Bus Wisata Ranginang Akhirnya Keliling Kota Banjar Bareng Dishub

Bus Wisata Ranginang
Rombongan gowes Dinas Perhubungan Kota Banjar saat membawa bus wisata Ranginang untuk merayakan hari ulang tahun hari perhubungan nasional. Foto: Muhlisin/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Hampir setahun bus wisata Ranginang sejak diserahkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pada 30 Desember 2019 lalu. Bus wisata ini baru digunakan sekali saat hari jadi Kota Banjar. Kini akhirnya bus Ranginang kembali berwisata keliling kota Banjar.

Bus wisata berwarna orange itu kembali keliling Kota Banjar ikut ‘Rame-rame Ngiring Senang’. Tepatnya saat dipakai oleh Dinas Perhubungan Kota Banjar untuk memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Dinas Perhubungan tahun 2020.

PLT Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjar, Ajat Sudrajat, mengatakan, gowes keliling dengan arak-arakan bus Ranginang tersebut untuk memeriahkan hari perhubungan nasional. Sekaligus mengenalkan bus Rangginang kepada warga masyarakat.

Rute gowes keliling sebagai lintasan pengenalan bus wisata itu antara lain Jl Letjend Soewarto, Taman Kota, dan Pintu Singa. Lalu berlanjut ke pusat kota dan keramaian Kota Banjar.

“Arak-arakan dengan bus wisata Rangginang ini untuk memeriahkan puncak kegiatan Harhubnas di Kota Banjar. Sekalian woro-woro protokol kesehatan,” kata Ajat kepada HR Online, Jum’at (18/9/20).

Lebih lanjut, Ajat mengatakan, sebelum arak-arakan itu pada saat hari jadi pada tanggal 17 September Dinas Perhubungan Kota Banjar juga melaksanakan perayaan acara ulang tahun secara virtual bersama Kementerian Perhubungan pusat.

Hari Perhubugan Nasional Diisi dengan Acara Hiburan

Kemudian, perayaan juga diisi dengan acara hiburan seperti karaoke dan lomba menyanyi untuk menghibur para anggota setelah beberapa lama ini lelah bertugas di lapangan ikut mengawal penegakan disiplin protokol kesehatan bersama tim Gugus tugas.

“Lomba karaoke ini sifatnya untuk hiburan saja. Pesertanya juga kami batasi hanya dari internal pegawai Dishub dan petugas terminal. Semoga perayaan ulang tahun ini  bisa menambah semangat anggota dalam bertugas,” ujarnya.

Terkait pelimpahan kewenangan pengelolaan bus wisata Rangginang itu, Kabid Lalu Lintas, Fera Mada Pratama menambahkan, sampai saat ini pengelolaan dan perawatannya masih menjadi kewenangan Dinas Perhubungan karena belum ada SK Walikota Banjar tentang pelimpahan pengelolaan kepada Dinas Disporapar.

Selain itu, saat ini pihak Disporapar juga masih menyiapkan regulasi tentang pengelolaannya. Termasuk pembentukan tim promosi wisata daerah.

“Belum ada pelimpahan wewenang pengelolaan. Kemarin kami sudah koordinasi dengan Disporapar dan masih tahap persiapan regulasi serta pembentukan badan promosi wisata,” katanya (Muhlisin/R7/HR-Online)