Berkah Pencairan BST Bagi Pedagang Musiman di Kantor Pos Banjar

Berkah pencairan BST bagi pedagang musiman di Kantor Pos Banjar. Foto: Muhlisin/HR.
Berkah pencairan BST bagi pedagang musiman di Kantor Pos Banjar. Foto: Muhlisin/HR.

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Berkah pencairan BST (Bantuan Sosial Tunai) bagi para pedagang musiman yang mangkal di Kantor Pos Cabang Kota Banjar, Jawa Barat. Pasalnya, dagangan mereka pun laris manis terjual.

Adi, seorang pedagang sayur musiman yang biasa berpindah-pindah lokasi jualan, mengaku dagangannya laris saat ia menggelar lapak jualannya dalam area belakang Kantor Pos Banjar.

Ia berharap warga yang telah melakukan pencairan program Bantuan Sosial Tunai (BST) memborong dagangannya.

“Alhamdulillah, jualan kali ini marema. Banyak ibu-ibu yang beli bawang merah dan bumbu dapur setelah mereka menerima pencairan bantuan. Berkah pencairan BLT ini terasa juga oleh saya,” ujarnya, kepada HR Online, Sabtu (19/09/2020).

Adi juga mengatakan, hari ini ia membawa 200 bungkus plastik jenis bumbu dapur dan sayur mayur seperti bawang merah, cabai, tomat, muncang dan bawang putih. Untuk bawang merah harga per bungusnya Rp3.500.

Dari 200 bungkus tersebut, sampai siang hari dagangannya sudah laku sebanyak 160 bungkus. Jadi yang tersisia hanya 40 bungkus saja yang belum terjual.

“Saya jualannya pindah-pindah, memanfaatkan situasi keramaian. Kebetulan hari ini ada pencairan bantuan dan biasanya ramai, jadi saya pindah ke sini. Semoga laris terus,” harap Adi yang sudah menekuni usahanya tersebut selama 10 tahun.

Baca Juga : Jadwal Pencairan BLT UMKM Rp2,4 Sudah Rilis, Cek di Sini!

Sementara itu, Encis, salah seorang warga Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis yang kebetulan telah melakukan pencarian bantuan sosial tunai, mengaku sengaja membeli bawang merah untuk kebutuhan dapur.

Sehingga ia tidak perlu belanja lagi ketika sampai rumahnya. “Sudah dapat bantuan tadi. Jadi saya beli bawang sekarang sekalian pulang ke rumah,” kata Encis.

2.118 Warga Pamarican Lakukan Pencairan

Sementara itu, Manager Pemasaran Kantor Pos Cabang Kota Banjar, Reza Fabiansyah, mengatakan, tanggal 19 September ini adalah waktu untuk pencairan program BST tahap ke-6. Pencairan kali ini khusus untuk warga Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis.

Jumlah warga Kecamatan Pamarican yang melakukan pencairan sebanyak 2.118 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Besaran nominal bantuan untuk masing-masing penerima sebesar Rp 300 ribu.

“Untuk Kecamatan Pamarican itu kan sebagian pencairannya masuk ke Banjar. Hari ini ada 1.118 KPM yang melakukan pencarian,” terangnya.

Sampai saat ini pihak Kantor Pos Banjar masih melakukan proses pencairan Bantuan Sosial Tunai untuk warga 10 Kecamatan wilayah Kabupaten Ciamis. Serta semua KPM yang ada di seluruh kecamatan wilayah Kabupaten Pangandaran.

“Kalau KPM Kota Banjar sudah selesai hari Kamis kemarin. Untuk jumlah total KPM kami masih melakukan rekap data, karena proses pencairan belum selesai semua,” pungkas Reza. (Muhlisin/R3/HR-Online)