BAMBA Mandiri Unigal Ciamis TA 2020-2021 Digelar Secara Daring

BAMBA Mandiri Unigal Ciamis TA 2020-2021 Digelar Secara Daring (1)

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com).- Universitas Galuh atau Unigal menggelar Bimbingan Akademik Mahasiswa Baru atau BAMBA Mandiri Tahun Akademik (TA) 2020/2021 secara daring, Rabu-Kamis (09-10/09/2020).

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan BAMBA Mandiri, Agus Nurulsyam Suparman, S.IP.,M.SI., mengatakan, pihaknya melaksanakan kegiatan BAMBA Mandiri selama dua hari, yakni tanggal 09 dan 10 September 2020.

Agus menyebutkan, peserta yang mengikuti kegiatan BAMBA Mandiri TA 2020/2021 sebanyak 1458 orang dari jumlah total pendaftar sekitar 1945 orang.

Berdasarkan Panduan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Tahun 2020, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengisyaratkan pelaksanaan BAMBA Unigal secara daring alias online.

Menurut Agus, kegiatan BAMBA kali ini mengusung tema “BAMBA Mandiri Universitas Galuh Masa Covid-19 Kita Wujudkan Program Merdeka Belajar Menuju Tercapainya Pendidikan yang Berkualitas”.

Pada kesempatan itu, Agus menjelaskan, pada hari pertama, pelaksanaan kegiatan BAMBA Mandiri tingkat Universitas. Sedangkan pada hari kedua, pelaksanaan BAMBA tingkat fakultas dan prodi. 

Ini Tujuan BAMBA Mandiri Unigal

“Tujuan umum BAMBA Mandiri adalah untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus,” katanya.

Sedangkan tujuan khususnya, kata Agus, yakni; Menanamkan kesadaran berbangsa, bernegara, bela negara, serta peduli lingkungan dan masyarakat sesuai dengan 4 (empat) pilar kebangsaan.

Memperkenalkan sistem pembelajaran dan kehidupan sivitas akademika di perguruan tinggi dengan menanamkan nilai-nilai dasar pendidikan dan perguruan tinggi.

Memperkenalkan hak dan kewajiban sebagai mahasiswa, sebagai insan pra-dewasa, bagi diri dan lingkungan sekitar. Mewujudkan kampus yang ramah (inklusif), aman dan sehat.

Memperkenalkan kiat sukses belajar dan mengembangkan diri di perguruan tinggi melalui konsepsi dan praktik Merdeka Belajar: Kampus Merdeka.

Merancang hari esok generasi unggul yang mandiri dan bertanggung jawab. Dan mewujudkan mahasiswa menjadi pembelajar yang lincah dan tangguh (powerful agile learner).

Dan hasil akhirnya, Agus menambahkan, yakni; Memahami dan mengenali lingkungan barunya, terutama organisasi dan struktur perguruan tinggi, sistem pembelajaran dan kemahasiswaan.

Meningkatnya kesadaran berbangsa, bernegara, dan cinta tanah air dalam diri mahasiswa baru. Memahami arti pentingnya pendidikan dan pendidikan karakter bagi pembangunan bangsa serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Dan terciptanya persahabatan dan kekeluargaan antar mahasiswa, dosen, serta tenaga kependidikan. Dengan ini juga, kami sampaikan terima kasih kepada segenap panitia penyelenggara atas kerjasamanya menyukseskan acara BAMBA,” ungkapnya.

Kepercayaan Terhadap Unigal Terus Meningkat

BAMBA Mandiri Unigal Ciamis TA 2020-2021 Digelar Secara Daring (1)

Sementara itu, Rektor Unigal, Dr. H. Yat Rospia Brata, Drs.,M.Si., menyampaikan ucapan terima kasih kepada peserta BAMBA Mandiri Unigal Ciamis TA 2020/2021.

Ucapan terima kasih itu Yat sampaikan atas kepercayaan peserta untuk memilih Universitas Galuh. Memilih Universitas Galuh sebagai tempat untuk menimba ilmu dalam menyongsong masa depan yang lebih cerah.

“Alhamdulillah kepercayaan terhadap Universitas Galuh dari tahun ke tahun terus meningkat. Tentunya, kepercayaan ini merupakan hal yang perlu kita pelihara bersama. Khususnya oleh sivitas akademika, yakni dengan meningkatkan pelayanan yang lebih prima terhadap mahasiswa,” katanya.

Berdasarkan laporan dari Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru PMB, kata Yat, jumlah mahasiswa yang mendaftar untuk Tahun Akademik 2020/2021 sebanyak 1458 orang. Sedangkan total yang telah lolos seleksi dan masuk sebanyak 1945 orang.

Menurut Yat, hal ini mengindikasikan bahwa walaupun dalam suasana pandemi, pada usaha pencegahan dan penyebaran Covid-19, Universitas Galuh masih tetap mendapatkan kepercayaan tinggi dari masyarakat.

Proses Seleksi Mahasiswa Baru

Namun demikian, Yat menambahkan, dengan banyaknya jumlah mahasiswa yang masuk, pihaknya juga harus memperhitungkan rasio antara dosen dengan mahasiswa. Sehingga dalam melakukan penerimaan mahasiswa baru pihaknya melakukan seleksi secara ketat.

“Pada akhirnya, mahasiswa yang masuk Universitas Galuh benar-benar merupakan mahasiswa pilihan dengan kualitas terbaik,” katanya.

Yat juga membenarkan, kegiatan BAMBA Mandiri Unigal TA 2020/2021 menggunakan fasilitas teknologi informasi yang tersedia alias daring.

Ketentuan itu berdasarkan Panduan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan.

Selain itu, Yat menjelaskan, kegiatan BAMBA Mandiri bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri.

Serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru. Juga memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan jenjang perguruan tinggi.

Menurut Yat, kegiatan ini bisa menjadi titik tolak pembinaan idealisme, penguatan rasa cinta tanah air, dan kepedulian terhadap lingkungan.

Sejalan dengan hal tersebut, momentum ini juga menjadi ajang pihaknya untuk menciptakan generasi yang berkarakter, religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan berintegritas.

Yat berharap, kegiatan BAMBA menjadi wahana penanaman 5 (lima) program gerakan nasional revolusi mental. Yaitu meliputi Indonesia Melayani, Indonesia Bersih, Indonesia Tertib, Indonesia Mandiri dan Indonesia Bersatu.

Menurut Yat, pada tahun 2020 wabah Covid-10 melanda Bangsa Indonesia dan bangsa negara-negara lain. Kondisi ini memberikan tantangan dan peluang untuk bangkit serta keluar dari rutinitas yang ada.

Berdasarkan kebijakan pemerintah tentang bekerja, belajar, dan ibadah dari rumah, menjadikan momentum yang baik untuk menciptakan kreativitas dan memanfaatkan teknologi sesuai dengan eranya.

“Dan mahasiswa baru saat ini sangat erat kaitannya dengan pemanfaatan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan,” tandasnya.

Sesuai dengan hal tersebut, kata Yat, pihaknya berpesan kepada mahasiswa baru agar memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk mengikuti BAMBA Mandiri TA 2020/2021 dengan sungguh-sungguh.

Dan kepada para mahasiswa senior yang mendampingi sebagai mentor dalam kegiatan BAMBA Mandiri, Yat juga berpesan agar jangan pernah melakukan tindakan yang dapat menimbulkan kecemasan, kekhawatiran, dan ketakutan bagi mahasiswa baru, orang tua dan masyarakat pada umumnya.

“Laksanakanlah kegiatan BAMBA ini dengan lebih simpatik, bersahabat dan bermartabat. Sehingga dapat memberikan arti dan makna bagi adik-adik kita semua,” tegasnya.

Keberhasilan Kolektif Semua Pihak

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Pengurus Yayasan Pendidikan Galuh (YPG) Ciamis, H. Otong Husni Taufik, S.IP.,M.Si, juga menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat mengikuti kegiatan BAMBA Mandiri Unigal kepada mahasiswa baru.

“Kami ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada para mahasiswa baru. Karena telah menentukan pilihannya kepada Universitas Galuh ini sebagai tempat untuk menimba ilmu, menambah wawasan dan pengetahuan,” katanya.

Selanjut itu, Otong juga menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Rektor Universitas Galuh beserta jajarannya. Karena telah melakukan promosi, seleksi dan menerima mahasiswa baru Tahun Akademik 2020/2021.

“Tentunya kepercayaan ini merupakan keberhasilan kolektif dan kerja keras dalam memberikan pencitraan terhadap masyarakat dengan optimalisasi layanan akademik. Dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak atas segala dukungan dan bantuan untuk kemajuan Universitas Galuh,” katanya.

Menurut Otong, melalui kegiatan BAMBA mahasiswa baru Universitas Galuh dapat menyiapkan diri dengan lingkungan belajar yang baru. Sehingga kelak dapat menjadi lulusan yang memiliki kompetensi akademik, wawasan kebangsaan, dan berdaya saing.

Otong mengungkapkan, pelaksanaan BAMBA Mandiri Tahun Akademik 2020/2021 memiliki kekhasan tersendiri. Karena pelaksanaan program kegiatan ini pada masa pandemi Covid-19.

“Merujuk Panduan Pengenalan Kehidupan Kampus dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan, makanya pelaksanaan BAMBA Universitas Galuh secara daring,” katanya.

Sebagai lembaga pendidikan, lanjut Otong, Universitas Galuh menunjukkan komitmen terus-menerus untuk menjadi yang terbaik. Khususnya dalam memberikan kualitas pendidikan yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja.

“Untuk mencapai standar kualitas tertentu, kami terus melakukan upaya optimal agar mahasiswa dapat menjalankan proses belajar mengajar yang terbaik. Selain itu juga Universitas Galuh menerapkan metode pembelajaran, mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja,” tandasnya.

Tentunya, Otong menambahkan, upaya tersebut dengan selalu mengukur dan meningkatkan kualitas sebagaimana aturan dan ketentuan dari Akareditasi BAN-PT, dan Akreditasi LAM-PTKes.

Universitas Galuh Miliki 7 Fakultas

Otong menyebutkan, Universitas Galuh memiliki 7 fakultas, meliputi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Tekhnik dan Fakultas Ilmu Kesehatan.

Setiap fakultas menerapkan metode pembelajaran komprehensif. Antara lain kombinasi kemampuan akademis dan keterampilan pengembangan hubungan antar personal (interpersonal skill) atau soft skill.

Selain itu, Universitas Galuh juga menyelenggarakan Program Pasca Sarjana Magister Manajemen, Magister Pendidikan dan Magister Hukum.

Selaku Badan Penyelenggara Pendidikan Universitas Galuh, Otong menegaskan, Yayasan Pendidikan Galuh selalu mendorong Universitas Galuh agar konsisten di garis depan.

Tentunya bersama-sama dengan Perguruan Tinggi lainnya dalam membuka kesempatan bagi sumber daya manusia Indonesia memasuki dunia pendidikan tinggi yang berkualitas.

“Sekaligus menempatkan diri sebagai jembatan bagi mahasiswa untuk memasuki dunia kerja,” tegasnya.

Otong juga berpesan kepada semua panitia, baik tingkat Universitas maupun fakultas, supaya melaksanakan kegiatan BAMBA Mandiri dengan penuh rasa sayang dan sabar. Dan kepada mahasiswa baru, ikutilah kegiatan BAMBA Mandiri ini dengan sepenuh hati sesuai dengan tata tertib yang berlaku dan selalu menjalankan protokol kesehatan.

“Kami menjamin kegiatan BAMBA Mandiri TA 2020/2021 tidak ada tindakan yang dapat menimbulkan kecemasan, kekhawatiran, dan ketakutan bagi mahasiswa baru, orang tua dan masyarakat,” tandasnya. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...