Wuling Hongguang X, SUV Desain Boxy Konfigurasi 7 Penumpang

Wuling Hongguang X SUV Desain Boxy Konfigurasi 7 Penumpang
Ilustrasi Wuling Hongguang X. Foto: Istimewa

Wuling Hongguang X semakin menjadi pelengkap jajaran produk dari merek otomotif global. Melalui PT SAIC General Motors Wuling, akhirnya SUV baru ini diperkenalkan ke publik.

Hongguang X ini dikenalkan dalam ajang Chengdu Auto Show 2020 di China. Meski masih berbentuk konsep, SUV yang hadir dengan desain mengotak atau boxy ini kabarnya akan segera dipasarkan.

Mobil ini akan diproduksi secara massal sebagai sebuah produk global. Seperti informasi yang dilansir dari Chinapev.com, Hongguang ini menjadi mobil konsep pertama dengan logo Wuling dan aksen silver.

Ini berarti Wuling siap untuk menggebrak pasar otomotif pada paruh kedua tahun 2020. Apalagi mobil ini memiliki desain yang unik dan bisa mengangkut hingga 7 penumpang.

Penampilan Wuling Hongguang X

Berdasarkan gambar yang banyak beredar, jika mobil ini dilihat dari bagian samping. Anda bisa melihat bahwa mobil ini mengusung desain yang mengotak.

Bentuk boxy ini membuatnya terlihat seperti mobil jeep. Sehingga dari sini kesan gagah yang ada pada mobil langsung terasa.

Under Guard mobil Hongguang X ini memiliki warna hitam doff yang tebal. Selain itu, dipenuhi pula dengan lekukan tajam. Hal ini menambah kesan gagah dari SUV konsep Wuling terbaru ini.

Disamping itu, dilengkapi pula dengan dua lampu sorot yang berada di atas kaca depan. Ini seakan menegaskan bahwa Hongguang X ini adalah sebuah SUV petualang.

Desain lampu depan atau headlamp Hongguang X ini dilengkapi dengan model lampu tumpuk. Di bagian atasnya ada garis strip LED putih.

Sedangkan untuk bagian bawahnya ada lampu besar yang bentuknya seperti huruf X. Ini akan membuat eksterior Wuling Hongguang X semakin memikat siapapun yang melihatnya.

Body Mobil

Pada bagian samping juga disematkan over fender hitam dengan pelek ukuran besar. Komponen ini semakin mempertegas status Hongguang X sebagai sebuah SUV.

Akan tetapi, hal yang paling menarik perhatian adalah pilar C yang dimiliki. Adanya pilar C pada Hongguang X memberikan kesan bahwa bodi belakang adalah bagian terpisah.

Selanjutnya, semua bagian bodi dan pilar C telah menggunakan warna merah yang sangat sporty. Sedangkan untuk pilar A,B,D dan bagian atap mengaplikasikan warna hitam.

Baca Juga : Toyota Vios Facelift Meluncur di Filipina, Seperti Ini Penampakannya

Dengan begitu, akan timbul kesan atap melayang atau floating roof. Ini seperti pada mobil SUV yang kekinian. Ada pula over fender yang berwarna hitam ditambah dengan lampu strip LED.

Bagian Belakang

Beralih ke bagian belakang Wuling Hongguang X, mobil ini telah dibekali dengan lampu strip merah yang memanjang di bagian pintu bagasi. Bagian tengah lampu tersebut telah menyematkan logo baru dari Wuling dengan warna silver.

Bumper belakang mobil ini juga terlihat sedikit menjorok ke luar. Sementara itu, bagian atasnya tampak spoiler yang menyatu dengan bagian atap.

Kesan sporty semakin terlihat pada bagian belakang mobil ini. Pasalnya, mobil ini memiliki desain pintu bagasi yang kaku. Ditambah dengan lampu berukuran besar yang didesain menyatu hingga ke tengah. Ada pula logo Wuling di tengah bagasi.

Satu hal yang membuat Wuling Hongguang X ini mendobrak arus adalah desain pintu bagian belakang yang bermodel suicide. Ini mirip dengan model bukaan pintu yang dipasang pada mobil Rolls Royce.

Dapur Pacu

Hongguang X ini hampir bisa dipastikan akan diproduksi secara massal. Desain mobil ini nantinya diprediksi tidak jauh beda dengan versi konsepnya.

Baca Juga : Mitsubishi Xpander Hybrid 2023 Versinya Siap Dihadirkan di Indonesia

Hongguang akan didapuk sebagai model paling tinggi diantara berbagai varian Wuling lain. Dengan begitu, besar kemungkinan mobil ini akan menjadi produk ekspor.

Bila kita membahas soal dapur pacunya, Hongguang X ini memiliki mesin yang tangguh. Sebab, diprediksi Wuling Hongguang X akan menyematkan mesin 1,8 liter turbo. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga maksimal kurang lebih 180 hp.

Selain itu, ada pula mesin 2.0 liter turbo. Dimana mesin ini bisa menghasilkan tenaga maksimal 220 hp. Sementara untuk versi produksi massal dari mobil ini, akan diumumkan tahun depan.

Sayangnya, sampai saat ini pihak Wuling masih belum memberikan informasi terkait fitur dan desain interiornya. Selain itu, spesifikasi lengkap mobil SUV dari Wuling ini juga belum bisa diketahui.

Meski demikian, jika melihat eksteriornya yang sporty dan gagah, tentu interiornya juga akan seimbang. Hal yang diketahui adalah mobil Hongguang X ini memiliki konfigurasi 7 penumpang.

Sampai sekarang pihak SGMW masih enggan menunjukkan seperti apa interior dan spesifikasi mobil ini. Kira-kira apa pendapat anda tentang Wuling Hongguang X ini?. (R10/HR-Online)

Loading...