Wisata Lembah Pajamben di Kota Banjar Sudah Dibuka Kembali

Lokasi wisata Lembah Pajamben di Desa Binangun, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar. Foto: Aji/HR.
Lokasi wisata Lembah Pajamben di Desa Binangun, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar. Foto: Aji/HR.

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Wisata Lembah Pajamben di Desa Binangun, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat. Di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) ini lokasi tersebut sudah dibuka kembali. Meski sudah ada pengunjung, namun tempat wisata ini belum ada pengelolanya.

Sekretaris Desa Binangun, Ecep Z Adha NH, mengatakan, pengelolaan objek wisata Lembah Pajamben belum dilakukan. Karena, pemerintah desa masih mencari pola untuk mengelolanya. Lokasi wisata tersebut sebelumnya sempat ditutup karena adanya wabah virus Corona.

“Meskipun sekarang sudah New Normal, tetapi belum ada pengelolaan dari desa. Pihak desa juga menunggu Lembah Pajamben ini pengelolaannya diserahkan ke desa,” ujarnya, kepada HR Online, Selasa (04/08/2020).

Lebih lanjut Ecep mengatakan, pihaknya juga masih meneliti seberapa banyak pengunjung di hari biasa dan hari libur. Kalau sudah diketahui jumlah rata-rata kunjungannya, maka pihak desa bisa mengerti hal apa saja yang harus dipersiapkan, jika wisata Lembah Pajamben dikelola kembali oleh pemerintah desa.

Untuk saat ini, kata Ecep, pengunjung yang datang belum dipungut retribusi tiket masuk, sehingga mereka bisa bebas keluar masuk. Namun, pihaknya mengimbau kepada para pengunjung agar tetap mentaati protokol kesehatan guna mencegah penularan virus Corona.

Sedangkan, mengenai perawatan lokasi wisata Lembah Pajamben agar tetap bersih, saat ini masih dilakukan secara swadaya bersama para relawan.

“Mudah-mudahan kedepannya dengan adanya objek wisata ini bisa meningkatkan PADes. Begutu pula perekonomian masyarakatnya dapat tergali melalui produk-produk unggulan yang ada di Desa Binangun khususnya,” pungkas Ecep. (Aji/R3/HR-Online)

Loading...