Bluetooth Tidak Terdeteksi, Beginilah Cara Mengatasinya!

Bluetooth Tidak Terdeteksi
Ilustrasi Bluetooth Tidak Terdeteksi. Foto: Istimewa

Apa jadinya bila bluetooth tidak terdeteksi dalam perangkat HP anda saat ingin melakukan pengiriman file. Tentu saja hal tersebut sangat merepotkan dan dapat menghambat pekerjaan kita.

Pada dasarnya, bluetooth memiliki peranan dan fungsi yang sangat penting. Fungsi utama dari fitur bluetooth pada HP adalah untuk melakukan pengiriman file.

Bukan hanya mengirim file saja, tetapi juga untuk menerima file dari ponsel lainnya maupun laptop. Bila sudah terdapat kerusakan maupun masalah pada bluetooth, pastinya kita akan berpikir bahwa ada kerusakan yang terjadi.

Bluetooth Tidak Terdeteksi pada HP

Sebenarnya, cara mengirim file dengan menggunakan bluetooth untuk sekarang ini sudah tidak cocok lagi. Pasalnya, sudah ada teknologi yang namanya Wi-Fi.

Wi-Fi ini juga memiliki fungsi yang sama dengan bluetooth. Maka dari itulah, seharusnya tidak ada masalah bila bluetooth tidak terdeteksi pada HP anda.

Baca Juga : Mengatasi Android Tidak Bisa Kirim SMS, Simak Cara Mudahnya Disini!

Sebab, anda sudah bisa menggunakan Wi-Fi untuk mengirim file maupun berkas. Namun, bukan berarti tidak dibutuhkan lagi, terdapat beberapa alasan tertentu mengapa orang masih menggunakannya.

Wi-Fi sendiri dapat mengirim serta menerima berkas lebih cepat dari bluetooth. Bahkan 80 % lebih cepat dalam kondisi apapun.

Meskipun demikian, pengiriman file dengan menggunakan Wi-Fi ternyata masih jarang orang menggunakannya. Entah itu karena belum tahu caranya atau hanya tahu jika Wi-Fi untuk internetan saja.

Penyebab Bluetooth Tidak Terdeteksi

Bluetooth yang ada dalam smartphone, mempunyai pilihan tersendiri pada halaman pengaturannya. Selain itu, beberapa versi operasi ponsel juga memiliki menu yang berbeda-beda.

Akan tetapi, hal tersebut tidak akan menjadi masalah, karena setelannya sama saja. Sebelum anda memutuskan untuk memperbaiki bluetooth yang bermasalah, ada baiknya untuk mengetahui penyebabnya lebih dulu.

Penyebab pertama, mungkin saja perangkat bluetooth pada HP memang sudah rusak. Tentu saja karena penggunaan atau usia HP yang sudah lama.

Baca Juga : Layar Mati Saat Telepon, Simak Cara Mengatasinya!

Tak dapat kita pungkiri, semakin lama usia HP yang anda gunakan, sudah pasti perangkat yang ada di dalamnya mengalami penurunan kualitas. Sehingga tidak heran bila terjadi kerusakan pada bluetooth HP anda.

Sedangkan untuk penyebab yang kedua, karena kesalahan settingan pada pengaturan perangkat bluetooth HP. Ketika terjadi kesalahan pada sistem pengaturan, sudah pasti bluetooth tidak terdeteksi.

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, penggunaan bluetooth untuk sekarang ini sudah mulai berkurang. Pasalnya, mulai muncul teknologi baru untuk melakukan pengiriman data maupun file antar ponsel.

Bahkan, jauh lebih efektif dan efisien bila kita bandingkan dengan menggunakan bluetooth. Namun, tidak ada salahnya untuk memperbaiki bluetooth yang bermasalah atau mendapat gangguan.

Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Dapat Connect dengan Menggunakan Perangkat Lain

Untuk memperbaiki bluetooth yang bermasalah, sebenarnya mudah untuk anda lakukan. Anda bisa menggunakan perangkat lain untuk memperbaikinya. Agar tidak menunggu lama, berikut ini adalah cara mudah cepat untuk mengatasinya.

Langkah Pertama

Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam menangani bluetooth tidak terdeteksi adalah menghidupkan HP terlebih dahulu. Untuk itulah, pastikan HP anda memiliki daya baterai yang cukup.

Setelah itu, bila sudah menghidupkan HP anda, silahkan nyalakan bluetoothnya. Pada langkah ini, pastikan bluetooth HP anda sudah aktif.

Langkah Kedua

Cara selanjutnya, silahkan anda menuju setelan bluetooth. Setelan bluetooth tersebut bisa anda temukan dengan membuka menu “Setting”.

Setelah itu, anda buka “Jaringan & Nirkabel”. Bila sudah, masuk ke menu selanjutnya, yaitu “Setelan Bluetooth”.

Langkah Ketiga

Cara mengatasi bluetooth tidak terdeteksi berikutnya, bila anda sudah ada pada halaman setelah bluetooth, silahkan centang pada menu “Dapat Ditemukan”.

Penting untuk kita perhatikan, terkadang terdapat beberapa ponsel akan menunjukkan menit untuk menampilkan bluetooth ketika proses pairing. Namun, terdapat pula yang bisa memilih.

Bila HP anda mampu memilih, silahkan pilih pada opsi “Waktu dapat ditemukan” sebagai “Jangan pernah”. Pilihan ini sangat mudah untuk anda pahami.

Langkah Keempat

Langkah terakhir, silahkan untuk anda pastikan bluetooth HP yang anda miliki sudah terhubung. Anda bisa mengeceknya dengan menggunakan perangkat bluetooth lainnya.

Jika kondisi bluetooth sudah kembali seperti semula, cara yang anda lakukan berhasil. Bluetooth tidak terdeteksi sudah bisa anda tangani dengan baik bukan?. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Keyboard HP Tidak Muncul, Berikut Ini Cara Mengatasinya!
Loading...