Bupati Ciamis Siap Diperiksa BPK Terkait Anggaran Covid-19

Anggaran Covid-19
Bupati Herdiat Sunarya bersama Wakil Bupati Yana D Putra saat mengikuti meeting pemeriksaan pendahuluan atas penanganan pandemi Covid-19 tahun anggaran 2020, via video conference di Aula Setda Ciamis, Kamis (10/9/2020). Foto: Humas Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan, ia bersama jajarannya siap menerima BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) untuk memeriksa anggaran untuk penanganan Covid-19.

Hal itu Herdiat sebutkan saat mengikuti meeting pemeriksaan pendahuluan atas penanganan pandemi Covid-19 tahun anggaran 2020, via video conference di Aula Setda Kabupaten Ciamis, Kamis (10/9/2020).

BPK RI Perwakilan Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan pemeriksaan kabupaten/Kota Jawa Barat. Selain Ciamis, kabupaten/kota yang juga mengikuti acara tersebut adalah Kabupaten Garut, Kota Depok, dan Kota Bogor.

Pemeriksaan oleh BPK ini dilakukan serentak di seluruh instansi berbagai daerah. Tujuannya untuk menilai sejauh mana efektifitas dari pengelolaan keuangan negara dalam kondisi darurat karena Covid-19. Termasuk juga transparansi, akuntabilitas, dan kepatuhan dalam pengelolaan keuangan negara.

Pemeriksaan anggaran keuangan terkait penanganan Covid-19 untuk Kabupaten Ciamis akan dilaksanakan pada Senin, 14 September 2020.

Karena itu, Herdiat sebagai Bupati Ciamis, menyatakan kesiapannya dalam kegiatan pemeriksaan penanganan Covid-19 di Kabupaten Ciamis.

“Pada prinsipnya kami telah siap menerima dan memenuhi apa yang BPK butuhkan. Semuanya memang harus sesuai. Agar anggaran yang sudah dialokasikan efektif. Selain itu dalam pelaksanaannya pun kita sudah penuh ketelitian,” katanya.

Pemeriksaan yang akan dilakukan oleh BPK sendiri terkait keuangan, kinerja, dan program Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT).

“Anggaran untuk penanganan Covid-19 ini sebesar 190 miliar, 49,1 persen di antaranya sudah terserap. Mudah-mudahan bisa maksimal untuk kepentingan masyarakat yang terdampak Covid-19,” pungkas Herdiat. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...