Bank Sampah, Upaya Mengatasi Permasalahan Sampah di Ciamis

sampah di ciamis
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya bersama Kepala DPRKPLH Ciamis. Foto: Eli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Berbagai upaya dilakukan pemerintah melalui Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis untuk mengatasi masalah sampah di Ciamis. Salah satunya dengan program bank sampah.

“Keberadaan bank sampah ini menjadi solusi terbaik dalam penanganan sampah dari warga masyarakat. Sehingga mereka tidak membuang sembarangan melainkan bisa memilah sendiri sampah tersebut lalu disetorkan ke bank sampah sebagai tabungan,” ungkap Bupati Ciamis Herdiat Sunarya para peringatan Word Clean Day, Sabtu, (19/9/2020).

Herdiat menjelaskan, saat ini untuk sudah tersedia sekitar 152 bank sampah yang tersebar di 27 kecamatan di Kabupaten Ciamis.

“Artinya penangan yang kami lakukan sangat serius demi kemajuan Ciamis. Mudah-mudahan bank sampah bisa bermanfaat dan dapat mengatasi sampai di Ciamis, sebab kita tidak menganggap enteng masalah sampah ini,” tegasnya.

Herdiat juga mengajak dan mengimbau kepada seluruh warga masyarakat tatar Galuh Ciamis untuk senantiasa membersihkan sampah dan tidak membuang sembarang. Karena sekarang sudah ada bank sampah.

“Tidak menutup kemungkinan lima atau sepuluh tahun ke depan Kabupaten Ciamis bisa seperti kota besar lainnya sulit melakukan penanganan sampah. Maka dari itu saya mengajak kepada seluruh warga masyarakat untuk turut serta dalam penanganan sampah,” jelasnya.

Sementara Kepala DPRKPLH Ciamis, Taufik Gumilar, mengatakan, dengan inovasi yang terus dikembangkan terkait penanganan sampah Ciamis, menjadi semangat tersendiri terutama bagi warga masyarakat Ciamis.

“Bank sampah, sedekah sampah salah satu inovasi yang terus kita kembangkan. Hal tersebut tiada lain sebagai cara membangun Ciamis ke arah yang lebih baik. Sebab jika tidak ditangani secara baik maka sampah bisa menimbulkan masalah,” katanya.

Dia menjelaskan, berbagai upaya terus dikembangkan sehingga masyarakat ikut peduli terhadap kebersihan di lingkungan masing-masing.

“Dengan peringatan Word Clean Day ini bisa menjadi semangat baru pemerintah dan warga Kabupaten Ciamis untuk tetap menjaga kebersihan setiap hari. Tidak hanya sebatas peringatan tetapi ada hasil yang dicapai,” pungkasnya. (ES/R7/HR-Online)