Toyota Hilux Pick Up SUV Legenda Dengan Bodi Bongsor

Toyota Hilux Pick Up
Ilustrasi Toyota Hilux Pick Up. Foto: Istimewa

Toyota Hilux Pick Up merupakan salah satu SUV dengan pilihan single cabin dan double cabin. Mobil ini hadir dengan spesifikasi yang tangguh dan bahan bakar bensin atau solar. Varian pick up dari Toyota hadir untuk memenuhi persaingan pada pasar otomotif.

Sebelumnya Mitsubishi dan Ford sudah lebih dulu hadir dengan mobil andalannya. Ford memperkenalkan Ford Ranger-nya. Kemudian All New Triton dari Mitsubishi juga ikut meluncur. Tidak ingin kalah dengan yang lain, Toyota Hilux juga mengaspal jalanan.

Generasi anyar pabrikan Jepang ini mulanya menjadi teka-teki. Sebab, Toyota membutuhkan waktu yang lama untuk meluncurkan pick up ini. Namun sebenarnya hal ini bukan masalah bagi vendor raksasa asal Jepang.

Toyota Hilux Pick Up Single Cab dan Double Cab

Munculnya pick up pada pasar otomotif membuat banyak orang terpesona. Segenap nuansa baru telah hadir dan menyelimuti pick up dari Toyota. Mulai dari eksterior yang terlihat menawan hingga desain interior yang nyaman.

Baca Juga : Mobil Wuling Hongguang Mini EV, Bertenaga Listrik Harga Setara CBR

Nama Hilux menjadi salah satu jamuan otomotif terbaik. Sebelumnya ada beberapa pick up yang telah mendominasi pasar otomotif Indonesia. Seperti Mitsubishi Triton, Ford Ranger, hingga Nissan Navara.

Kemudian Toyota Hilux Pick Up mengaspal jalanan Indonesia pada tahun 2009. Kehadirannya justru mendapat sambutan yang sangat baik. Sehingga banyak orang yang terpesona dengan ketangguhan pick up ini.

Spesifikasi Eksterior

Pick up pabrikan Jepang ini tampil garang dengan dimensi yang bongsor daripada generasi sebelumnya. Pada bagian headlamp telah menggunakan ukuran besar dengan bentuk trapesium.

Kemudian bentuknya juga melebar agak ke atas. Lalu beralih ke bagian front grill yang menggunakan desain besi bertingkat. Untuk double cab menggunakan aksen krom, sedangkan single cab menggunakan black doff.

Toyota Hilux Pick Up juga menempatkan foglamp dengan ukuran besar sehingga membuat tampilan depan lebih manis. Lalu sebagai penyempurna, Toyota menggunakan bumper yang dinamis. Kemudian melirik bagian samping yang terlihat kaku dengan adanya lekukan bodi.

Berbeda halnya dengan bagian belakang yang mendapat sentuhan minimalis. Lalu terdapat part tambahan berupa baja pada bagian bawah. Kemudian warna silver membalut bagian bak sehingga terlihat elegan.

Interior Mewah dan Kapasitas Mumpuni

Toyota merancang pick up dengan interior yang mumpuni. Padahal mobil ini akan menyasar para pengguna seperti pekerja lapangan. Namun bagian interior tetap menjadi keunggulan.

Baca Juga : New Toyota Hilux Meluncur di Indonesia dengan Mesin 2400cc

Material kulit telah membalut bagian setir dan tersedia panel instrumen yang informatif. Toyota Hilux Pick Up melengkapi bagian dashboard menggunakan layar touchscreen 6.1 inchi. Layar ini telah terintegrasi dengan iPod.

Kemudian beralih ke bagian kabin yang mampu menampung hingga empat orang. Untuk varian single cab hanya memiliki extra cab, lalu bagian belakangnya berfungsi sebagai bagasi. Varian single cab dapat menampung sekitar 2 orang.

Dimensi Hilux Pick Up

Hilux Pick Up memiliki panjang sekitar 5.2855 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi sekitar 1.825 mm. Dimensi ini menunjukkan bahwa pick up dari Toyota memang bongsor.

Untuk varian single cab, Toyota menghadirkan ukuran yang lebih ramping. Panjangnya mencapai 4930 mm, lebar sama yaitu 1.800 mm, dan tinggi sekitar 1.685 mm.

Performa Mesin

Toyota Hilux Pick Up mengusung dua varian yakni tipe diesel dan tipe bensin. Untuk tipe diesel telah menggunakan mesin DOHC 4 silinder in Line 16 Valve. Mesin dengan tenaga diesel ini masuk dalam jenis Toyota 2KD-FTV.

Mesin tersebut memiliki kapasitas sebesar 2494 cc dengan semburan tenaga mencapai 144 ps. Semburan tenaga tersebut didapatkan pada putaran mesin 3400 rpm. Proses pembakaran pada ruang mesin lebih sempurna karena telah menggunakan teknologi Fuel Injection.

Varian mesin yang kedua adalah tipe bensin dengan DOHC Dual VVT-i 4 silinder In Line 16-Valve. Mesin yang tersemat adalah tipe Toyota 1TR-FE. Kapasitasnya mencapai 1.998 cc dengan semburan tenaga 139 ps pada 5.600 rpm.

Mesin ini juga telah menggunakan teknologi Fue Injection yang membuat BBM lebih hemat. Keduanya juga memiliki harga yang berbeda. Untuk varian double cab memiliki harga yang lebih tinggi.

Toyota Hilux Pick Up single cab memiliki harga sekitar Rp 231 juta hingga Rp 341 juta. Sedangkan double cab memiliki harga sekitar Rp 426 juta hingga Rp 485 juta.

Baca Juga : Esemka Garuda 2.0 Siap Mengaspal Dengan Jenis SUV
Loading...