Ridwan Kamil Dorong Pangandaran Jadi Wisata Unggulan di Jabar

Wisata Unggulan di Jabar
Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Gedung Pakuan Bandung. Foto:: Humas Jabar

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Pemprov Jawa Barat (Jabar) bersiap membangkitkan pariwisata di Jabar pasca pandemi Covid-19. Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan mendorong Kabupaten Pangandaran menjadi wisata unggulan di Jabar.

Ridwan Kamil menilai Pangandaran dapat menjadi destinasi wisata unggulan guna meningkatkan perekonomian Jawa Barat. Pangandaran memiliki kekayaan alam yang indah, mulai dari sungai, gunung, persawahan dan pantai.

“Secara umum pasca pandemi Covid-19, Pangandaran dan Jawa barat akan kembali pulih. Jika Pangandaran didesain dan dirawat dengan baik perekonomian bisa pulih cepat,” ujar Ridwan Kamil di Webinar Ikatan Arsitek Laskap Indonesia, Sabtu (8/8/2020).

Menurut Kang Emil (sapaan Ridwan Kamil), kolaborasi dan kerjasama antara Pemerintah kabupaten Pangandaran dan Pemprov Jabar perlu dilakukan. Dukungan pusat sangat diperlukan untuk menjadikan Pangandaran sebagai etalase wisata unggulan di Jabar.

Pangandaran berpotensi besar untuk menarik banyak wisatawan. Karena umumnya yang berkunjung ke Pangandaran adalah wisatawan lokal dan wisatawan nusantara yang tak memerlukan transportasi udara. Ridwan Kamil optimis geliat wisata di Pangandaran dapat pulih dengan cepat.

Ridwan Kamil meminta agar even-even besar digelar di lokasi wisata Pangandaran. Sebab, dengan adanya even dapat berpengaruh terhadap tingkat hunian penginapan, kuliner bahkan berdampak pada perekonomian dan pendapatan masyakarat sekitar.

Didorong jadi Destinasi Wisata Unggulan di Jabar, Pangandaran Berbenah

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menyatakan kunci dari keberhasilan pariwisata dengan rutin merawat dan menata destinasi.  Pada tahun ini, Pangandaran akan menyambungkan Pantai Barat dan Batu Hiu dengan jalur pantai. Sehingga waktu yang ditempuh hanya 10-15 menit.

“Skywalk di Pantai Pangandaran akan segera dilakukan penataan. Pada  tahun ini rencananya mulai. Akan menyambungkan pantai barat dan batu hiu lewat jalur pantai,” kata Jeje.

Sementara itu, Ketua Pengurus Nasional IALI Dian Heri Sofian menuturkan jalan pedestrian di sepanjang Pangandaran akan dipercantik dengan area hijau. Tanaman yang digunakan adalah khas dari Pangandaran. Dalam melakukan pembanguan di Pangandaran, digunakan pembangunan berkelanjutan. Prinsip yang digunakan adalah profit, people dan planet (3P). (R9/HROnline)

Loading...