BLT BPJS Tahap Ketiga Kapan Cair? Simak Jadwalnya dari Kemnaker!

BLT BPJS Tahap Ketiga
BLT BPJS Tahap Ketiga Kapan Cair? Foto: Ist/Net

BLT BPJS tahap ketiga tahap kapan cair? Banyak para pekerja yang menanyakan hal tersebut. Pasalnya BLT karyawan tahap pertama dan kedua sudah cair. Sementara untuk tahap ketiga Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) belum memberikan jadwal pasti.

Hanya saja, pekan ini pihak BPJS Ketenagakerjaan akan kembali menyerahkan data karyawan yang sudah tervalidasi.

Baca Juga: Penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan Dapat SMS Registrasi, Konfirmasi!

Sementara itu, pencairan tahap pertama dan kedua awalnya untuk karyawan yang memiliki rekening bank pemerintah seperti BNI, BRI, Mandiri, dan BTN.

Namun saat ini sejumlah karyawan yang memiliki rekening dari bank swasta pun sudah menerima bantuan upah/gaji dari pemerintah.

Pencairan BLT BPJS Tahap Ketiga

Deputi Direktur Humas dan Lembaga BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek, Irvansyah Utoh Banja memastikan BPJS akan kembali menyerahkan data karyawan penerima BLT.

Para pekerja yang telah memenuhi syarat dan datanya sudah tervalidasi BPJS Ketenagakerjaan dan Kemnaker akan mendapatkan BLT (Bantuan Langsung Tunai) sebesar Rp 600 ribu per bulan untuk 4 bulan.

Pencairannya dua bulan sekali, sehingga sekali cair, para pekerja akan mendapatkan Rp 1,2 juta yang transfer langsung ke rekening masing-masing.

Baca Juga: BLT BPJS Bank BCA dan Bank Swasta Lain Kapan Cair? Cek Rekening!

Pencairan BLT BPJS tahap pertama bantuan RP 1,2 juta untuk 2,5 juta pekerja. Sementara pencairan tahap kedua untuk 3 juta karyawan.

Sementara pencairan BLT BPJS tahap ketiga belum ada pengumuman untuk berapa juta karyawan.  Pihak BPJS tidak bisa memstikan berapa karyawan akan mendapatkan pencairan pada tahap ketiga.

Demikian juga dengan jadwal pasti pencairan tahap ketiga. “Perihal pencairan, saya belum bisa menjawabnya, ini wilayah kerjanya Kemenaker,” kata Irvansyah, Senin, 7 September 2020.

Hanya saja jumlah total pekerja penerima BLT sebanyak 15,7 juta karyawan. Bahkan rencananya, program ini akan berlanjut hingga tahun 2021.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Kominte Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Airlangga Hartanto mengonfirmasi hal tersebut.

“Program Bantuan Subsidi Upah/Gaji rencananya akan berlanjut pada kuartal pertama tahun depan,” kata Airlangga.

Dengan demikian jika Anda tidak juga menerima bantuan pada BLT BPJS tahap ketiga, masih ada kesempatan tahun depan untuk menerima bantuan sosial untuk karyawan ini.

Penyebab BLT BPJS Ketenagakerjaan Tak Kunjung Cair

Syarat untuk mendapatkan BLT BPJS Ketenagakerjaan, adalah Anda memiliki gaji di bawah Rp 5 juta. Anda juga masih aktif bekerja pada sebuah perusahaan.

Selanjutnya Anda bukan pegawai BUMN maupun PNS. Anda juga masih aktif terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan setidaknya sampai Juli 2020.

Anda juga harus memiliki rekening atas nama sendiri yang masih aktif. Jika persyaratan tersebut tidak terpenuhi, Anda tidak bisa menerima BPJS Ketenagakerjaan.

Semisal, nomor rekening yang Anda daftarkan atas nama orang lain, maka data rekening Anda tidak tervalidasi. Ini jadi jadi penyebab terhambatnya proses pencairan bantuan. Termasuk pencairan BLT BPJS tahap ketiga.

Baca Juga: Daftar BPJS Ketenagakerjaan Mendadak, Bisakah Dapat BLT Karyawan?

Selain masalah persyaratan, penyebab lainnya yang menghambat pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan karena proses pencairan secara bertahap.

Sehingga penerima BLT tidak langsung sekaligus mendapat transfer melalui rekening masing-masing. Ada beberapa tahap, misalnya tahap pertama untuk 2,5 juta karyawan, sementara tahap kedua untuk 3 juta karyawan.

Pencairan Rp 1,2 juta ke rekening masing-masing pekerja ini akan terus berlanjut setiap pekan. Pemerintah melalui Kemnaker menargetkan, pencairan Rp 1,2 juta pertama untuk 15,7 juta karyawan selesai pada akhir September.

Sehingga apabila Anda tidak menerima pencairan pada tahap pertama, tahap kedua, maupun pencairan BLT BPJS tahap ketiga, maka Anda tinggal tunggu waktu saja sampai cair pada tahap berikutnya.

Cek Data Penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan

Anda juga bisa mengecek apakah data Anda sudah valid atau belum. Anda bisa meminta HRD perusahaan untuk membuka aplikasi BPJS Ketenagakerjaan dan mengecek apakah status Anda sudah valid atau belum.

Jika sudah valid, Anda tinggal bersabar. Karena BLT BPJS Ketenagakerjaan pasti cair. Hanya tinggal tunggu waktu saja.

Penyebab BLT BPJS Ketenagakerjaan tak kunjung cair juga bisa karena Anda menggunakan rekening bank swasta. Hal ini karena proses transfer memerlukan waktu.

Untuk pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan ke rekening bank swasta, seperti BCA dan lainnya memerlukan proses transfer bank yang memakan waktu 2 sampai 3 hari.

Jadi jika BLT BPJS tahap ketiga cair pada hari Sabtu untuk karyawan pemilik rekening bank pemerintah, maka paling lambat pencairan untuk rekening bank swasta pada hari Selasa. Semoga beruntung. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...