Usaha Kecil Menengah, Kelebihan dan Kekurangan Beserta Contohnya

Usaha Kecil Menengah
Ilustrasi Usaha Kecil Menengah. Foto Ist/net

Usaha kecil menengah atau UKM adalah usaha penggerak perekonomian negara dengan kontribusinya yang sangat besar. Kontribusi yang sangat besar ini meliputi penyerapan produk domestik, tenaga kerja dan juga pemenuhan keperluan masyarakat secara luas.

Meskipun usaha ini terbilang usaha dengan skala kecil, akan tetapi mampu memberikan keuntungan yang tidak sedikit untuk pelaku usaha yang menggelutinya. Lalu apa saja contoh UKM yang dapat berjalan atau menjadi pilihan untuk terjun ke dalam dunia bisnis?

Usaha Kecil Menengah

Sebelum mengetahui ide usaha UKM yang dapat memberikan keuntungan besar, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa itu UKM. UKM adalah segala jenis usaha yang mencakup usaha mikro atau UMKM.

Jenis usaha ini meliputi usaha produktif yang pelakunya adalah perorangan atau badan usaha milik perorangan. Perbedaan UMKM dengan perusahaan besar adalah dapat dengan mengetahui jumlah omset keuntungan selama satu tahun.

Baca juga: Cara Jualan Online untuk Pemula Tanpa Modal Bisa Jadi Peluang Usaha

Indonesia adalah salah satu negara dengan pelaku UMKM terbesar, yakni sekitar 58,87 juta penduduk yang menggelutinya. Pelaku usaha kecil menengah tiap tahun selalu bertambah.

Penyebabnya beragam, mulai dari perkembangan zaman hingga jenis usaha UMKM adalah usaha yang tidak membutuhkan modal yang besar. Jenis UMKM hanya membutuhkan modal tak lebih dari 50 juta rupiah.

Meskipun para pelaku usaha ini terbilang mikro dan menengah, kehadiran mereka sangat penting sebagai roda penggerak ekonomi global Indonesia.

Kelebihan UKM

Jika bersanding dengan usaha skala besar, UKM dan UMKM mempunyai sejumlah kelebihan. Anda dapat memaksimalkan keuntungan yang cukup besar dengan menggeluti bisnis ini, antara lain:

Cepat Berinovasi

UMKM dan UKM mempunyai kesempatan dalam mengeksekusi ide yang baru serta unik. Hal ini tentu karena cara operasionalnya tak serumit perusahaan besar.

Baca juga: Pemprov Jabar Targetkan 2 Juta Pelaku UMKM Dapat Bantuan

Hanya dengan menemukan ide yang segar, maka anda dapat lebih mudah dalam merogoh pasaran dan menarik minat dari para calon pelanggan usaha kecil menengah anda.

Fokus pada Satu Bidang Usaha

Kelebihan usaha ini adalah bisa lebih fokus pada bidang yang sedang anda geluti. Misalkan anda sedang menjalankan bisnis kuliner, maka usaha anda tersebut akan lebih mudah orang kenal. Sehingga akan mendapatkan pelanggan setia dengan cukup mudah.

Mudah Untuk Memulai

Modal kecil adalah salah satu kelebihan dari usaha ini. Sehingga, dengan modal yang seadanya, cukup untuk membuka usaha yang menguntungkan.

Kekurangan UKM

Setiap usaha yang memiliki kelebihan, tentu juga memiliki kekurangan. Kekurangan atau sebut saja kelemahan dari usaha kecil menengah adalah sebagai berikut:

Biaya Operasional Terbatas

Modal awal yang kecil akan mempengaruhi biaya operasional usaha. Apabila tak pandai mengatur dan mengelolanya, maka anda dapat gagal dalam mengembangkan bisnis ini.

Tenaga Ahli yang Minim

Usaha yang anda jalankan jenis UKM ini adalah minim tenaga ahli yang profesional. Namun, karena UKM hanya mempunyai modal yang kecil, biasanya pelaku UKM tak memerlukan poin ini. Sehingga, biasanya usaha sulit untuk berkembang dengan baik.

Kapasitas Produk Sedikit

Tenaga produksi dan modal yang terbatas akan menjadikan produksi juga terbatas. Sehingga, pelaku usaha tidak terlalu berani mengambil pesanan dalam skala besar.

Contoh Usaha Kecil Menengah

Melihat dari ruang lingkup jika UKM dan UMKM adalah bisnis yang berasal dari produksi kecil, bukan berarti jika usaha ini memiliki keuntungan yang sedikit.

Sudah banyak orang atau pelaku UMKM yang akhirnya sukses hingga meraup omset ratusan juta rupiah tiap tahunnya. Lalu, apa saja contoh usaha dalam kategori UMKM yang menguntungkan? Berikut adalah deretannya.

Usaha Bubur Ayam

Salah satu usaha jenis UKM atau UMKM adalah bubur ayam. Modal yang anda perlukan untuk memulai bisnis ini cukup kecil. Namun, keuntungan yang akan anda peroleh tidak main-main.

Baca juga: Usaha Budidaya Ikan Sistem Bioflok Lebih Menguntungkan, Ini Alasannya!

Usaha kecil menengah yang dapat anda geluti seperti berjualan bubur ayam bisa anda mulai dengan modal gerobak yang telah terpakai atau bekas.

Anda juga dapat memakai etalase yang sederhana serta melengkapi peralatan masak dengan alat yang sederhana, seperti dandang dan kompor.

Usaha Tas Handmade

Tas adalah salah satu barang yang wajib bagi seseorang. Apalagi tas yang anda tawarkan adalah tas handmade yang kualitasnya sangat baik. Usaha ini cukup potensial berkembang untuk masyarakat Indonesia saat ini.

Tak jarang, kesuksesan anda akan sampai pada pasar ekspor. Modal yang dapat anda keluarkan untuk mendirikan usaha UMKM ini adalah cukup kecil sekitar 1 juta sampai 5 juta rupiah. Modal tersebut untuk membeli keperluan seperti mesin jahit dan juga bahan-bahan untuk tas.

Usaha Minuman

Usaha UKM selanjutnya yang dapat anda geluti adalah usaha minuman. Permintaan pasar tentang minuman yang kekinian menjadi salah satu ide usaha terbaik untuk anda geluti.

Saat ini, banyak pelaku usaha kecil menengah yang terjun dalam usaha ini. Modal yang kecil serta cocok untuk anda jalankan sebagai pemula.

Akan tetapi, jenis usaha ini memiliki persaingan yang cukup ketat. Masalahnya, banyak pelaku usaha UMKM yang terjun ke dalam bisnis yang menggiurkan ini.

Untuk anda agar dapat bersaing dengan para pelaku usaha lainnya, maka penawaran produk yang inovatif harus menjadi keunggulan anda.

Jual Baju Bayi dan Anak

Usaha ini adalah usaha yang cukup menjanjikan untuk anda lakukan. Banyaknya bayi yang lahir setiap tahun menjadi sebuah potensial market tersendiri.

Alasannya, dengan tingginya permintaan pasar yang lumayan besar serta tumbuhnya karakter masyarakat. Umumnya mereka ingin memberikan baju terbaik untuk buah hati, usaha kecil menengah ini sangat menjanjikan untuk meraup keuntungan.

Usaha Aksesoris Fashion

Aksesoris seperti gelang, kalung, cincin, atau bros untuk jilbab dapat menjadi aksesoris pilihan anda dalam membuka UMKM. Peluang bisnis ini sangat menjanjikan karena permintaan pasar yang lumayan banyak.

Bahkan, perubahan dan juga perkembangan selera dari banyak perempuan seperti tampil modis dan bergaya trendi inilah yang menjadikan usaha ini berkembang pesat.

Banyak pelaku yang menggelutinya dan menjadi sukses dengan keuntungan yang tak sedikit. Banyak pula bermunculan pengusaha handycraft yang telah bertengger sukses dalam melakoni usaha ini.

Usaha Camilan Kemasan

Usaha kecil menengah bidang kuliner adalah usaha paling banyak peminatnya. Jenis usaha kuliner tak akan pernah mati dan kehabisan pelanggan. Modal yang anda butuhkan untuk membuat snack kemasan cukup ringan.

Anda hanya perlu menawarkan kemasan menarik serta promosi yang lancar pada media-media sosial. Selain itu, anda juga dapat mencari mitra bisnis yang cocok untuk meningkatkan produksi anda. Bisnis ini cukup menjanjikan keuntungan besar dan sudah banyak yang sukses saat menggelutinya.

Usaha Florist

Bunga banyak sekali peminatnya, terutama untuk acara-acara tertentu. Merangkai bunga dan menjualnya dapat anda lakukan agar memperoleh keuntungan yang besar. Peluang usaha ini nyatanya cukup menjanjikan dan banyak para pelaku usaha yang menggelutinya.

Budidaya Ikan

Jenis UKM yang terus tumbuh dan juga berkembang adalah budidaya ikan. Tingkat konsumsi masyarakat akan ikan yang terus bertambah dan permintaan meningkat tiap tahun adalah alasan mengapa harus menggeluti usaha ini.

Baca juga: Wabup Ciamis Minta Izin Legalitas Produk UKM Harus Cepat dan Murah

Keuntungan yang akan anda peroleh dari usaha kecil menengah tidak main-main jumlahnya. Anda juga tak perlu memiliki lahan yang luas dalam membudidayakan ikan. Cukup memanfaatkan luas pekarangan rumah untuk memperoleh keuntungan yang lebih.

Usaha Sepatu

Target dari pelaku usaha sepatu ini adalah kalangan anak muda. Usaha ini mempunyai peluang yang menjanjikan karena tuntutan zaman yang serba fashionable. Sepatu adalah salah satu trend fashion yang paling banyak peminatnya.

Usaha Souvenir

Bagi anda yang mempunyai kreatifitas atau gemar membuat sesuatu yang unik, maka usaha ini sangat cocok untuk anda jalankan. Anda dapat menawarkan sepatu canvas, jaket lukis, scrapbook, dan masih banyak lagi.

Usaha kecil menengah ini sangat menjanjikan keuntungan lebih untuk anda. Modal awal yang kecil dapat memberikan keuntungan banyak bagi anda.

Usaha Katering

Jika anda tinggal atau lingkungan anda terdapat kos-kosan atau perkantoran, sebaiknya usaha UKM ini dapat menjadi salah satu pilihan. Banyaknya atau meningkatnya permintaan jasa katering harian ataupun kantoran ini dapat anda manfaatkan.

Bahkan keuntungan dapat anda peroleh lebih jika usaha kecil menengah ini anda mulai dari rumah. Anda hanya cukup menyajikan masakan dengan cita rasa lezat dan lakukan promosi jitu agar usaha anda semakin menguntungkan. (R10/HR-Online)

Loading...