Bisnis Sewa Kipas Angin Air Minim Pesaing dan Menguntungkan

Bisnis Sewa Kipas Angin Air Minim Pesaing dan Menguntungkan
Iliustrasi sewa kipas angin air. Foto: Ist/net

Jasa sewa kipas angin air atau akrab dengan sebutan kipas blower kini sedang ramai jadi ladang bisnis baru. Kipas angin air ini biasanya untuk keperluan berbagai acara yang melibatkan banyak orang baik indoor maupun outdoor. 

Tersedianya alat pendingin untuk suatu acara adalah keharusan. Hal ini terutama supaya tamu undangan yang datang merasa nyaman selama acara. Seperti acara resepsi pernikahan, demo produk, dan sebagainya.

Layanan sewa kipas angin air memiliki peminat yang cukup tinggi jika membandingkan dengan alat pendingin lainnya. Meski terlihat sederhana, namun kesejukan dari kipas angin air ini tidak kalah dengan AC standing atau pendingin lainnya.

Baca juga: Ini Dia Penemu Kipas Angin Listrik Pertama di Dunia

Cara kerja kipas blower yaitu dengan mengubah air yang disemprotkan dari dalam tangki menjadi percikan air yang sangat kecil. Teknik ini tidak saja memberikan hembusan angin, namun juga menghasilkan udara yang sejuk.

Kelebihan Jasa Sewa Kipas Angin Air

Menjalankan usaha jasa sewa ini lebih menguntungkan. Selain lebih sederhana, menggunakan kipas angin air memiliki banyak kelebihan bila membandingkan dengan menggunakan AC, yang meliputi:

  1. Kipas angin air mengeluarkan udara sejuk yang berasal dari air dalam tangki sehingga akan membuat kulit menjadi lebih lembab dan tidak kering.
  2. Kipas angin air dapat meningkatkan kelembaban udara pada ruangan. Berbeda dengan AC yang menghasilkan udara sejuk dari kompresor yang dapat menurunkan kelembaban udara pada ruangan.
  3. Menggunakan kipas angin air jauh lebih menghemat daya listrik bila membandingkan dengan menggunakan AC.
  4. Biaya perawatan kipas angin air lebih murah bila membandingkan dengan biaya perawatan AC.

Potensi Bisnis Sewa Kipas Angin Air

Kipas blower memiliki banyak keunggulan dan menguntungkan, sehingga dapat menjadi ladang bisnis. Menjalankan bisnis penyewaan ini memiliki peluang besar karena Indonesia beriklim tropis yang panas.

Berikut ini beberapa kelebihan menjalankan bisnis jasa sewa ini yang akan memberikan keuntungan yang tidak sedikit.

Banyak Peminat

Banyak konsumen yang memilih kipas blower untuk berbagai acara, baik indoor maupun outdoor. Terutama penyelenggara acara yang lebih memilih jasa ini untuk kenyamanan para undangan yang datang.

Segmen Pasar Luas

Segmen pasar bisnis sewa kipas angin air cukup luas, bisa menarget segmen perkotaan maupun pedesaan. Apalagi saat ini tidak sedikit orang di berbagai daerah yang sering menggelar acara mewah dan besar.

Baca juga: Bahaya Tidur dengan AC Menyala, Waspada!

Seperti acara pesta pernikahan dengan menggunakan dekorasi yang mewah dan pendingin ruangan kipas angin air yang tidak kalah dingin dengan AC. Konsep yang matang akan membuat bisnis ini berjalan tanpa hambatan.

Produk Dapat Menyesuaikan dengan Tempat Usaha

Pemilihan produk kipas angin air dapat menyesuaikan dengan tempat dan sasaran konsumen. Anda dapat memilih produk dengan harga sedang namun tetap berkualitas. Seperti bila Anda membuka bisnis ini untuk segmen pasar daerah pedesaan.

Harga Lebih Murah

Harga sewa kipas angin air lebih murah bila membandingkan dengan harga sewa alat pendingin lainnya seperti AC. Pada umumnya konsumen akan melakukan survei harga ke beberapa jasa penyewaan sebagai perbandingan.

Baca juga: Usaha Sayuran Organik, Peluang Bisnis Segmented yang Menjanjikan

Untuk harga sewa kipas blower rata-rata berkisar antara Rp 350 ribu sampai Rp 500 ribuan untuk satu hari. Sedangkan untuk harga sewa di daerah berkisar Rp 200 ribu sampai Rp.250 ribuan perhari.

Sedangkan harga sewa AC lebih mahal, yaitu antara Rp 600 hingga Rp 800 ribuan perhari, tergantung ukuran PK. Karena itu usaha jasa sewa kipas angin air memiliki peluang besar sebagai bisnis baru. (R11/HR-Online)