Alhamdulillah, Warga Banjarnyar Ciamis Sembuh dari Covid-19

Warga Banjaranyar Ciamis Sembuh dari Covid-19
Penyerahan hasil tes swab Labkesda Jabar kepada warga Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pasien positif Covid-19 asal Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat sembuh. Hal itu berdasarkan hasil swab terakhir dari warga Banjaranyar tersebut yang dinyatakan negatif.

Ketua Gugus Tugas Kecamatan Banjaranyar, sekaligus Kepala UPTD Puskesmas Cigayam, Ari Rangga Rianto, mengatakan, pada awal September 2020, ditemukan kasus Covid-19 di Desa Langkapsari, Kecamatan Banjaranyar.

“Warga tersebut hasil swab testnya positif yang merupakan pasangan suami istri pendatang dari Jakarta. Pasangan suami istri ini sengaja pulang ke rumah orang tuanya di Langkapsari,” ujar Ari, Selasa (29/9/2020).

Saat penemuan kasus Covid-19 di Banjaranyar tersebut, tracing pun langsung dilakukan oleh tim Satgas Covid-19 Desa dan Kecamatan.

Pihak keluarga berjumlah 7 orang kemudian menjalani tes swab. Selama menunggu hasil test seluruh anggota keluarga diwajibkan menjalani isolasi mandiri di rumah dengan menerapkan disiplin  protokoler kesehatan.

“Selama masa menjalani isolasi juga telah dilakukan dua periodik pemeriksaan PCR atau swab. Hasil negatif baru diketahui pada pemeriksaan yang kedua setelah dua kali sebelumnya hasil konfirmasi positif,” jelasnya.

Satgas Covid-19 Kecamatan Banjaranyar kemudian mengunjungi keluarga tersebut untuk menyerahkan hasil tes Labkesda Jabar. Sekaligus surat keterangan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis.

“Sekaligus menyampaikan  ucapan turut berbahagia atas hasil test yang telah dinyatakan negatif,” katanya.

Meskipun sudah negatif Covid-19, namun Ari mengimbau agar masyarakat tetap waspada penyebaran Covid-19 dan berusaha mencegahnya dengan pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak.

Selain itu, tim Satgas Covid-19 mengumumkan ke beberapa titik terkait hasil negatif tes swab pasien positif Covid-19 asal Banjaranyar tersebut. Hal itu dilakukan agar pihak keluarga tidak dikucilkan.

“Ini merupakan langkah kami sebagai Satgas Covid-19 menunaikan tugas tahapan rehabilitasi sosial, yakni pemulihan nama baik korban. Kami juga menyatakan sangat bangga atas kekompakan Satgas Covid Kecamatan dan Desa dalam tata laksana kasus ini. Salut bagi mereka semua, semoga semangatnya tak pernah pudar. Selalu tettap sehat tentunya. Semoga Banjaranyar tidak ada kasus Covid lagi,” tegasnya. (Suherman/R7/HR-Online)