Cara Charge HP Terbaik Terbukti Ilmiah, Baterai Ponsel Tetap Sehat

Cara charge HP terbaik terbukti secara ilmiah, baterai ponsel tetap sehat. Foto: Net/Ist.
Cara charge HP terbaik terbukti secara ilmiah, baterai ponsel tetap sehat. Foto: Net/Ist.

Cara charge HP terbaik yang terbukti secara ilmiah untuk membuat baterai ponsel tetap sehat dan tidak boros. Baterai merupakan salah satu komponen HP yang kerap bermasalah. Perubahan kesehatan baterai dapat terasa pada kecepatan charge, kecepatan berkurangnya daya, serta membuat HP cepat panas.

Merangkum dari berbagai sumber, sebuah situs perusahaan baterai Cadex bernama Battery University, mengungkap ada 4 cara charge HP terbaik. Teknik tersebut telah melalui penelitian secara ilmiah.

Berikut ini cara terbaik charge HP yang telah terbukti melalui penelitian secara ilmiah dapat menjaga kesehatan baterai.

Baca Juga : Penyebab Baterai HP Bocor, Hindari Kebiasaan Buruk Ini!

4 Cara Charge HP Terbaik Terbukti Secara Ilmiah

Segera Cabut Charge Jika Baterai Sudah Penuh

Battery University mengatakan, membiarkan ponselmu tetap tercolok listrik ketika sudah terisi penuh, tidak baik untuk baterai. Apalagi jika membiarkan tersambung listrik sepanjang semalam.

Begitu HP telah terisi 100 persen, maka kamu nantinya harus membayar ‘pajak’ daya. Sebab, semakin lama mengisi daya baterai akan semakin susah untuk mencapai 100 persen.

Karena tindakan tersebut membuat baterai dengan keadaan tegangan tinggi, serta beregenerasi tinggi, maka beragam kandungan kimia dalam baterai akan menurunkan.

Sebaiknya Jangan Men-Charge Baterai Ponsel Hingga 100 Persen

Cara charge HP terbaik yang sudah terbukti secara ilmiah yaitu, tidak men-charge baterai hingga mencapai 100 persen. Kecuali jika memang kamu sedang membutuhkannya, seperti misalnya akan berpergian jauh.

Menurut Battery University, bahwa baterai ponsel tipe Li-ion tidak perlu terisi sampai penuh, bahkan lebih baiknya lagi jangan. Hal itu karena tegangan tinggi bakal membebani baterai.

Pendapat ilmiah ini mungkin berlawanan dengan intuisi, lantaran pada umumnya orang akan berusaha supaya ponselnya tetap tercolok ke listrik sepanjang hari.

Baca Juga : Ini Fakta Ilmiah Berkaitan dengan Selingkuh

Colokkan Ponsel pada Aliran Listrik Kapan Saja

Cara charge HP terbaik Secara ilmiah berikutnya adalah men-chage baterai kapan saja kamu sempatnya. Karena ternyata baterai HP kita lebih bahagia kalau kita men-charge-nya sesekali saja sepanjang hari, daripada mencolokkan ke listrik dalam durasi waktu yang lama ketika baterainya kosong.

Battery University mengungkap, pengisian daya baterai HP ketika kehilangan 10 persen menjadi opsi terbaik. Tentu ini mungkin tidak praktis bagi kebanyakan pengguna ponsel. Terlebih bagi mereka yang memiliki aktivitas super sibuk.

Jadi, charge saja HP kamu kapan saja kamu bisa. Ini tidak masalah kalaupun harus menyambungkan lalu mencabutnya kembali hingga beberapa kali dalam sehari.

Karena hal demikian itu tidak hanya membuat baterai ponselmu menjadi berdaya optimal lebih awet, tapi juga bisa membuat baterai tetap terjaga seharian.

Casing HP Dicopot saat Chagre

Baca Juga : HP Oppo A92s, Smartphone 6 Kamera dengan VOOC Flash Charge 4.0

Cara charge HP terbaik dan terbukti secara ilmiah selanjutnya yaitu, menjaga agar baterai HP bisa tetap dingin, sebaiknya copot casing ketika charge.

Karena baterai HP zaman sekarang teralalu sensitif terhadap panas. Makanya perusahaan-perusahaan smartphone sendiri menyarankan untuk melepas dulu casing ketika sedang mengisi daya baterai. Apalagi kalau suhu ponselmu malah menjadi panas.

Jika kamu sedang berada di bawah teriknya sinar matahari, sebaiknya jaga supaya ponselmu bisa tetap terlindungi. Hal ini membuat kesehatan baterai terlindungi.

Itulah cara charge HP terbaik yang telah terbukti secara ilmiah melalui penelitian. Sekarang kamu sudah tahu bagaimana caranya agar baterai HP bisa tetap sehat. (Eva/R3/HR-Online)