Bansos 500 Ribu Cair, Pemilik Kartu KKS Segera Cek Saldo ATM

Bansos 500 Ribu Cair, Pemilik Kartu KKS Segera Cek Saldo ATM
Bansos 500 ribu cair, pemilik kartu KKS segera cek saldo ATM. Foto:Ist/Net

Bansos 500 ribu dari Kementerian Sosial sudah cair September 2020 ini. Bahkan beberapa wilayah, masyarakat sudah menerima bantuan tersebut akhir Agustus 2020 kemarin.

Seperti hanya yang terjadi di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. KPM penerima bantuan tersebut menerima transferan uang Rp500 ribu pada 31 Agustus 2020.

Bansos tersebut sasarannya adalah pemilik kartu kesejahteraan sosial (KKS) atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang tidak masuk peserta PKH.

Bansos 500 ribu tersebut rencananya akan dilakukan bulan September ini. Namun warga Ciamis sudah ada yang menerima bantuan itu lho.

Toharoh pemilik kartu KKS asal Handapherang, Kabupaten Ciamis, mengaku sudah menerima uang Rp 500 ribu lewat ATM.

“Pak Kadus ngasih tau, ada uang Rp 500 ribu dalam kartu KKS, setelah ke ATM ternyata benar, saya langsung ambil saja untuk keperluan sehari-hari,” ujar Toharoh, Senin (7/9/2020).

Tak hanya Toharoh yang menerima transferan bansos 500 ribu tersebut. Hampir semua pemilik kartu KKS penerima BPNT se Desa Handapherang, Kabupaten Ciamis, juga terima uang tersebut.

“Datang ke ATM Mandiri sampai harus antri karena banyak KPM yang mencairkan uang tersebut,” ungkapnya lagi.

Warga lain Muplihat mengatakan hal yang sama. Ia mengaku senang bisa mendapatkan bantuan uang tunai Rp 500 ribu saat ekonomi sedang sulit.

“Biasanya kan pemilik kartu KKS cuma dapat beras dan telur, sekarang dapat bansos 500 ribu, alhamdulillah bisa untuk menambah kebutuhan pokok,” katanya.

Pemerintah Indonesia sendiri mengklaim akan memberikan bantuan 500 ribu kepada masyarakat pemegang kartu KKS pada bulan September ini.

Baca Juga: BLT Kemensos 500 Ribu, Begini Syarat dan Cara Mendapatkannya!

Bansos 500 Ribu untuk 9 Juta Penerima

Total bantuan 500 ribu dari Kemensos rencananya akan menyasar 9 juta KPM atau keluarga penerima manfaat.

Pemberian bansos 500 ribu ini sebagai upaya pemerintah meningkatkan ekonomi masyarakat pada masa pandemi Covid-19 ini.

Selain bantuan tersebut, pemerintah juga memberikan bantuan BPJS Ketenagakerjaan senilai 2,4 juta untuk pekerja bergaji dibawah 5 juta.

Bantuan lainnya yakni pemberian uang tunai untuk pelaku UMKM terdampak Covid-19.

Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial, Asep Sasa Purnama, membenarkan adanya program bansos 500 ribu tersebut.

Bantuan tersebut lanjutnya sasarannya 9 juta KPM pemilik kartu KKS atau BPNT.

Pemerintah akan langsung transfer bansos tersebut ke rekening masing-masing.

“Bansos 500 ribu ini untuk 9 juta penerima, pemerintah menyiapkan anggaran Rp 4,5 triliun,” kata Asep.

Hanya saja, bansos tersebut hanya berlaku satu kali saja. “Satu kali pencairan, mudah-mudahan September ini sudah selesai,” ungkapnya.

Ia pun meminta bantuan tersebut agar digunakan secara bijak dan memprioritaskan untuk kebutuhan pokok.

Syarat Dapat BLT 500 Ribu Kemensos

Penerima BLT Kemensos 500 ribu ini syaratnya harus merupakan penerima kartu KKS. Selain itu, penerima juga bukan peserta program PKH. Bantuan tersebut akan langsung masuk ke rekening masing-masing penerima.

Pemegang kartu kesejahteraan sosial (KKS) bisa langsung mengecek dan mencairkan bansos tersebut ke ATM, atau pun E-Warung.

“Gunakan bansos 500 ribu ini sebaik mungkin untuk kebutuhan pokok, jangan untuk beli pulsa atau rokok,” ujar Menteri Sosial Juliari Batubara.

Baca Juga: BLT Ketenagakerjaan Cair Lagi, Ini Rekening Bank yang Jadi Prioritas

Cara Cek Nama Penerima Bansos

Untuk mengetahui apakah anda masuk sebagai penerima bantuan sosial atau penerima KKS dari Kemensos, bisa cek langsung ke https://cekbansos.siks.kemsos.go.id.

Dalam aplikasi itu Anda akan harus isi nomor ID atau NIK dan masukan juga nama ART.

Anda juga bisa mengecek langsung ke Kantor Dinas Sosial masing-masing Kab/Kota. Tanyakan langsung apakah anda masuk sebagai penerima bansos 500 ribu atau tidak.

Bansos Beras

Selain memberikan bantuan uang tunai kepada penerima program BPNT (non PKH), pemerintah juga akan menyalurkan bansos beras.

Bantuan sosial beras itu untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19 yang saat ini ekonominya belum pulih seutuhnya.

Menteri Sosial Juliari P Batubara bantuan sosialk beras ini berbeda dengan bansos 500 ribu.

Bansos beras ini akan diberikan selama 3 bulan untuk mengurangi beban pengeluaran masyarakat miskin pada masa pandemi ini.

“Bansos beras ini akan segera meluncur dalam waktu dekat, tunggu saja ya,” ujar Juliari.

Itulah beberapa informasi mengenai bansos 500 ribu dari Kementerian Sosial. Bagaimana, apakah anda termasuk sebagai penerima. Segera cek nama anda untuk dapatkan bantuan tersbeut. (Jujang/R8/HR Online)

Loading...