BLT BPJS Tahap 5: Jadwal Pencairan dan Daftar Penerima, Cek di Sini!

BLT BPJS Tahap 5
BLT BPJS Tahap 5, Jadwal Pencairan dan Cek Daftar Penerima. Foto: Ist/Net

BLT BPJS tahap 5 akan segera cair dalam pekan ini, simak jadwal pencairan dan daftar penerima BLT di sini. Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memiliki target untuk menyalurkan BLT BPJS Ketenagakerjaan sampai akhir September 2020.

Saat ini pencairan sudah sampai pada tahap 4, karena itu tahap 5 pun akan segera cair pada minggu terakhir bulan September.

Bagi Anda yang sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan BLT BPJS, namun belum juga mendapat transfer bantuan dari pemerintah, Anda bisa berharap pencairan pada tahap kelima ini.

Jadwal Pencairan BLT BPJS Tahap 5

Pencairan BLT BPJS untuk tahap kelima akan tersalurkan untuk 2 juta pekerja. Dana yang akan cair sebesar Rp 1,2 juta untuk masing-masing pekerja.

Para pekerja dengan gaji kurang dari Rp 5 juta ini akan menerima Rp 600 ribu per bulan. Bantuan untuk 4 bulan, sementara pencairannya setiap dua bulan sekali. Sehingga sekali cair, pekerja akan mendapat Rp 1,2 juta.

Anggaran yang sudah tersedia untuk pencairan BLT BPJS ini sebesari Rp 7 triliun. Target pemerintah penyalurannya untuk dua bulan pertama, yakni September dan Oktober sampai akhir bulan September.

Karena itu jadwal pencairan BLT BPJS tahap 5 adalah minggu terakhir bulan September. Anda bisa menunggu pencairan sampai setidaknya tanggal 30 September 2020.

Itu berarti minimal pada Rabu, 30 September 2020, Anda sudah menerima transfer bantuan dari pemerintah sebesar Rp 1,2 juta untuk dua bulan.

Sementara total anggaran yang tersedia untuk BLT BPJS Ketenagakerjaan ini adalah sebsar Rp 37,8 triliun. Anggaran sebesar itu untuk 15,7 juta karyawan.

Baca Juga: Lapor BLT Belum Cair, Login kemnaker.go.id dan Cara Lainnya

Pada gelombang pertama, pencairan terbagi dalam 5 tahap. Para pekerja akan mendapat Rp 1,2 juta. Selanjutnya pada gelombang kedua nanti pekerja juga akan mendapat Rp 1,2 juta. Sehingga total bantuan Rp 2,4 juta untuk masing-masing pekerja.

Saat ini gelombang pertama tahap 1 sampai tahap 2 tersalurkan untuk 3,5 juta karyawan. Anggaran yang sudah tersalurkan pada tahap 1 dan 2 sebanyak Rp 4,5 triliun.

Sementara tahap keempat, dana Rp 3 triliun sudah tersalurkan untuk 2,8 juta pekerja. Untuk BLT BPJS tahap 5 tinggal tunggu waktu saja kapan pencairannya.

Cek Daftar Nama Penerima BLT BPJS

Bagi Anda yang sudah memenuhi syarat namun tak kunjung mendapatkan BLT BPJS Ketenagakerjaan, Anda bisa mengeceknya lewat laman kemnaker.go.id.

Anda hanya perlu mendaftar pada website tersebut dengan memasukkan biodata dan data akun. Jika sudah berhasil mendaftar, Anda bisa langsung login.

Setelah berhasil masuk ke akun Kemnaker, segera lengkapi profil Anda, termasuk melengkapi foto diri. Jika profil sudah lengkap. Anda bisa mengecek profil, lalu scroll atau gulir sampai bawah.

Biasanya ada pemberitahuan jika Anda termasuk dalam penerima BLT BPJS, termasuk jika Anda sudah terdaftar sebagai penerima BLT BPJS tahap 5.

Baca Juga: Cek Nama Penerima BLT BPJS, Ini Caranya Via Login kemnaker.go.id

Jika sudah ada pemberitahuan tersebut pada akun Kemnaker, maka tinggal tunggu waktu saja untuk pencairannya.

Pemerintah akan mencairkan bantuan melalui bank Himbara (Himpunan Bank Pemerintah), yaitu Bank BRI, BTN, BNI, dan Mandiri.

Selanjutnya dari bank Himbara akan tersalurkan kepada rekening penerima BLT BPJS, baik itu melalui rekening bank Himbara sendiri, maupun rekening bank swasta, seperti BCA, Maybank, dan lain-lain.

Lapor BLT BPJS Belum Cair

Bagaimana jika pada akun Kemnaker, Anda termasuk penerima BLT BPJS tahap 1-4 yang sudah tersalurkan, namun Anda ternyata belum menerima bantuan? Termasuk jika nanti Anda terdaftar sebagai penerima BLT BPJS Tahap 5.

Anda bisa melaporkan hal tersebut dengan melakukan pengaduan secara online pada laman kemnaker.go.id. Anda tinggal klik ke laman bantuan.kemnaker.go.id, untuk selanjutnya Anda masukkan pengaduan Anda.

Cara ini mudah untuk Anda lakukan sebagai upaya agar BLT segera cair. Selain itu, Anda pun perlu mengecek nomor rekening yang sudah Anda daftarkan untuk menerima transfer BLT BPJS.

Karena jika data pada nomor rekening tidak sesuai dengan data kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, maka dipastikan BLT BPJS tidak akan cair.

Karena itu Anda bisa mengeceknya melalui HRD di kantor Anda. Untuk kemudian segera koreksi nomor rekening yang Anda daftarkan agar BLT segera cair. Mudah-mudahan Anda bisa menerima bantuan pada BLT BPJS tahap 5. Semoga beruntung. (Ndu/R7/HR-Online)