Yamaha XT500 H20 Sepeda Motor Bertenaga Air, Benarkah Meluncur?

Yamaha XT500 H20
Ilustrasi Yamaha XT500 H20. Foto: Istimewa

Yamaha XT500 H20 telah diluncurkan sebagai konsep sepeda motor baru dari Yamaha. Pembaruan konsep ini nampaknya akan diluncurkan secara global.

Dilansir dari Drives Park, XT500 H20 merupakan reinkarnasi dari XT500 yang lebih modern. Sebelumnya konsep XT500 telah diluncurkan di masa lampau.

Sekitar tahun 1970-an motor tersebut muncul di permukaan dan laris di pasaran saat penjualan. Di era modern ini, Yamaha akan melakukan pembaruan. Dimana model XT500 akan meluncur di tahun 2025.

Yamaha XT500 H20, Sepeda Motor Canggih

Pembaruan dan peluncuran yang akan dilakukan oleh Yamaha ini langsung tersebar luas. Bahkan perkiraan waktu peluncurannya di tahun 2025 menjadi pertanyaan. Apa alasan peluncurannya membutuhkan periode 5 tahun?

Alasannya adalah motor ini akan dibekali dengan sistem powertrain. Dimana sistem yang akan digunakan berbeda dari yang lain. XT500 H20 akan dibekali dengan fitur canggih.

Baca Juga : Motor Matic Baru Yahonda, Kawin Silang Yamaha NMax dan Honda Beat

Fitur bertenaga air akan disematkan pada Yamaha XT500 H20. Hal ini memang benar dan telah direncanakan bahwa mesin yang akan dibawa adalah tenaga air. Namun cara kerja mesin ini masih belum dikonfirmasi oleh perusahaan.

Sebelum mengulas lebih lanjut tentang pembaruan Yamaha ini, hal yang perlu diketahui adalah XT500. Dimana motor ini dulunya adalah transportasi yang ikonik. Sepeda motor ini diproduksi sekitar tahun 1976 hingga 1989.

Motor ini juga telah dibekali dengan empat stroke mesin silinder tunggal. Dimana mesin yang digunakan telah mumpuni pada zamannya. Motor ini telah dibekali dengan mesin yang berkapasitas 499cc dan menyemburkan tenaga 31bhp.

Torsi puncak yang dihasilkan yakni 38Nm. Kemudian sepeda motor ini membawa desain ban knobby dengan ukuran 21 inch dan 18 inch. Ban tersebut telah disematkan pada bagian depan dan juga belakang. Desain yang elegan untuk sepeda motor kelas Yamaha.

Baca Juga : Yamaha EC 05, Skuter Listrik Keren yang Bisa Diakses Pakai Kartu

Kecepatan tertinggi yang dihasilkan dari sepeda motor ini mencapai 160kph. Kemudian akan kembali diluncurkan dengan produk baru gaya retro. Desain Yamaha XT500 H20 ini juga akan dimodifikasi dengan tujuan tertentu.

Terdapat tiga model desain yang berbeda. Diantaranya adalah konsep sepeda motor cerdas yang akan meluncur di masa depan. Kemudian konsep kedua yakni versi ringan yang elegan. Sehingga sangat berbeda dengan versi tua.

Untuk konsep yang ketiga memiliki kelebihan dibandingkan dengan motor lainnya. XT500 H20 nantinya aman membawa desain yang konvensional. Namun desain yang dibawa tidak terlalu signifikan.

Yamaha XT500 H20 Meluncur Dengan Teknologi Canggih

Yamaha memang tidak pernah lepas dari desain anyar yang mengesankan. Untuk XT500 H20 juga akan dibekali dengan teknologi canggih. Bagian kemudi dan suspensi dari motor ini tidak akan tersambung.

Hal ini bisa digunakan motor untuk menghadirkan geometri kemudi. Dimana geometri ini akan ditempatkan pada bagian bawah kursi. Hal inilah yang menjadi pembeda antara XT500 dulu dan sekarang.

Bagian belakang Yamaha XT500 H20 akan menggunakan desain Mono Shock. Kemudian tidak dibekali dengan koil pegas. Sehingga bagian belakang tampak lebih longgar dan kosong.

Bagian belakang inilah yang menarik perhatian banyak orang. Lalu beralih ke bagian depan yang dibekali dengan kaca berukuran kecil. Kemudian tampilan mukanya memiliki ekor lampu LED. Visual yang dihadirkan juga tampak lebih radikal.

Baca Juga : Honda PCX 157 cc Akan Mengaspal di Indonesia Dengan Teknologi eSP+

Ban berwarna putih dan roda berwarna biru akan mendukung nilai estetika. Hal ini juga berbeda dengan desain sebelumnya. Cara kerja mesin baru dari XT500 H20 memang belum diinfokan. Namun ada banyak spekulasi mengenai cara kerja mesin ini.

Mulai dari bagian awal yakni air akan dimasukkan ke dalam tangki motor. Air tersebut nantinya akan disimpan sebagai bahan bakar. Tangki tersebut akan diletakkan di bawah kursi duduk.

Kemudian air akan dialirkan dari tangki yang bertekanan, lalu dipompa ke bagian tengah. Siklus daya ini akan dibuat ketika air bertekanan telah dipompa ke bagian turbin. Lalu bergerak secara impellers.

Turbin atau mesin air akan dipasang langsung pada bagian roda belakang. Apabila impeler mulai bergerak dalam mesin, maka roda akan menjadi penghubung. Dengan begitu, mesin akan bergerak.

Apabila konsep ini resmi diluncurkan, maka akan menjadi pembaruan untuk tahun ini dan berikutnya. Namun peluncuran pasti Yamaha XT500 H20 masih menjadi pertanyaan. Apakah motor bertenaga air ini siap dijual di pasaran?. (R10/HR-Online)

Loading...