Aplikasi Screen Recorder Android Ukuran Ringan dan Beragam Fitur

Aplikasi Screen Recorder Android
Aplikasi Screen Recorder Android. Foto Ist/net

Aplikasi screen recorder Android memiliki fungsi yang memudahkan para pengguna smartphone. Aplikasi perekam layar memiliki fungsi umum yakni untuk merekam layar pada smartphone Android. Hal ini tentu saja sangat memudahkan bagi para konten kreator yang ingin mengabadikan video tutorial.

Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga sangat membantu untuk kebutuhan perekaman percakapan. Kemudian untuk kebutuhan perekaman video call atau yang lainnya.

Aplikasi screen recorder juga bisa berfungsi untuk melakukan capture pada momen penting. Karena fungsinya yang sangat penting, tak heran jika banyak orang yang mengunduh aplikasi ini.

Deretan Aplikasi Screen Recorder Android Terbaik

Dari segi fungsi, aplikasi perekam layar memang sangat membantu. Fungsinya memudahkan kegiatan perekaman dan capture video. Konten kreator atau para YouTuber pastinya sangat membutuhkan aplikasi ini.

Seiring dengan fungsinya yang sangat penting, aplikasi ini semakin bermunculan pada Google Play Store. Bahkan ada banyak jenis aplikasi screen recorder Android yang bisa anda gunakan. Sebenarnya dari beragam jenis aplikasi tersebut memiliki fungsi sama.

Baca juga: Aplikasi Perekam Suara Fitur Lengkap, Dengan Hasil Jernih dan Bagus

Namun aplikasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Fitur yang hadir juga berbeda-beda. Bahkan tampilan aplikasinya juga berbeda. Sehingga anda bisa memilih aplikasi perekam layar sesuai dengan selera.

Sebelum mulai mengunduh, akan lebih baik jika anda mengetahui beberapa aplikasinya terlebih dahulu. Dengan begitu, anda bisa memperkirakan aplikasi screen recorder Android yang cocok digunakan. Simak daftar aplikasi perekam layar untuk Android berikut ini.

1. DU Recorder

Aplikasi Screen Recorder Android Ukuran Ringan dan Beragam Fitur
DU Recorder

Aplikasi perekam layar HP yang satu ini termasuk dalam jajaran aplikasi yang populer. Tidak sedikit pengguna smartphone Android yang telah menggunakan aplikasi ini. Kepopuleran aplikasi ini tidak terlepas dari fungsinya yang sangat menarik.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk merekam layar hanya dengan sekali klik. Sehingga para pengguna tidak perlu melakukan setel ulang dan yang lainnya. Aplikasi screen recorder Android ini memiliki beragam fitur yang memudahkan penggunanya.

Salah satu fiturnya adalah dapat merekam live streaming dan juga editing. Aplikasi ini dapat berjalan pada sistem Android 5.0 Lollipop ke atas. Para pengguna smartphone bisa langsung mengunduh aplikasi ini. Ukurannya cukup ringan yakni 11 MB saja dan tidak memakan banyak RAM.

Beberapa fitur yang ada pada aplikasi ini adalah external sound recorder, facecam, dan tap tracking. Selain itu, adapula fitur shake to stop, built-in GIF maker, dan yang lainnya. Aplikasi ini juga menyediakan image editor.

2. Perekam Layar Mobizen

Perekam Layar Mobizen

Selanjutnya adalah aplikasi Perekam Layar Mobizen. Aplikasi screen recorder Android yang satu ini pernah mendapat penghargaan sebagai aplikasi terbaik tahun 2016. Hal ini sudah pasti membuktikan bahwa aplikasi ini memang cocok untuk anda instal.

Ada beberapa keunggulan dari aplikasi ini seperti terdapat fitur facecam. Kemudian memberikan kualitas terbaik dalam merekam video full HD 1080p. Aplikasi ini dapat berjalan pada smartphone Android dengan sistem 4.4 KitKat ke atas.

Baca juga: Ingin Bersihkan Layar Sentuh Smartphone, Ini Caranya

Untuk ukurannya, aplikasi ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Kurang lebih sekitar 20,9 MB dan tidak akan memakan RAM banyak. Aplikasi screen recorder Android juga tidak akan membuat smartphone terbebani.

Aplikasi ini memanjakan para pengguna dengan opsi perekaman video berbagai kualitas. Sehingga anda bisa memilih kualitas yang paling tinggi. Mobizen juga memiliki fitur editing yang berfungsi untuk mengedit hasil rekaman.

3. Screen Recorder With Audio and Editor

Screen Recorder With Audio and Editor

Aplikasi screen recorder Android yang selanjutnya adalah Screen Recorder With Audio and Editor. Aplikasi ini merupakan besutan dari Dulcie Lawing yang berfungsi untuk memaksimalkan perekaman layar. Untuk perekaman layar Android bisa anda lakukan dengan aplikasi ini.

Sama halnya dengan aplikasi sebelumnya, Screen Recorder With Audio ini juga menyediakan beragam fitur menarik. Mulai dari live streaming, fitur facecam, dan gesture shake. Fitur gesture shake berfungsi untuk perekaman video call.

Sehingga anda akan lebih mudah jika ingin melakukan perekaman ketika video call. Tidak perlu membuka aplikasi tersebut untuk memulai dan mengakhiri. Aplikasi ini memiliki kelebihan yakni ukurannya yang sangat ringan 3MB saja.

4. AZ Screen Recorder

AZ Screen Recorder

Aplikasi selanjutnya yang tidak kalah menarik untuk merekam layar adalah AZ Screen Recorder. Aplikasi ini memiliki user interface yang sangat ramah. Sehingga para pengguna pemula bisa mengoperasikan aplikasi ini dengan mudah.

AZ Screen Recorder merupakan aplikasi rekomendasi bagi anda yang menyukai video walkthrough. Aplikasi ini memiliki tampilan sederhana dan sangat mudah untuk anda gunakan. AZ Screen Recorder juga merupakan aplikasi screen recorder Android yang memiliki ukuran kecil.

Kelebihan yang sangat menguntungkan pengguna smartphone Android adalah aplikasi ini tidak menyisakan watermark. Hal ini tentunya sangat diinginkan oleh para pengguna Android. Kebanyakan aplikasi perekam layar selalu menyisakan watermark.

Karena ukurannya yang ringan, aplikasi ini dapat berjalan pada smartphone apapun. Selain itu, aplikasi ini tidak memberikan terlalu banyak tayangan iklan. Sehingga pengguna menjadi lebih nyaman.

5. Super Screen Recoder

Aplikasi Screen Recorder Android Ukuran Ringan dan Beragam Fitur
Super Screen Recoder

Aplikasi lainnya yang tidak kalah menariknya adalah Super Screen Recorder. Aplikasi yang satu ini juga memiliki fitur facecam yang unik. Ukurannya yang standar sekitar 22 MB membuat RAM tidak terlalu terbebani. Aplikasi perekam layar HP ini juga bisa anda gunakan untuk membuat animasi GIF.

Baca juga: Samsung Perkenalkan LED Layar Bioskop Pengganti Proyektor

Para pengguna aplikasi ini bisa merekam layar tanpa adanya batasan waktu. Selain itu, anda bisa menambahkan watermark berupa warna. Tujuannya adalah agar video yang anda buat tidak diklaim orang lain.

Aplikasi screen recorder Android juga memberikan beragam pilihan kualitas. Sehingga anda bisa melakukan perekaman layar sesuai dengan kebutuhan. Bahkan anda bisa merekam dengan kualitas tertinggi agar video lebih jelas.

6. Game Screen Recorder

Game Screen Recorder

Aplikasi Game Screen Recorder merupakan perekam layar HP yang tidak perlu anda ragukan lagi. Seperti namanya, aplikasi ini sangat berfungsi untuk anda yang ingin merekam tutorial game. Mulai dari Mobile Legend, Free Fire, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini juga telah mendapat banyak pengunduhan pada Google Play Store. Banyak kelebihan yang sudah tersedia pada aplikasi ini. Mulai dari ukuran aplikasi yang ringan sekitar 4,9 MB saja. Kemudian terdapat fitur pendeteksi game otomatis.

Aplikasi yang satu ini juga memiliki fitur editor untuk pembukaan video. Tidak hanya itu saja, aplikasi screen recorder Android juga memiliki fitur untuk pause atau play perangkat tertentu.

7. XRecorder

XRecorder

Aplikasi yang lainnya adalah XRecorder dengan kelebihan bebas watermark. Aplikasi ini merupakan besutan dari InShot yang telah melahirkan banyak aplikasi menarik. XRecorder juga memiliki kelebihan yang tidak kalah unggul.

Misalnya adalah user interface yang sangat mudah untuk dipahami. Sehingga para pemula dapat menggunakan aplikasi ini dengan mudah. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki kelebihan lain yakni bebas watermark.

Aplikasi screen recorder Android memang menjadi rekomendasi terbaik. Para pengguna smartphone Android tidak perlu merasa bingung jika ingin mengunduh aplikasi ini. Sebab, anda tidak memerlukan akses root atau sejenisnya.

Aplikasi XRecorder juga tidak memberikan akses batasan perekaman. Sehingga anda bisa merekam layar sepuasnya hingga selesai. Aplikasi XRecorder memiliki ukuran ringan yang tidak akan menjadi beban bagi smartphone.

8. ADV Screen Recorder

ADV Screen Recorder

Aplikasi screen recorder Android yang selanjutnya adalah ADV Screen Recorder. Aplikasi ini juga bisa anda gunakan pada smartphone Android. Tentunya aplikasi ini tidak memerlukan akses root sama sekali. Sehingga anda bisa mengunduhnya pada Google Play Store terlebih dahulu.

Perihal ukuran, aplikasi ini cukup ringan bahkan telah mendapat banyak jumlah pengunduhan. Aplikasi ini juga memiliki beragam kelebihan. Mulai dari pengeditan sekaligus perekaman. Artinya, anda bisa mengedit dengan mudah meskipun masih dalam proses merekam.

Baca juga: Layar Mati Saat Telepon, Simak Cara Mengatasinya!

Aplikasi ini juga berfungsi untuk menyalakan kamera smartphone secara otomatis. Sehingga perekaman menjadi lebih mudah. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka anda bisa menambahkan tulisan pada layar HP.

Sehingga hasil perekaman layar menjadi lebih baik. Aplikasi ini juga menyediakan opsi untuk memilih kualitas video. Anda bisa merekam dengan kualitas yang berbeda-beda. Ukurannya yang ringan juga tidak akan membebani kapasitas RAM pada smartphone.

Aplikasi screen recorder Android memiliki peranan yang sangat penting. Beragam aplikasi diatas dapat anda unduh salah satunya. Anda bisa menggunakan salah satu aplikasi yang sesuai keperluan. Sebab, setiap aplikasi menyediakan fitur yang berbeda. (R10/HR-Online)