All New Aprilia SXR 160, Menjadi Pesaing Yamaha Nmax dan PCX

All New Aprilia SXR 160
Ilustrasi All New Aprilia SXR 160. Foto: Istimewa

All New Aprilia SXR 160 hadir dan membuat jajaran skuter maxi dalam segmen pasar otomotif semakin lebih lengkap. Seperti yang kita tahu, Aprilia merupakan produsen motor terkemuka asal Italia.

Demi menunjukkan eksistensinya yang sangat luar biasa dalam industri kendaraan roda dua, produsen ini juga memiliki Piaggio Group. Aprilia telah memperkenalkan skuter SXR 160 dalam ajang bergengsi yaitu Auto Expo 2020 di New Delhi, India beberapa waktu yang lalu.

Awal kehadirannya, motor anyaran ini baru akan memasuki segmen pasar India. Berbekal desain Crossmax, Motor Aprilia SXR 160 dalam kuartal ketiga tahun ini telah menjadwalkan diri.

Para pecinta kendaraan roda dua, bisa memiliki Aprilia SXR 160 dengan pemesanan mulai pada Agustus 2020. Sudah dapat kita pastikan, bekalan spesifikasinya sangat memikat siapa saja yang memandangnya.

Spesifikasi All New Aprilia SXR 160

Tampil dengan desain yang futuristik dan kekinian, Aprilia SXR 160 ini memiliki pilihan warna-warna keren. Skuter ini hadir dalam varian warna hitam, putih, biru, dan juga merah.

Terdapat hal yang sangat menarik dari Aprilia SXR 160 ini. Yang mana akan menjadi pesaing Yamaha bila masuk ke Asia Tenggara, terutama Indonesia.

Baca Juga : Honda CB 200 R Hornet 2020 Mengaspal Dengan Gaya Naked

Dominasi dua skuter maxi yang menempati kelas 150 cc akan terganggu dengan menyusulnya Aprilia SXR 160 ini. Tidak salah lagi, yaitu Yamaha Nmax dan juga Honda PCX.

Namun hingga saat ini, masih belum ada pemberitahuan lebih lanjut mengenai pemasaran dari Skuter anyaran Aprilia tersebut. Informasi yang datang model Aprilia ini masih fokus untuk pasar India.

Mau tahu seperti apa bekalan spesifikasi dari motor bernafaskan Eropa ini? Berikut adalah ulasan selengkapnya untuk anda.

Desain

Di India, All New Aprilia SXR 160 ini memperoleh tahapan produksi secara lokal. Meskipun demikian, soal desain serta pengembangannya masih negara asalnya yang membuat, yaitu Italia.

Terdapat informasi mengabarkan, bahwa Aprilia SXR 160 ini telah memenuhi standar emisi gas buang India, yakni BS VI.  Tampilan gagah beraninya, mendapatkan dukungan dari sejumlah fitur modern.

Fitur-fitur tersebut antara lain seperti Full-LED lighting. Ini akan menjadi sektor pencahayaannya yang tajam dan terang, apalagi bila penggunanya mengendarai skuter ini pada malam hari.

Baca Juga : Vespa S 125 i-Get Resmi Mengaspal di Indonesia Dengan 3 Warna

Bukan hanya itu saja, Aprilia SXR 160 juga memiliki instrument panel digital hingga USB slot. Tentu saja ini akan memberikan kemudahan dan kenyamanan yang lebih saat berkendara.

Sementara itu, All New Aprilia SXR 160 juga memiliki bagasi berukuran besar. Bagi siapa saja yang menggunakannya, akan mendapatkan tempat penyimpanan barang yang luas dan juga lapang.

Pada bagian depan, kita akan melihat Windshield tinggi yang membuat penampilannya semakin gagah berani. Tak cukup hanya melihat dari sisi atasnya saja, kita berlanjut pada bagian kaki-kaki.

Pada bagian tersebut terdapat suspensi depan teleskopik. Sedangkan untuk bagian belakang terdapat single sided suspension.

Untuk sektor pengeremannya, All New Aprilia SXR 160 sudah mengadopsi rem cakram ABS dengan rem tromol pada bagian belakang. Tentu saja ini akan menjadi sistem keamanan yang terbaik.

Dapur Pacu

Berbicara spesifikasi Aprilia SXR 160, tentunya tidak boleh melewatkan kemampuan dapur pacunya. Yang mana dapat kita lihat skuter ini mengandalkan dapur pacu mumpuni.

Aprilia SXR 160 menggunakan mesin berkapasitas 160 cc dengan tenaga yang lebih besar dari 12 bhp. Dengan dapur pacunya ini, Aprilia SXR 160 dapat melintasi berbagai macam medan dengan cepat dan lincah.

Bukan tidak mungkin bila akan lebih hebat dari skuter-skuter lainnya.Aprilia SXR 160 nantinya akan berhadapan dengan Suzuki Burgman Street di India. Kita tahu bahwa kendaraan roda dua tersebut mempunyai kapasitas mesin mencapai 125 cc.

Harga

Bagaimana tidak, jika All New Aprilia SXR 160 ini menjadi ancaman bagi PCX dan Nmax. Pertama, body Aprilia SXR 160 ini menunjukkan model yang sama dengan dua jagoan tersebut.

Kedua, harga Aprilia SXR 160 terbilang jauh lebih murah bila kita bandingkan dengan dua nama besar tersebut. Mulanya, Aprilia SXR 160 ini memiliki harga sekitar INR10 ribuan.

Bila kita hitung berdasarkan nilai rupiah maka setara dengan Rp 19 jutaan. Harga PCX dan Nmax sendiri padahal sudah berada di atas Rp 30 juta untuk versi ABS-nya. Sungguh harga yang murah bagi All New Aprilia SXR 160 ini bukan?. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Yamaha Tricity 300, Mesin dengan Kapasitas 292 cc 1 Silinder