkan untuk open biding Sekertaris Daerah akan dibuka secara terbuka untuk semua ASN, tentunya orang yang memenuhi syarat dan ketentuan. Salah satunya usia 56 tahun.

“Bursa pemilihan Sekda akan dibuka secara terbuka dan tentunya akan dilakukan secepatnya,” katanya. 

Sementara itu, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan, pelantikan Pjs Sekda Ciamis dilakukan atas dasar aturan pemerintah.

“Kita lakukan pelantikan sesuai aturan pemerintah. Pejabat Sekda harus dilantik untuk melaksanakan tugas fungsinya sebelum Sekda baru ditunjuk nanti,” katanya.

Pelantikan Dr H Toto Marwoto sebagai Pjs Sekda Kabupaten Ciamis juga dihadiri oleh Wakil Bupati Yana D Putra, dan Kepala OPD Pemkab Ciamis. (Fahmi/R7/HR-Online)