BLT Kemensos Rp500 Ribu Per KK Mulai Cair September 2020

BLT Kemensos Rp500 ribu per kepala keluarga (KK) mulai cair September ini. Foto: Ilustrasi/Net.
BLT Kemensos Rp500 ribu per kepala keluarga (KK) mulai cair September ini. Foto: Ilustrasi/Net.

Berita Nasional (harapanrakyat.com),- BLT Kemensos Rp500 ribu per kepala keluarga (KK) mulai cair September ini. Bantuan Sosial Tunai (BST) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) diberikan pemerintah melalui Kemensos (Kementerian Sosial) RI bagi masyarakat yang tidak termasuk dalam PKH (Program Keluarga Harapan).

Pemerintah sengaja memberikan bantuan tersebut untuk memulihkan kembali perekonomian masyarakat saat pandemi Covid-19. Salah satunya dengan menaikkan daya beli masyarakat setelah mendapatkan BLT Kemensos ini.

Dalam upaya menggenjot pertumbuhan ekonomi masyarakat dampak dari pandemi Covid-19, pemerintah terus meluncurkan berbagai program bantuan sosial. Tujannya untuk mengurangi beban masyarakat, serta menumbuhkan kembali sifat konsumtifnya.

Sebelumnya pemerintah juga sudah meluncurkan beberapa program bantuan sosial. Seperti PKH, BSU (Bantuan Subsidi Upah), Bantuan Sembako, Kartu Sembako, Kartu Prakerja.

Untuk kali ini pemerintah memberikan Bansos (Bantuan Sosial) melalui Bantuan Langsung Tunai (BLT) Kemensos sebesar Rp500 ribu per kepala keluarga (KK).

Pada bulan September 2020 ini, pemerintah sudah banyak membuat kebijakan dan program-program bantuan sosial berupa bantuan langsung tunai (BLT).

Seperti yang baru-baru diluncurkan salah satunya bantuan subsidi pulsa serta paket data bagi pelajar dan mahasiswa. Dalam program ini, pemerintah menargetkan 9 juta KPM (Keluarga Penerima Manfaat) bansos subsidi pulsa dan paket data internet.

Baca Juga : 2.176 RT Miskin di Banjar Akan Terima Bantuan Kemensos RI

BLT Kemensos Rp500 Ribu untuk 9 Juta KK

Kementerian Sosial RI menyebutkan, akan ada 9 juta kepala keluarga yang menerima bansos kali ini. Jumlah bantuan langsung tunai atau BLT Kemensos ini senilai Rp500 ribu per KK.

Namun, bantuan langsung tunai Kemensos per KK Rp500 ribu ini, pemerintah hanya akan memberikannya satu kali. Sementara, untuk pencairannya akan dimulai bulan September ini.

Pemerintah berharap, kepala keluarga yang menerima BLT Kemensos sebesar Rp500 ribu benar-benar menggunakannya secara bijak dengan mengutamakan kebutuhan pokok.

Syarat Wajib dapat BLT Rp500 Ribu

Baca Juga : Pencairan BST Kemensos, Ratusan Warga Kota Banjar Antri di Kantor Pos

Untuk bisa mendapatkan BLT Kemensos Rp500 ribu per kepala keluarga syaratnya memiliki KKS (Kartu Keluarga Sejahtera). Selain itu, bukan sebagai penerima bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan.

Oleh karena itu, manfaatkan bantuan sosial yang hanya diberikan sekali ini untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari. Dengan penggunaan yang tepat, maka masyarakat akan sangat merasakan manfaat dari bantuan tersebut.

Untuk proses pencairan BLT Kemensos Rp500 ribu per KK, pihak Kemensos akan langsung mentransfer ke nomor rekening pemilik KKS (Kartu Kesejahteraan Sosial).

Ada 4 bank penyalur dalam bantuan langsung tunai ini, yaitu BNI, BRI, BTN, dan Bank Mandiri. Semuanya tergabung dalam Himpunan Bank Negara.

Setelah dana bantuan tersebut ditransfer, penerima bisa langsung melakukan penarikan uang tunai melalui mesin ATM, kantor cabang, atau E-warung.

Cara Cek KK Penerima BLT Rp500 Ribu

Baca Juga : BLT Kemensos 500 Ribu, Begini Syarat dan Cara Mendapatkannya!

Jika ingin mengetahui apakah Anda termasuk penerima BLT Rp500 riu dari Kemensos, Anda dapat langsung mengeceknya melalui laman https://cekbansos.siks.kemensos.go.id.

Setelah masuk ke halaman beranda ada tiga alternatif untuk mengeceknya. Pertama, nomor PBI JK/KIS yaitu Penerima Bantuan Iuran Peserta Jaminan Kesehatan, atau peserta Kartu Indonesia Sehat. Kemudian, ID DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial), atau NIK (Nomor Induk Kependudukan).

Kemudian, setelah mengisi pilihan identitas, Anda bisa langsung memasukan nomor atau ID yang Anda miliki, dan mengisi nama secara lengkap dalam kolom akhir. Lalu, masukan kode captcha yang sesuai karakter huruf pada layar bawah kolom.

Jika sudah selesai, Anda tinggal klik tombol “Cari”. Nantinya sistem yang ada pada laman resmi Kemensos tersebut akan mencocokan ID serta Nama yang Anda input. Kemudian akan membandingkan antara nama yang Anda input dengan nama dalam databes Kemensos. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...