50 Ribu UMKM di Ciamis Ajukan Bantuan Kementerian

50 Ribu UMKM di Ciamis Ajukan Bantuan Kementerian
Ilustrasi bantuan UMKM dari Kementerian Koperasi. Foto:Ist/Net

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Program bantuan Kementerian Koperasi dan UKM nyatanya begitu antusias disambut warga Ciamis.

Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Perdagangan (DKUKP) Kabupaten Ciamis mencatat 50 ribu lebih warga Ciamis daftar yang mendaftar untuk mendapatkan bantuan UMKM dari Kementrian Koperasi dan UKM.

Namun, jumlah pendaftar tersebut diperkirakan bakal terus bertambah mengingat pendaftaran program bantuan dari kementrian ini masih belum ditutup.

Kepala DKUKP Kabupaten Ciamis, David Firda, ketika ditemui HR, Senin (07/09/2020), mengatakan, karena belum ada pemberitahuan terkait penutupan pendaftaran persyaratan mendapatkan bantuan bagi UMKM, maka pihaknya terus melayani warga yang mendaftar.

“Setiap hari kami melakukan input data warga pelaku UMKM yang datang mendaftar guna mendapatkan bantuan senilai Rp 2,4 juta sebagai modal untuk usaha kecil, sehingga data terus masuk setiap hari,” jelasnya.

David mengungkapkan, selama kuota oleh pihak Kementerian Koperasi dan UKM belum terpenuhi, maka masih ada kesempatan bagi warga Ciamis untuk terus melakukan pendaftaran persyaratan demi mendapatkan bantuan tersebut.

Menurut David, kuota bantuan yang akan disalurkan meliputi 15 juta UMKM seluruh Indonesia. Sehingga setiap kabupaten/ kota dipersilahkan sebanyak-banyaknya memasukan dan mendaftarkan para pelaku UMKM untuk mendapatkan bantuan.

“Meski proses mendaftar cukup mudah, akan tetapi pihak DKUKP Ciamis tidak bisa menjanjikan pelaku UMKM dapat bantuan sesuai yang diajukan. Karena proses selanjutnya pihak kementerian yang melakukan verifikasi ulang pelaku UMKM,” katanya.

Dalam hal ini, kata David, pihaknya hanya melakukan input data saja. Dan yang menentukan berhak dan tidaknya mendapatkan bantuan tersebut yaitu pihak kementerian yang bekerjasama dengan bank yang sudah ditunjuk.

“Kalau persyaratan memenuhi, maka bisa mendapatkan bantuan,” katanya.

David juga menambahkan, untuk UMKM yang lebih dulu mendaftar atau gelombang pertama dan kedua, ada juga yang sudah menerima notifokasi melalui SMS bahwa uang bantuan senilai Rp 2,4 juta sudah masuk ke rekening.

Bantuan Kementerian Langsung Transfer ke Rekening Penerima

Untuk pencairan, lanjut David, maka nanti pihak bank yang akan melakukan transaksi dengan pelaku UMKM yang mendapatkan bantuan. Sedangkan DKUKP tidak tahu berapa jumlah dari Ciamis yang sudah mendapatkan notifikasi terkait bantuan tersebut.

Dengan jumlah pendaftar yang cukup banyak ini, maka DKUKP sudah memiliki input data terkait pelaku UMKM di Kabupaten Ciamis. Sehingga bisa menjadi catatan pihaknya guna melakukan pembinaan terhadap pelaku UMKM kedepan.

Anggota Komisi D DPRD Ciamis yang membidangi Kesejahteraan Rakyat, Wagino, mengatakan, dengan banyaknya pelaku UMKM yang mendaftar dan ingin mendapatkan bantuan, bukti para pengusaha kecil di Ciamis perlu perhatian Pemerintah Ciamis.

“Input data yang cukup banyak tersebut, maka menjadi modal penting buat Pemerintah Ciamis supaya bisa dan mampu memperhatikan pengusaha kecil. Dengan kata lain, mereka perlu diberdayakan dalam kelangsungan laju pertumbuhan ekonomi kerakyatan,” katanya.

Sebab menurut Wagino, dengan adanya bantuan tersebut, maka membuka jalan berapa jumlah pelaku usaha kecil di Kabupaten Ciamis sebenarnya. Dan hal itu yang nantinya harus diberdayakan. Sebab dengan pertumbuhan ekonomi rakyat salah satu bukti majunya perekonomian Ciamis kedepan. (es/Koran HR)

Loading...