Butuh Bantuan, Bayi Asal Rancah Ciamis Menderita Penyakit Liver

Penyakit Liver
Dzaki, bayi umur 2 tahun yang menderita penyakit liver saat mendapatkan penanganan RSUD Ciamis. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Seorang balita asal Desa Situmandala, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat yang bernama Dzaki menderita penyakit liver sehingga membuat kondisi badannya memprihatinkan.

Awal mulanya, bayi mungil ini dalam diagnosa pertama mengalami gizi buruk. Namun setelah ke RSUD Ciamis mengidap penyakit liver.

Mendengar kabar tersebut, Relawan Kemanusiaan Ciamis (RKC) Rancah langsung berinisiatif membawanya ke RS agar mendapatkan tindakan medis.

“Kami dengar dari Kadus ada anak dari pasangan kurang mampu kondisinya memprihatinkan. Makanya kalau tidak segera mendapatkan pertolongan bisa semakin parah,” kata Fauzi Ridwan, salah satu anggota RKC, Kamis (17/9/2020).

baca juga: Manfaat Buah Sirsak Matang yang Berkhasiat Atasi Asam Urat, Liver Hingga Hipertensi

Saat membawanya ke RS, Dzaki terlihat sangat lemas. Bahkan, berdasarkan pemeriksaan ternyata hemoglobinnya menunjukkan angka 3, sedangkan normalnya 13.

Karena sudah mendapatkan penanganan RS, lanjut Fauzi, selanjutnya harus menjalani tranfusi darah serta perawatan intensif.

“Alhamdulilah sekarang HB-nya sudah naik dan kondisinya juga membaik dari sebelumnya,” imbuhnya.

Tidak Punya BPJS

Lantaran orang tua Dzaki tidak memiliki BPJS, katanya, secara otomatis harus menjalani pengobatan penyakit liver ini secara umum.

Maka dari itu, pihaknya berusaha mencari bantuan agar proses pengobatan bayi tersebut bisa berjalan lancar.

“Kami harap pemerintah, DPRD, maupun dermawan bisa memberikan sebagain rezekinya untuk membantu pengobatan dzaki agar bisa sehat kembali seperti anak-anak lainnya,” pungkas Fauzi. (Fahmi/R6/HR-Online)