Aplikasi Teman Bus, Transportasi Gratis Dengan Beragam Kenyamanan

Aplikasi Teman Bus
Ilustrasi Aplikasi Teman Bus. Foto Istimewa

Aplikasi Teman bus merupakan salah satu program pengembangan angkutan umum pada kawasan perkotaan. Aplikasi ini berbasis jalan yang menggunakan teknologi serta berbasis non tunai dengan tujuan untuk meningkatkan keselamatan serta keamanan mobilitas masyarakat.

Teman Bus hadir dalam dua bentuk kendaraan. Yang antara lain kendaraan bus ukuran sedang yang memiliki kapasitas hingga 40 penumpang dan 20 tempat duduk. Sedangkan untuk bus berukuran besar memiliki kapasitas 60 penumpang dengan 30 tempat duduk.

Masing-masing memiliki 1 area untuk penumpang disabilitas dalam bentuk kursi roda. Setiap bus mempunyai 2 pintu pada bagian belakang dengan low deck serta pintu bagian tengah yang berupa high deck.

Baca Juga: Aplikasi Pola Hidup Sehat, Menjadikan Tubuh Lebih Sehat dan Bugar

Aplikasi Teman Bus, Transportasi Gratis Dengan Beragam Kenyamanan

Kementrian Perhubungan mulai bulan Juni 2020 telah resmi meluncurkan layanan angkutan perkotaan dengan berbasis aplikasi. Hadirnya aplikasi ini untuk menunjang pergerakan masyarakat pada berbagai kota di Indonesia.

Layanan tersebut bernama Teman Bus. Layanan tersebut hingga saat ini telah beroperasi pada tiga kota, yakni Solo, Palembang, serta Denpasar. Dalam waktu dekat, layanan ini juga akan beroperasi untuk Kota Yogyakarta dan Medan.

Melansir laman temanbus.com, Rabu 9 September 2020, menyatakan bahwa aplikasi Teman Bus merupakan salah satu penerapan program Buy the Service (BTS) yang berasal dari Kemenhub dalam pengembangan angkutan umum yang berada pada kawasan perkotaan dengan berbasis jalan.

Di tengah merebaknya pandemi Corona saat ini, pelayanan transportasi hadir dengan mengikuti pelaksanaan protokol kesehatan. Hal ini untuk menjaga keamanan serta kenyamanan masyarakat.

Penerapan protokol kesehatan pada transportasi umum adalah adalah adanya pembatasan jumlah penumpang, yakni maksimal 50% dari jumlah kapasitas ruang berdiri dan tempat duduk.

Selain itu, penumpang juga wajib menggunakan masker serta penyediaan hand sanitizer selama berada dalam transportasi umum.

Kelebihan Aplikasi Teman Bus

Teman Bus adalah langkah awal implementasi dari BTS dengan memberikan subsidi penuh terkait biaya operasional layanan yang diadakan oleh operator menggunakan standart pelayanan yang berlaku.

Standar pelayanan tersebut yang menjadi acuan pelayanan operator dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. Dengan adanya layanan ini, pemerintah mengharapkan lebih banyak penumpang yang beralih ke moda transportasi umum.

Dengan menggunakan layanan Teman Bus, banyak kelebihan yang akan masyarakat peroleh. Kelebihan tersebut antara lain lebih mudah dan nyaman, tanpa biaya alias gratis. Dalam hal ini, penumpang hanya cukup menyediakan kartu non tunai.

Selanjutnya bus akan datang pada halte setiap 10 menit sekali dan jadwal serta posisi bus pun lebih real time. Dengan demikian, penumpang akan lebih mudah dalam mobilisasi pada kawasan perkotaan.

Kelebihan lain dari aplikasi Teman Bus adalah telah menggunakan CCTV serta sensor alarm pengemudi yang merupakan salah satu upaya untuk memberikan keamanan penumpang.

Hal menarik lain dari layanan Teman Bus juga selalu mengedepankan kenyamanan penumpang, yakni dengan selalu menjaga kebersihan area dalam bus.

Layanan Teman Bus hadir dengan peralatan yang lengkap. Menariknya lagi, juga telah mendukung Internet of Thinks yang dapat untuk memonitor perilaku pengemudi.

Selain itu, terdapat pula kabin dan Automatic Passenger Counting yang berfungsi sebagai alat penghitung jumlah penumpang bus. Lalu adanya aplikasi untuk menyampaikan info posisi bus secara real time kepada masyarakat.

Baca Juga: Aplikasi Pengatur Kecerahan Layar PC, Kesehatan Mata Lebih Terjamin

Cara Menggunakan Aplikasi Teman Bus

Berikut ini cara yang harus anda lakukan dalam menggunakan layanan Teman Bus adalah dengan membuka layanan ini pada Play Store. Selanjutnya klik rute perjalanan dan pilih koridor yang akan anda lalui.

Langkah berikutnya, anda dapat memilih “Info Jadwal” keberangkatan. Setelah anda mengetahui jadwal keberangkatan, anda dapat menunggu pada halte bis terdekat.

Selama menunggu, anda dapat menyiapkan kartu non tunai seperti flazz BCA, e-money Mandiri, tap cash BNI, serta brizzi BRI. Setelah bus sampai, anda tinggal naik serta tempelkan kartu non tunai anda pada perangkat reader yang telah tersedia dalam bus.

Tujuan utama hadirnya aplikasi Teman Bus adalah memberikan sarana transportasi yang ekonomis, mudah, nyaman, dan handal bagi masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, Teman Bus harus memiliki standar minimal sesuai dengan ketetapan dari pemerintah. (R10/HR Online)

Loading...