Wifi Tersimpan Tapi Tidak Terhubung, Berikut Ini Cara Mengatasinya

Wifi Tersimpan Tapi Tidak Terhubung
Ilustrasi Wifi Tersimpan Tapi Tidak Terhubung, Foto: Istimewa

Wifi tersimpan tapi tidak terhubung di Android tentunya menjadi tanda tanya bagi kita yang mengalaminya. Menjadi hal yang aneh memang, ketika jaringan wifi tersimpan tetapi tidak dapat tersambung.

Sebagai pengguna Android yang memanfaatkan jaringan wifi, pastinya ini menjadi permasalahan. Pasalnya, penggunaan jaringan internet terganggu dan tidak dapat maksimal.

Dewasa ini, wifi sudah menjadi salah satu fitur konektivitas yang wajib ada di dalam perangkat Android. Fitur ini memberikan kita banyak kemungkinan yang sangat menguntungkan.

Mulai dapat mengakses internet yang lebih cepat, murah, dan tentunya juga semakin stabil. Dapat menemukan tempat dengan adanya fasilitas free wifi tentunya menjadi hal yang sangat menyenangkan.

Akan tetapi, ini dapat berubah begitu saja ketika tahu wifi sudah tersimpan tetapi tidak dapat tersambung. Bahkan kadang kala tiba-tiba putus nyambung atau tidak dapat terhubung sama sekali.

Cara Mengatasi Wifi Tersimpan Tapi Tidak Terhubung

Sebenarnya terdapat banyak hal yang dapat menjadi penyebab mengapa wifi tidak dapat terhubung ke Android. Penyebab yang sering umum terjadi karena jangkauan router wifi ke Android terlalu jauh.

Baca juga: Bahaya WiFi Publik Bagi yang Suka Belanja Online

Bisa juga disebabkan karena tumpukan cache atau sampah elektronik yang ada pada aplikasi serta masih banyak lagi penyebab atau gangguan yang lainnya.

Namun, bila anda mengalaminya tak perlu khawatir, sebab terdapat cara mudah untuk mengatasinya. Berikut ini adalah cara dan tipsnya yang bisa anda lakukan.

Airplan Mode serta Lakukan Reboot

Cara mengatasi wifi tersimpan tapi tidak terhubung yang bisa dilakukan adalah dengan airplane mode serta melakukan reboot. Cara ini merupakan hal yang paling sederhana untuk anda lakukan.

Langkah yang dapat kita mulai dengan cara ini yaitu pertama buka menu Pengaturan serta pilih Wifi. Silahkan untuk menonaktifkan serta mengaktifkan kembali sambungan wifi tersebut.

Lakukanlah cara yang sama pada perangkat router, bila yang mengalami gangguan adalah koneksi internet di rumah anda. Ketika mematikannya kurang lebih tunggulah hingga dua menit, kemudian hidupkan kembali.

Baca juga: Sering Gunakan Fasilitas WiFi Gratis di Tempat Umum? Intip Bahaya yang Mengintai

Solusi yang paling sederhana lagi adalah dengan mengaktifkan mode pesawat atau airplane. Tunggulah beberapa saat dan kemudian periksa kembali sambungan tersebut.

Step selanjutnya adalah dengan melakukan restart perangkat serta masuk ke safe mode. Kemudian coba sambungkan lagi ketika safe mode dan tunggu apakah dapat terhubung.

Bila sudah terhubung ke jaringan wifi tanpa adanya gangguan, maka restart kembali Android anda untuk masuk ke mode normal. Wifi tersimpan tapi tidak terhubung pun dapat diatasi dengan cara ini.

Menghapus Jaringan Wifi

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan menghapus jaringan wifi. Pertama, klik wifi, pilihlah wifi yang hendak anda koneksikan, kemudian klik lupa jaringan.

Selanjutnya anda dapat menghapus seluruh daftar jaringan wifi yang sudah tersimpan sebelumnya. Setelah seluruh daftar jaringan wifi ini terhapus, restart kembali Android anda.

Kemudian hubungkan kembali dengan wifi yang sudah tersedia. Jangan lupa untuk memasukkan password ulang, sehingga wifi tersimpan tapi tidak terhubung dapat diatasi dengan mudah.

Menggunakan Perangkat Lain

Apabila cara yang sederhana tidak dapat mengatasi permasalahan jaringan wifi anda, maka gunakan cara lain yang lebih mumpuni. Salah satunya adalah dengan menggunakan perangkat lain.

Untuk penggunaan perangkat lain ini misalnya dengan laptop atau smartphone Android lain yang anda miliki. Bila masih saja tidak bisa, maka terdapat sebuah kemungkinan adanya masalah pada router atau modem yang digunakan.

Akan tetapi, jika perangkat lain saja dapat menggunakan wifi tersebut, terdapat kemungkinan smartphone Android anda bermasalah. Hal ini tak lepas dari wifi tersimpan tapi tidak terhubung.

Baca juga: Lupa Password WiFi? Begini Cara Mudah Melihatnya di Android

Selain itu, anda juga dapat melakukan pengecekan wifi di Android anda dengan aplikasi tertentu. Demi mengetahui apakah perangkat wifi anda dapat berfungsi atau tidak bisa menggunakan aplikasi Phone Tester.

Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk mengetahui status berbagai perangkat yang terdapat di smartphone Android anda. Sehingga gangguan pada jaringan wifi anda dapat ditangani dengan cepat dan tepat.

Wifi tersimpan tapi tidak terhubung ini dapat diatasi dengan baik menggunakan cara tersebut. Pastikan bahwa anda memperhatikan cara-caranya dengan seksama. (R10/HR-Online)