Jumat, Januari 28, 2022
BerandaBerita NasionalUang Baru Pecahan Rp75.000 Resmi Diterbitkan BI dan Kemenkeu

Uang Baru Pecahan Rp75.000 Resmi Diterbitkan BI dan Kemenkeu

Berita Nasional (harapanrakyat.com),- Uang baru pecahan Rp75.000 resmi diterbitkan Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Uang baru ini diluncurkan bertepatan dengan peringatan HUT RI ke-75, Senin (17/08/2020).

Dalam acara peluncuran tersebut, Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, mengatakan, uang baru ini berbentuk kertas. Nominalnya Rp75.000, dan jumlah yang bakal dicetak mencapai 75 juta lembar. Pecahan uang tersebut resmi dan sah sebagai alat pembayaran.

Sri Mulyani juga menjelaskan, pengeluaran uang baru pecahan Rp75.000 ini khusus dalam rangka memperingati kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2020.

Hal tersebut sebagai salah satu bentuk syukur atas anugerah kemerdekaan. Termasuk pencapaian-pencapaian yang sudah dilakukan selama Indonesia merdeka 75 tahun lamanya.

Selain itu, peluncuran uang baru ini juga sebagai bentuk rasa syukur atas pencapaian usia 75 tahun Republik Indonesia. Walaupun saat ini kondisinya masih dalam pandemi Covid-19.

Lebih lanjut Sri Mulyani mengatakan, tujuan peringatan HUT Kemerdekaan RI ini untuk memperteguh masyarakat menjaga kebhinekaan dan kesatuan Negara Republik Indonesia.

Selain itu, untuk menambah serta meningkatkan semangat dalam menyongsong masa depan. Tentunya pemerintah pun akan selalu mendukung untuk mencapai tujuan kemerdekaan RI.

Filosofi Gambar dalam Uang Baru Pecahan Rp75.000

Bentuk rasa syukur terlukis dalam gambar yang ada pada uang pecahan baru. Yakni peristiwa pengibaran sang saka merah putih saat proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus tahun 1945 silam.

Gambar yang ada di dalam uang baru tersebut menampilkan foto Soekarno-Hatta sebagai sang Proklamator RI, dan gambar gunungan. Gambar tersebut punya filosofi sebagai permulaan NKRI yang baru saja diproklamasikan.

Sri Mulyani menegaskan, momentum ini harus dimanfaatkan guna menumbuhkan optimisme serta semangat untuk membangun. Hal tersebut demi menggapai cita-cita dari kemerdekaan.

Meskipun, dalam perjalanan negara dan bangsa ini selalu dihadapkan dengan berbagai tantangan serta kendala kehidupan. Termasuk harus mampu menghadapi tantangan Covid-19.

Uang Baru Miliki 3 Tema dan Makna Filosofi

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, menyatakan, rupiah bukan cuma digunakan sebagai alat pembayaran yang sah saja. Tapi rupiah juga sebagai simbol karakteristik dan identitas Indonesia.

Adapun uang baru pecahan Rp75.000 ini punya 3 tema serta makna filosofi. Yaitu, mensyukuri kemerdekaan NKRI, memperteguh kebhinekaan, serta menyongsong masa depan.

Perry juga menjelaskan, setiap lembar rupiah itu mengandung identitas serta karakteristik bangsa Indonesia yang harus dibanggakan dan dilestarikan.

Uang Peringatan Kemerdekaan RI Dikeluarkan 25 Tahun Sekali

Bank Indonesia (BI) bersama Kementerian Keuangan RI resmi menerbitkan uang baru edisi spesial yang diluncurkan tepat di hari peringatan kemerdekaan RI ke-75.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, menjelaskan, pengeluaran uang baru yang bertepatan dengan peringatan HUT RI ini merupakan kali keempat.

Pertama dilakukan pada HUT Kemerdekaan RI ke-25 tahun 1970. Lalu, pada saat peringatan HUT RI ke-45 tahun 1990, dan tahun 1995 saat HUT RI ke-50.

Lanjut Perry, pengeluaran uang baru edisi khusus peringatan HUT Kemerdekaan RI akan dilakukan 25 tahun sekali. Uang baru edisi khusus HUT RI yang dikeluarkan kali ini berbentuk uang kertas. Nominalnya 75.000, sesuai dengan usia 75 tahun Indonesia merdeka.

Ia menambahkan, pengeluaran serta pengedaran uang baru pecahan Rp75.000 ini adalah bagian dari rencana pada pencetakan uang di tahun anggaran 2020.

Perencanaan tersebut telah dilakukan sejak tahun 2018 lalu. Hal inipun sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia berdasarkan pada ketentuan serta tata kelola yang sesuai Undang Undang mata uang. (Eva/R3/HR-Online)

- Advertisment -