Bisnis Sewa Motor, Peluang Usaha yang Masih Menjanjikan

Bisnis Sewa Motor, Peluang Usaha yang Masih Menjanjikan
Ilustrsai bisnis sewa motor. Foto: Ist/net

Peluang bisnis sewa motor masih menjadi usaha yang menggiurkan. Hal ini karena masih banyak orang yang memilih sewa motor ketimbang naik taksi atau ojek online untuk menjalankan berbagai aktivitasnya.

Selama ini usaha rental sepeda motor lebih banyak menyasar para wisatawan. Karena itu usaha ini banyak terdapat di kawasan wisata. Namun bisnis ini juga banyak terdapat di sekitar kawasan dekat kampus maupun perkantoran.

Peluang usaha rental sepeda motor masih menjadi salah satu usaha yang menjanjikan. Banyak orang yang memilih menyewa motor untuk menghemat waktu perjalanan. Rental lebih murah ketimbang menggunakan taksi.

Jurus Menangkap Peluang Bisnis Sewa Motor

Menjalankan bisnis rental motor membutuhkan perencanaan yang matang. Agar usaha dapat berkembang dan sukses, berikut ini beberapa persiapan dalam menjalankan bisnis sewa motor.

Pemilihan Lokasi

Lokasi menjadi salah satu kunci kesuksesan semua usaha, termasuk rental motor. Pilihlah lokasi yang strategis dan dekat dengan target pasar. Lokasi yang strategis dan mudah terjangkau calon konsumen akan memudahkan mendapatkan pelanggan.

Baca juga: Strategi Usaha Bubuk Minuman yang Inovatif di Tengah Persaingan Ketat

Lokasi yang strategis adalah tempat yang dekat dengan jalan raya atau jalan umum. Penentuan lokasi bisnis sewa motor ini juga menjadi salah satu pertimbangan dalam penentuan besar atau kecilnya biaya sewa motor.

Kisaran harga sewa motor setiap daerah berbeda-beda tergantung lokasi penyewaan motor. Harga sewa motor pada umumnya berkisar antara Rp 30 hingga Rp 100 ribuan untuk sewa 24 jam.

Penentuan Target Pasar

Anda juga harus menentukan target pasar bisnis sewa motor yang potensial, apakah mahasiswa, karyawan, atau wisatawan. Bila target pasarnya para wisatawan, maka pilih lokasi penyewaan motor yang dekat dengan tempat wisata.

Begitu pula bila tempatnya dekat dengan kampus, maka target pasarnya adalah para mahasiswa. Harga sewa untuk wisatawan dan mahasiswa biasanya berbeda. Karena uang saku mahasiswa terbatas dan masih untuk kebutuhan lainnya.

Pemilihan Jenis Motor

Membeli motor untuk bisnis sewa motor tidak harus yang baru. Anda dapat membeli sepeda motor bekas, tergantung modal yang Anda miliki.

Baca juga: Peluang Usaha Kuliner Jajanan Anak Sekolah yang Paling Menguntungkan

Dalam membeli armada kendaraan, pilih jenis motor yang mudah untuk semua orang, baik pria maupun wanita. Hal ini penting agar tidak akan mengecewakan konsumen yang tidak bisa menggunakan jenis motor tertentu.

Dana Untuk Perbaikan Kendaraan

Seperti halnya dengan alat transportasi lainnya yang memerlukan perawatan secara berkala, Anda juga perlu mengalokasikan dana untuk perawatan. Hal ini supaya motor tidak rusak dan awet sehingga bertahan dalam jangka waktu lama.

Membuka bisnis sewa motor, biaya perawatan motor merupakan suatu keharusan yang harus keluar pada setiap bulannya. Biaya perawatan motor meliputi biaya ganti oli mesin, suku cadang tertentu yang sudah rusak serta biaya service.

Anda dapat menjalin kerja sama dengan bengkel untuk mendapatkan diskon tertentu karena sama-sama saling menguntungkan.

Gencar Promosi

Setelah semua sudah siap, Anda harus gencar melakukan promosi supaya bisnis dapat dikenal banyak orang. Anda dapat melakukan promosi melalui media sosial maupun dengan membagikan selebaran di jalan, kampus maupun perkantoran.

Biaya Pajak Motor

Motor sama dengan mobil dan kendaraan lainnya yang memiliki pajak yang harus membayar ke kas negara pada setiap tahunnya. Menjalankan bisnis sewa motor harus mempersiapkan dana untuk pembayaran pajak progresif kendaraan.

Baca juga: Faktor Penyebab Kegagalan Usaha yang Wajib Dikenali Calon Pengusaha

Pajak progresif merupakan jenis pajak untuk orang yang memiliki kendaraan lebih dari satu dengan nama dan alamat yang sama. Pajak kendaraan penting supaya tidak mengalami masalah saat konsumen gunakan.

Mengasuransikan Kendaraan

Asuransikan semua motor yang Anda sewakan supaya bila terjadi kehilangan unit akan mendapat ganti rugi dari perusahaan asuransi. Selain itu pasang juga GPS pada motor sehingga bila terjadi pencurian akan lebih mudah melacaknya.

Demikianlah beberapa informasi tentang peluang bisnis sewa motor yang masih sangat menjanjikan. Dengan sedikit strategi yang terencana, menjalankan usaha rental motor bisa memberikan keuntungan yang tidak sedikit. (R11/HR-Online)

Loading...