Aplikasi Pengatur Kecerahan Layar PC, Kesehatan Mata Lebih Terjamin

Aplikasi Kecerahan Layar PC
Aplikasi Kecerahan Layar PC. Foto Istimewa

Aplikasi pengatur kecerahan layar PC merupakan salah satu jenis aplikasi yang sangat bermanfaat bagi sebagian besar orang. Dengan adanya aplikasi ini, maka anda dapat mengatur kecerahan pada layar monitor anda.

Hal ini berhubungan dalam hal menjaga kesehatan mata anda selama berada di depan layar komputer. Salah satu dampak saat menggunakan komputer dalam waktu yang panjang adalah kesehatan mata.

Namun apabila anda dapat mengatur konfigurasi yang lebih pas, maka hal ini akan lebih aman bagi anda saat melakukan aktivitas dengan menggunakan perangkat komputer. Terutama pada anda yang seringkali melakukan aktivitas dengan komputer dalam jangka waktu yang lama.

Aplikasi Pengatur Kecerahan Layar PC

Mengatur kecerahan pada layar komputer merupakan salah satu hal penting yang harus anda perhatikan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan mata anda selama beraktivitas dengan menggunakan komputer.

Baca juga: Aplikasi PDF untuk Laptop Terbaik, Membuka File PDF Lebih Mudah

Pada umumnya perangkat komputer atau laptop mempunyai tombol fisik yang berfungsi untuk menyesuaikan settingan pencahayaan monitor.

Akan tetapi, tidak semua dari tombol tersebut memiliki fitur konfigurasi yang lengkap. Oleh karena itu, saat ini telah hadir beberapa aplikasi pengaturan kecerahan layar PC yang antara lain:

Desktop Lighter

Salah satu aplikasi yang berfungsi untuk mengatur kecerahan layar komputer dengan mudah dan cepat. Dengan menggunakan aplikasi Dekstop Lighter, anda dapat mengubah brightness level dengan cara mengklik ikon pada tray.

Aplikasi Pengatur Kecerahan Layar PC, Kesehatan Mata Lebih Terjamin
Desktop Lighter

Selanjutnya anda dapat menyesuaikan slidenya ke arah atas atau bawah. Atau anda dapat menggunakan hotkeys keyboard.

Dengan kombinasinya adalah CTRL+ atau CTRL- yang hampir sama dengan aplikasi pengatur kecerahan layar PC lainnya pada banyak laptop.

F.lux

Aplikasi ini berfungsi untuk pengatur kecerahan layar yang dapat anda gunakan secara gratis, terutama bagi para pengguna Windows.

Dengan menggunakan aplikasi ini, maka anda dapat mengubah layar komputer atau laptop anda menjadi orange senja. Dengan aplikasi F.lux, anda juga dapat mengatur secara otomatis ataupun manual sesuai dengan keinginan anda.

F.lux

Anda juga dapat memasukkan lokasi anda berada dan secara otomatis layanan ini akan deteksi kapan waktu yang pas untuk menghalau pancaran cahaya birunya dari perangkat anda.

Baca juga:Aplikasi PDF untuk Laptop Terbaik, Membuka File PDF Lebih Mudah

Kelebihan lain dengan menggunakan aplikasi F.lux adalah anda dapat mengkoneksikan aplikasi ini dengan menggunakan lampu yang terdapat pada ruangan anda. Dapat juga mengatur cahaya komputer anda sesuai dengan pengaturan yang ada dalam aplikasi ini.

Awareness

Aplikasi pengatur kecerahan layar PC selanjutnya adalah Awareness. Bagi anda yang menginginkan adanya aplikasi simpel yang dapat mengingatkan anda saat berada di depan layar komputer, maka anda bisa menginstall aplikasi Awareness.

Awareness

Aplikasi ini memiliki fungsi memberitahu pengguna untuk beristirahat dalam penggunaan perangkat komputer dengan cara paling mencolok.

Selain itu, dengan aplikasi ini anda dapat menetapkan seberapa lama waktu kerja pada layar komputer. Oleh karena itu, dengan adanya aplikasi ini, anda dapat mengontrol aktivitas serta istirahat anda.

Pango Bright

Ini termasuk Salah satu aplikasi pengatur kecerahan layar PC dengan beragam keunggulan. Keunggulan tersebut antara lain anda dapat mengaplikasikan Pango Bright pada dua layar monitor sekaligus.

Pango Bright

Selain itu, aplikasi ini juga dapat anda terapkan pada lampu sorot, pertunjukan laser, DJs, planetraium, dan ruangan lain yang sengaja disetting dalam gelap.

Baca juga: Laptop Gaming Honor Hunter Segera Rilis 16 September 2020

Pango Bright sangat mudah penggunaannya, karena memiliki tampilan menu dan kontrol yang sangat sederhana serta sangat mudah dalam pemahamannya.

Sunsetscreen

Sama seperti namanya, aplikasi ini dapat mengurangi intensitas sinar biru yang telah terpancar pada layar perangkat komputer. Melalui aplikasi ini, para pengguna dapat mengatur kapan aplikasi ini aktif dan waktu transisi dari preset satu ke preset lain.

Sunsetscreen

Bahkan anda dapat mengatur secara manual intensitas warna yang diperlukan. Aplikasi pengatur kecerahan layar ini dapat berjalan secara otomatis sejak laptop mulai menyala. Hal menarik lain dari aplikasi ini adalah sangat ringan serta memiliki ukuran lebih dari 1GB.

Dengan adanya aplikasi pengatur kecerahan layar PC, sangat bermanfaat bagi anda. Anda dapat mengatur tingkat kecerahan layar perangkat komputer anda. Maka kesehatan mata anda akan lebih terjaga selama menggunakan perangkat komputer atau laptop. (R10/HR-Online)

Loading...