Ambruk, Jembatan Cigunung di Nagarajaya Ciamis Tak Kunjung Diperbaiki

Ambruk, Jembatan Cigunung di Nagarajaya Ciamis Tak Kunjung Diperbaiki
Jembatan Cigunung, di wilayah Desa Nagarajaya, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, ambruk, dan tak kunjung diperbaiki. Warga berinisiatif membangun jembatan darurat dari bambu. Foto:Edji/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Jembatan Cigunung, yang menjadi penghubung antar desa yang berada di wilayah Desa Nagarajaya, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, ambruk, 8 bulan yang lalu.

Ironisnya sudah berlangsung lama, jembatan yang berada diatas sungai Cigunung tersebut tak kunjung mendapat perbaikan.

Ambruknya jembatan mengakibatkan, aktivitas terganggu dan biaya transfortasi menjadi mahal.

Wahyu, warga Desa Nagarajati mengatakan, penyebab ambruknya jembatan Cigunung yakni karena tergerus aliran sungai saat hujan deras 8 bulan lalu.

“Ya, sudah delapan bulan jembatan tersebut roboh, tapi sampai saat ini belum ada pertanda akan ada perbaikan,” ujar Wahyu, Selasa (8/9/2020).

Padahal lanjut Wahyu, jembatan penghubung tersebut sangat penting.

Sebab selain menjadi akses anak-anak pergi ke sekolah, jembatan tersebut merupakan akses perekonomian warga.

“Kami berharap jembatan itu segera mendapat perbaikan, karena semenjak jembatan tersebut roboh aktivitas terganggu, biaya transfortasi menjadi mahal,” jelas Wahyu.

Sementara itu, Plh Kades Nagarajaya, Nani Suhartini, PLH mengakui, jika jembatan Cigunung tersebut merupakan penghubung antar Desa Nagarajaya dan Desa Nagarajati.

Semenjak jembatan itu roboh, warga dari dua Desa sudah dua kali memperbaikinya dengan menggunakan bambu.

“Namun, tidak kuat dan bertahan lama sebab, terjadi pengikisan sehingga ambruk kembali,” kata Nani.

Nani menambahkan, bantuan untuk perbaikan dari DPUPR Ciamis baru sebatas bronjong, namun tak maksimal karena sudah rusak kembali.

“Harusnya jembatan Cigunung ini mendapatkan alokasi anggaran untuk pembangunan ulang. Mudah-mudahan 2021 bisa terealisasi,” pungkasnya. (Edji/R8/HR Online)

Aegis Boost Pro