Aplikasi Si Ondel, Permudah Pembayaran Pajak Kendaraan Saat Pandemi

Aplikasi Si Ondel
Ilustrasi Aplikasi Si Ondel. Foto Istimewa

Aplikasi Si Ondel dapat permudah para wajib pajak untuk membayar PKB di tengah pandemi. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya saat ini telah bekerja sama dengan pihak Bank DKI sebagai agegrator menghadirkan aplikasi Samsat Online Delivery.

Aplikasi Samsat Online Delivery tersebut disingkat dengan Si Ondel yang dapat menjadi salah satu solusi bagi masyarakat dalam melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor pada saat pandemi saat ini.

Dengan hadirnya aplikasi ini, menjadi salah satu upaya penularan penyakit serta virus yang sedang merebak pada masyarakat.

Baca Juga: Aplikasi Nonton Anime Sub Indo Terupdate Android

Mengenal Aplikasi Si Ondel

Si Ondel atau Samsat Online Delivery merupakan aplikasi berbasis teknologi informasi yang dapat anda manfaatkan untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan.

Aplikasi ini resmi meluncur bertepatan dengan hari lalu lintas Bhayangkara ke-65, yakni pada tanggal 22 September 2020.  Untuk sementara, aplikasi ini hanya dapat digunakan oleh para pengguna smartphone dengan basis Android.

Aplikasi Samsat Online Delivery bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus pajak kendaraan yang mereka miliki selama pandemi.

Sehingga para wajib pajak tidak harus mendatangi kantor Samsat terdekat untuk mengantri bayar pajak kendaraan bermotor mereka.

Para wajib pajak dapat mengurus serta membayar pajak kendaraan bermotor mereka secara non tunai atau dengan menggunakan kartu kredit.

Sehingga hadirnya aplikasi ini sebagai salah satu upaya pencegahan dalam penularan penyakit atau virus yang sedang merebak saat ini. Pembayaran pajak secara online dapat menghindarkan kerumunan masyarakat serta mengurangi interaksi antar orang.

Dalam hal ini, kepolisian telah bekerja sama dengan delapan bank. Kedelapan bank tersebut antara lain Bank DKI, BTN, BRI, My Bank, Permata, Mandiri, BCA, dan Bank Bukopin.

Baca Juga: Aplikasi Menghitung Usia Kehamilan Gratis, Hasil Terbaik

Fungsi Aplikasi Si Ondel

Fungsi dari aplikasi Samsat Online Delivery antara lain untuk memudahkan masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor (PKB). Pembayaran pajak ini dapat mereka lakukan kapan saja .

Selain itu, pemohon pajak yang menggunakan aplikasi ini akan memperoleh bukti pembayaran yang akan petugas antarkan langsung ke rumah masing-masing pemohon.

Dengan kata lain, proses penggunaan aplikasi Samsat Online Delivery merupakan salah satu sistem pembayaran online dengan pengiriman bukti pembayaran secara delivery ke rumah.

Sebagai tambahan informasi, aplikasi Si Ondel merupakan gabungan dari fitur e-samsat. Gabungan fitur tersebut bermanfaat dalam proses pembayaran pajak tahunan hingga dengan pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan secara online.

Tidak hanya memberikan kemudahan dalam pembayaran pajak bermotor. Akan tetapi, aplikasi ini juga dapat menjamin keamanan bagi pemilik kendaraan. Pasalnya, aplikasi Samsat Delivery Online ini telah memperoleh kelengkapan dengan adanya barcode atau QR code.

Pihak yang dapat memindai barcode arau QR code tersebut hanyalah para pemilik kendaraan yang bersangkutan serta kurir yang mengantar tanda bukti pembayaran kendaraan.

Selain menghadirkan aplikasi Si Ondel dalam kemudahan pembayaran pajak bermotor, Polda Metro Jaya juga telah me-launching dua aplikasi penting berbasis teknologi informasi untuk masyarakat.

Dua aplikasi tersebut antara lain Aplikasi Jaga Simpang atau Si Jampang serta aplikasi pengembangan Electronic Traffic Law Enforcement atau E-TLE tahap II.

Dengan hadirnya aplikasi-aplikasi tersebut, mampu menjadi kebiasaan baru warga dalam pengurusan surat kendaraan yang mereka miliki selama pandemi Covid-19.

Baca Juga: Aplikasi Tulisan Arab Terbaik Android, Berikut Pilihannya!

Mekanisme Pembayaran PKB dan Pengesahan STNK Dengan Aplikasi si Ondel

Mekanisme pembayaran PKB serta pengesahan STNK melalui aplikasi Samsat Delivery Online cukup mudah.

  1. Langkah pertama dari mekanisme pembayaran PKB online mewajibkan masyarakat untuk melakukan registrasi serta bayar PKB melalui e-samsat DKI.
  2. Proses selanjutnya, masyarakat dapat order delivery melalui aplikasi Samsat Delivery Online.
  3. Kemudian driver Si Ondel akan mengambil Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran pada loket Samsat Drive Thrue terdekat.
  4. Lalu driver Si Ondel akan mengirimkan Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP) ke alamat tujuan wajib pajak.
  5. Selanjutnya wajib pajak akan memperoleh Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP) serta sticker pengesahan STNK.

Kehadiran aplikasi Si Ondel merupakan jawaban bagi masyarakat dalam kemudahan membayar pajak dengan menerapkan protokol kesehatan selama masa PSBB. Mengingat masyarakat DKI Jakarta cukup dinamis dalam mengakses informasi layanan masyarakat secara online. (R10/HR Online)