APILL di Jalan Veteran dan Siliwangi Kawali Ciamis Kembali Berfungsi

APILL di Kawali Ciamis Sudah Kembali Berfungsi
APILL atau traffic light yang berada di jalan Veteran dan Siliwangi, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, sudah kembali normal. Foto : Edji Darsono/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Setelah lama tak berfungsi, akhirnya Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) yang berada di jalan Veteran dan Siliwangi, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, sudah kembali normal.

Dengan berfungsi kembali traffic light tersebut, membuat sejumlah pengguna jalan sumringah. Sebab, mereka akan merasa nyaman dan tenang saat melintasi jalan tersebut.

Tono (46), pengguna jalan asal Desa Winduraja mengatakan, jauh sebelum APILL kembali berfungsi, setiap pengguna jalan yang melintas jalan tersebut harus ekstra hati-hati.

“Terlebih ketika traffic light yang berada di persimpangan menuju Panjalu padam,” katanya kepada HR Online, Minggu (13/09/2020). 

Menurutnya, banyaknya keluar masuk kendaraan dari arah berlawanan, yang mengakibatkan kerap terjadi kemacetan.

Tono menambahkan, setelah traffic light menyala kembali dan berfungsi dengan baik, sebagai pengguna jalan merasa aman.

Sebab, dengan berfungsinya APILL yang berada di setiap titik rawan kecelakaan, sangat membantu para pengendara motor maupun mobil.

Dayat, penguna jalan lainnya mengatakan hal senada. Menurutnya, dengan berfungsinya kembali traffic light bukan hanya sebatas membantu penguna jalan yang melintas, namun menjadikan kota Kawali layaknya kota-kota lain.

“Telebih pihak Pemerintah Kabupaten Ciamis juga melengkapinya dengan rambu- rambu lalu lintas jenis lainnya,” katanya.

Dayat menambahkan, pemasangan APILL di Jalan Veteran baru beberapa hari. Sedangkan Jalan Siliwangi selain pemasangan baru, juga ada perbaikan beberapa traffic light.

“Alhamdulilah traffic light yang terpasang di pusat keramaian sudah menyala dengan baik. Mudah-mudahan saja bisa kuat bertahan lama,” pungkasnya. (Edji/R5/HR-Online)

Loading...