Box Motor Terbaik, Sesuaikan Kapasitas dengan Mesin Kendaraan

Box Motor Terbaik, Sesuaikan Kapasitas pada Mesin Kendaraan
Ilustrasi box motor terbaik. Foto: istimewa

Box motor terbaik bisa anda miliki untuk membantu membawa barang bawaan ketika sedang bepergian jauh. Oleh sebab itu, gunakan tips memilih produk sesuai dengan kapasitasnya.

Ukuran bagasi motor memang standar dan tidak terlalu besar. Maka butuh tempat tambahan ketika hendak melakukan perjalanan jauh.

Box motor, real box, atau top case merupakan salah satu aksesoris yang bisa anda manfaatkan sebagai ruang penyimpanan. Banyaknya pemilik sepeda motor yang menggunakan, aksesoris ini pun muncul dalam berbagai merk terbaik.

Baca Juga : Kick Starter Macet, Sebaiknya Selalu Fungsikan Agar Tidak Terjadi

Ukuran dan modelnya pun beragam, bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan. Terkadang hal ini masih bisa membuat penggunanya merasa bingung ketika akan membeli.

Karena fungsinya yang cukup membantu, sebagian orang memilih menambahkan box motor terbaik pada kendaraan. Sebagai kendaraan yang praktis dan anti macet, namun motor juga memiliki kekurangan.

Kekurangan ini terletak pada bagian tempat penyimpanan atau jok motor. Hal ini kerap sekali membuat kerepotan ketika hendak melakukan perjalanan jauh. Solusi yang tepat yaitu menggunakan tambahan ruang penyimpanan.

Tips Memilih Box Motor Terbaik

Sebagian besar orang memiliki kendaraan sepeda motor. Selain praktis dan cepat, motor bisa lebih mudah berkendara pada area yang macet.

Apalagi ketika perjalanan jauh seperti mudik atau touring, motor sangat membantu. Namun, sayangnya kendaraan yang satu ini tidak memiliki ruang penyimpanan yang besar.

Sehingga anda bingung ketika akan membawa barang bawaan. Saat ini ada solusi tepat untuk anda yang ingin melakukan perjalanan jauh.

Anda bisa membawa barang cukup banyak dengan box motor. Anda tinggal mencari tempat penyimpanan terbaik yang mampu membantu membawa barang bawaan secara aman.

Bagi anda yang ingin memiliki aksesoris yang satu ini, gunakan tips memilih yang tepat. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, meliputi:

Kapasitas

Saat anda membutuhkan aksesoris ini, sebaiknya sesuaikan kapasitasnya. Ketahui kapasitas yang anda butuhkan. Sesuaikan juga kapasitas box dengan kendaraan anda.

Pastikan ukurannya tepat agar tidak mengganggu kenyamanan saat berkendara. Justru ketika pemilihannya salah, akan berbahaya bagi pengendara.

Baca Juga : Laci Dashboard Mobil, Fungsikan dengan Baik dan Tepat

Aturan pemasangan aksesoris yang satu ini perlu anda penuhi. Pemasangannya tidak boleh melebihi lebar terluar dan panjangnya harus anda sesuaikan dengan struktur sasis kendaraan itu sendiri.

Sesuaikan dengan Mesin

Cara memilih box motor terbaik juga perlu anda sesuaikan dengan kapasitas mesinnya. Jangan biarkan mesin kendaraan anda membawa beban dengan kapasitas terlalu berat.

Jika hal ini terjadi, performa kendaraan akan berkurang. Ada contoh perhitungan untuk kapasitasnya yaitu 125 cc, sebaiknya memilih box berkapasitas maksimal 30 liter.

Sedangkan kapasitas mesin 250-400 cc, anda bisa memilih box dengan kapasitas 35 liter. Selain itu, anda juga harus bisa menyesuaikan kapasitas dengan tujuan penggunaan.

Berbeda lagi jika anda berkendara dengan box berboncengan, maka muatannya pun akan bertambah. Pilih produk dengan kapasitas yang sesuai dengan kondisi dan kapasitas mesin motor.

Pertimbangkan Beratnya

Memilih tempat penyimpanan barang memang tidak bisa sembarangan. Anda perlu melakukan beberapa hal untuk mendapatkan pilihan yang tepat.

Baca Juga : Pengunci Jok Motor Macet, Berikan Cairan Pelumas Khusus

Agar kendaraan tetap dalam keadaan stabil, pilih tempat penyimpanan yang ringan. Selain itu, box yang ringan akan lebih mudah anda lepas dan pasang kembali. Anda juga perlu mempertimbangkan beban muatannya.

Sebab, batas beban kendaraan berbeda-beda. Anda juga harus memperkirakan beban barang agar tidak melebihi batas maksimal yang diizinkan.

Pilih Produk Lengkap dengan Bracketnya

Aksesoris kendaraan yang satu ini pemasangannya pun tidak bisa begitu saja. Aksesoris ini akan terpasang sempurna dengan dudukan atau plate yang khusus untuk box motor terbaik tersebut.

Untuk memasang plate ke motor, anda juga membutuhkan bracket. Hal ini memudahkan anda melepas dan memasangnya.

Sebaiknya beli tempat penyimpanan ini lengkap dengan braketnya. Pilih bracket asli yang memang khusus produksinya untuk box tersebut. Anda juga harus teliti agar ukurannya sesuai dan dapat langsung terpasang rapi.

Sistem Keamanan

Pilih produk dengan sistem keamanan yang memadai. Hal ini bertujuan agar barang-barang yang ada dalam box tetap aman.

Box motor terbaik pastinya memiliki kriteria sistem keamanan terbaik. Pilih juga sesuai kebutuhan agar tidak mengganggu pengendara saat mengemudi. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Sound Booster Motor, Cara Merakit dan Pasang Sendiri di Rumah