Aplikasi Untuk Membuka Dokumen di WA, Gratis Wajib Dicoba!

Aplikasi Untuk membuka dokumen di WA
Ilustrasi Aplikasi Untuk Membuka Dokumen di WA. Foto Istimewa

Aplikasi untuk membuka dokumen di WA sangat diperlukan oleh sebagian besar masyarakat. Mengingat WhatsApp belum memiliki fitur untuk membuka file secara langsung, terkecuali untuk membuka gambar atau video.

Sebagai pengguna Android, mungkin anda masih merasa kesulitan dalam membuka file PDF, Excel, serta Doc pada aplikasi WhatsApp.

Sebagai salah satu aplikasi messenger terpopuler saat ini, menjadikan WhatsApp tidak hanya sekedar sebagai alat komunikasi. Akan tetapi, juga sebagai alat transfer atau beragam file secara lebih cepat.

Baca Juga: Aplikasi Pengatur Kecerahan Layar PC, Kesehatan Mata Lebih Terjamin

Aplikasi Untuk Membuka Dokumen di WA

Dengan semakin berkembangnya teknologi, saat ini banyak kalangan yang mengirimkan dokumen PDF atau lainnya melalui WhatsApp daripada email.

Terutama bagi anda yang menginginkan pengiriman cepat dengan rekan kerja atau teman sekolah. Secara default, WhatsApp tidak memiliki fitur untuk membaca file PDF.

Oleh karena itu, untuk membuka file yang melalui WhatApp, tentu anda memerlukan adanya bantuan aplikasi pihak ketiga. Anda tidak perlu khawatir, saat ini telah hadir beragam aplikasi untuk membuka dokumen pada WhatsApp yang antara lain:

WPS Office

Rekomendasi aplikasi yang dapat anda gunakan untuk membuka dokumen WhatsApp adalah WPS Office. Melalui aplikasi ini, anda dapat membuka dokumen dari pengguna lain melalui WhatsApp secara langsung.

Dukungan format file dari aplikasi ini cukup beragam, mulai dari PDF, Excel, TXT, Doc, PPT, dan lain sebagainya. Hal menarik dari penggunaan aplikasi untuk membuka dokumen di WA satu ini adalah dapat melakukan konversi PDF ke Word. Langkah yang dapat anda tempuh adalah dengan mengunduh aplikasi WPS Office dari Google Play.

Selanjutnya, setelah aplikasi tersebut berhasil terinstall, maka anda dapat langsung membuka aplikasi WhatsApp dan temukan file PDF, Doc, dan lain sebagainya yang akan anda buka. Kemudian anda dapat membuka dokumen tersebut dengan mudah.

Adobe Acrobat Reader

Aplikasi untuk membuka file pada WA terbaik selanjutnya adalah Adobe Acrobat Reader. Ini merupakan aplikasi besutan Adobe yang cukup populer dan dapat membantu para pengguna Android dalam membuka atau mengedit file PDF. Selain untuk membuka dokumen, anda juga dapat membuat file PDF langsung dari dokumen atau gambar lain.

Hal menarik lain dari penggunaan aplikasi Adobe Acrobat Reader adalah anda dapat melakukan konversi file PDF ke format lain sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda. Anda dapat menginstal aplikasi ini langsung dari Google Play secara gratis.

Baca Juga: Aplikasi Navigasi Terbaik, TomTom Pengganti Google Maps pada Huawei

Google Dokumen

Rekomendasi aplikasi untuk membuka dokumen di WA berikutnya adalah Google Dokumen. Dengan menggunakan aplikasi ini, anda dapat dengan mudah dalam membuka dokumen Word melalui aplikasi WhatsApp secara langsung.

Keunggulan dari aplikasi Google Dokumen adalah dapat anda gunakan secara offline. Oleh karena itu, aplikasi ini dapat anda gunakan kapan saja sesuai dengan keinginan.

Tidak hanya dapat untuk membuka dokumen, aplikasi Google Dokumen dapat anda gunakan untuk membuat serta mengedit dokumen baru.

Selanjutnya dokumen yang telah anda buat tersebut dapat anda simpan pada memori internal. Aplikasi Google Dokumen juga tersedia untuk pengguna iPhone serta dapat anda unduh melalui App Store secara gratis.

Google PDF Viewer

Pilihan terbaik aplikasi untuk membuka dokumen WA selanjutnya adalah Google PDF Viewer. Aplikasi ini merupakan produk dari Google untuk para pengguna Android.

Salah satu aplikasi ini cukup ringan untuk digunakan serta mendukung pada kebanyakan perangkat Android. Aplikasi Google PDF Viewer memiliki ukuran yang kecil sehingga sangat menghemat ruang penyimpanan pada smartphone anda. Dengan menggunakan aplikasi ini, anda dapat membuat, mencetak, menelusuri, serta menyalin teks pada dokumen PDF.

Baca Juga: Aplikasi PDF untuk Laptop Terbaik, Membuka File PDF Lebih Mudah

Microsoft Excel

Microsoft Excel merupakan aplikasi yang dapat anda gunakan untuk kebutuhan akses data dengan bentuk tabel rumus kompleks.

Pada umumnya, Excel hadir untuk kebutuhan perhitungan atau pendataan, terutama pada akuntansi atau informasi audit keuangan. Oleh karena itu, Microsoft Excel merupakan aplikasi untuk membuka dokumen WhatsApp dalam bentuk Excel.

Dengan hadirnya aplikasi untuk membuka dokumen di WA, maka anda tidak merasa kesulitan lagi apabila memperoleh kiriman file. Baik itu dalam bentuk PDF, Excel, maupun bentuk file lainnya. Aplikasi tersebut dapat anda install secara gratis dari Google Play Store. (R10/HR Online)

Loading...